HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Pembinaan Moral Anak di Panti Pamardi Putra Mandiri Sendangguwo

Judul Skripsi : Pembinaan Moral Anak di Panti Pamardi Putra Mandiri Sendangguwo Kecamatan Tembalang Kota Semarang

 

A. Latar Belakang

Panti Pamardi Putra Mandiri berusaha memberikan pelayanan kepada klien melalui bimbingan fisik, sosial dan latihan ketrampilan. Tujuan pemberian layanan adalah agar klien setelah keluar dari panti dapat melaksanakan fungsi sosialnya dengan wajar ditengah-tengah kehidupan masyarakat. Selanjutnya diharapkan dapat menyalurkan keterampilan pengalaman yang diperoleh klien selama di panti.

Sistem pembinaan dan pelayanan di Panti Pamardi Putra Mandiri bersifat profesional dalam arti pembinaan tersebut dilaksanakan oleh ahli terdidik dan terlatih secara khusus berdasarkan metode dan teknis pekerjaan sosial. Dengan pertimbangan-pertimbangan di atas, maka kemudian penulis tertarik untuk menyusun skripsi dengan judul “Pembinaan Moral Anak di Panti Pamardi Putra Mandiri Sendangguwo Kecamatan Tembalang Kota Semarang”.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah pelaksanaan pembinaan moral anak di Panti Pamardi Putra Mandiri?
  2. Faktor-faktor apakah yang mendorong pembinaan moral di Panti Pamardi Putra Mandiri?
  3. Faktor-faktor apakah yang menghambat pembinaan moral di Panti Pamardi Putra Mandiri?

 

C. Penelaahan Pustaka

Pengertian Nilai

Menurut Hurlocks yang dikemukakan kembali oleh Sugeng Hariyadi (2003:89), nilai adalah sesuatu yang diyakini kebenarannya dan mendorong orang untuk mewujudkannya. Nilai merupakan sesuatu yang memungkinkan individu atau kelompok sosial untuk membuat keputusan mengenai apa yang dibutuhkannya, atau sebagai suatu yang ingin dicapai. Dengan kata lain nilai merupakan keteguhan pendirian seseorang tentang bagaimana ia harus bertindak dan memperjuangkan cita-cita atau tujuannya.

Pengertian Moral

Menurut Daroeso (1986:23), moral adalah sebagai keseluruhan norma yang mengatur tingkah laku manusia di masyarakat. Norma moral merupakan penjabaran secara konkrit dari nilai-nilai yang diyakini oleh suatu masyarakat atau bangsa. Jadi moral merupakan ajaran tentang baik buruknya kelakuan manusia dan menjadi pedoman yang konkrit untuk bersikap dan menjadi pedoman yang konkrit dalam sikap dan tingkah laku manusia. Nilai moral adalah sesuatu yang dianggap baik dan digunakan sebagai pedoman yang konkrit untuk bersikap dan mengukur baik buruknya sikap perilaku seseorang.

Pengertian Pembinaan Moral

Poerwodarminto dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan pembinaan sebagai suatu pembangunan (Poerwadarminto, 1987:141). Sedangkan kata moral berasal dari bahasa latin yaitu mores, dari suku kata mos yang artinya adat istiadat, kelakuan, tabiat, watak dan akhlak (Cholisin, 1987:24). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata moral memiliki arti :

  • Ajaran baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, akhlak, budi pekerti dan susila.
  • Kondisi mental yang membuat orang tetap berani, bersemangat, bergairah, berdisiplin dan sebagainya, isi hati atau keadaan sebagimana terungkap dalam perbuatan.
  • Ajaran susila yang dapat diukur dari suatu cerita.

D. Metode Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Panti Pamardi Putra Mandiri Sendangguwo Kecamatan Tembalang Kota Semarang.

Fokus penelitian ini adalah pembinaan moral anak, faktor yang mendorong dan faktor yang menghambat pembinaan moral di Panti Pamardi Putra Mandiri. Sumber data penelitian adalah person (orang) yaitu Pimpinan, Petugas/Pembina dan Anak/klien di Panti Pamardi Putra Mandiri, dan dokumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber tertulis yang berupa buku, sumber arsip, dokumen resmi di Panti Pamardi Putra Mandiri.

Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode wawancara, observasi dan metode dokumetasi.

Keabsahan data diperoleh dengan metode triangulasi, yang kemudian dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

 

E. Kesimpulan

  1. Pembinaan moral yang dilaksanakan di Panti Pamardi Putra Mandiri menggunakan pola konsiderasi nilai, analisis nilai dan perkembangan moral kognitif. Pembina berusaha memberikan solusi yang terbaik dalam memecahkan masalah yang dihadapi anak, baik masalah pribadi maupun masalah kelompok. Para pembina memberikan contoh dalam memberikan pembinaan penuh kedisiplinan, supaya anak dalam mengikuti pembinaan juga disiplin dan mematuhi semua peraturan yang ada.
  2. Faktor pendorong pembinaan moral di Panti Pamardi Putra Mandiri yaitu motivasi anak/klien yaitu menginginkan adanya perubahan dalam dirinya, dukungan orang tua yaitu pihak orang tua sering datang ke Panti, lingkungan masyarakat yaitu menciptakan lingkungan yang kondusif dan dukungan dari para pembina di Panti Pamardi Putra Mandiri yaitu membimbing dengan rasa ikhlas dan sabar.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Pelaksanaan Penilaian Portofolio Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
  2. Pembinaan Moral Anak di Panti Pamardi Putra Mandiri Sendangguwo Kecamatan
  3. Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan Bahu dan Daya Ledak Otot Lengan Bahu terhadap Hasil Servis
  4. Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan dan Tinggi Badan dengan Kecepatan Renang Gaya Crawl 25 Meter
  5. Hubungan Antara Kekuatan Otot Perut Dan Kelentukan Togok dengan Kemampuan Menyundul Bola Posisi Berdiri Kaki Sejajar Pada Pemain Sepakbola Ps. Untag Semarang Tahun 2007

Leave a Reply