HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mandiri dan Hasil Belajar

Judul Tesis : Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mandiri dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Produktif

 

A. Latar Belakang

Dasim Budimansyah (2002:106) pada akhir suatu program pendidikan, pengajaran ataupun pelatihan pada umumnya diadakan penilaian. Tujuannya tiada lain untuk mengetahui apakah suatu program pendidikan, pengajaran ataupun pelatihan tersebut telah dikuasai oleh pesertanya atau belum. Angka atau nilai tertentu biasanya dijadikan patokan (passing grade) untuk menentukan penguasaan program tersebut. Jika dianggap telah menguasai maka ia dinyatakan lulus, sebaliknya jika dianggap belum menguasai maka ia dinyatakan tidak lulus. Penilaian itu pada hakekatnya tidak dilakukan sesaat, tetapi harus dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Penilaian bukan hanya sekedar menaksir sesuatu secara parsial, melainkan harus menaksir sesuatu secara menyeluruh yang meliputi proses, hasil pertumbuhan dan perkembangan wawasan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang dicapai warga belajar.

Strategi Quantum Learning Tesis Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mandiri dan Hasil Belajar

Strategi Quantum Learning

Analisa pendapat diatas, dapat digambarkan jika seorang peserta didik tidak lulus dalam ujian, belum tentu peserta didik tersebut termasuk dalam kategori tidak pintar. Sebab bisa jadi mungkin saat ujian dilaksanakan peserta didik tersebut sedang sakit atau terganggu konsentrasinya, padahal dalam kesehariannya ia tidak termasuk siswa yang kurang pandai. Atau mungkin dapat terjadi hal yang sebaliknya, karena mendapatkan pengawas yang sangat santai, seorang peserta didik leluasa untuk menyontek, sehingga peserta didik tersebut dapat lulus ujian akhir, padahal dalam kesehariannya ia termasuk peserta didik yang kurang pintar dan malas.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, permasalahan penelitian yang ada dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Apakah model Quantum learning dapat meningkatkan motivasi belajar mandiri pada mata pelajaran produktif dengan kompetensi kejuruan menata produk di SMK Bisnis dan Manajemen ST. Bonaventura 1 Madiun?
  1. Apakah model Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran produktif dengan kompetensi kejuruan menata produk di SMK Bisnis dan Manajemen ST. Bonaventura 1 Madiun ?
  1. Bagaimanakah pelaksanaan model Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi belajar mandiri dan hasil belajar pada mata pelajaran produktif dengan kompetensi kejuruan menata produk di SMK Bisnis dan Manajemen ST. Bonaventura 1 Madiun?

 

C. Kajian Teori

Pengertian Model Quantum Learning

Model pembelajaran Quantum merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dilakukan dengan adanya pengubahan bermacammacam interkasi yang ada di dalam dan di sekitar situasi belajar. Interaksi antar komponen pendidikan akan mengubah kemampuan dan bakat alamiah siswa menjadi kesuksesan belajar yang bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun lingkungannya. (De Porter, Readon Singer-Nouri, 2005 : 5).

Motivasi Belajar Mandiri

Belajar Mandiri adalah khas belajarnya orang dewasa, meskipun hasil yang optimal akan tercapai justru kalau sikap belajarnya meniru sikap belajar anak, belajar dengan gembira dan tanpa beban. Oleh karena belajar mandiri adalah belajarnya orang dewasa, maka selain konstruktivisme ada beberapa ciri belajar orang dewasa yang harus dipahami guru, yang hendaknya menumbhkan motivasi belajar siswanya, menurut pendapat Laird, 1985 (dalam Haris Mudjiman, 2009:14) antara lain :

  1. Kegiatan belajarnya bersifat selfdirecting mengarahkan diri sendiri, tidak dependent.
  2. Pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam proses pembelajaran dijawab sendiri atas dasar pengalaman, bukan mengharapkan jawabannya dari guru atau orang luar.
  3. Tidak mau didikte oleh guru, karena mereka tidak mengharapkan secara terus menerus diberitahu what to do.
  4. Orang dewasa mengharapkan immediate application dari apa yang dipelajari dan tidak dapat menerima delayed application.
  5. Lebih senang dengan problem-centered learning daripada content centered learning.

Penentuan Standart Kompetensi Mata Pelajaran

Kompetensi merupakan kebulatan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang dapat didemonstrasikan, ditunjukkan atau ditampilkan oleh peserta didik sebagai hasil belajar (Depdiknas,2008:12). Sesuai dengan pengertian tersebut, maka standart kompetensi adalah standart kemampuan yang harus dikuasai peserta didik untuk menunjukkan bahwa hasil mempelajari mata pelajaran tertentu berupa penguasaan atau pengetahuan, sikap dan ketrampilan tertentu telah dicapai.

 

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian tindakan kelas ini menggunakan subjek penelitian peserta didik kelas XI pemasaran SMK Santo Bonaventura 1 kota Madiun semster ganjil tahun pelajaran 2010-2011 sebanyak 32 peserta didik.

Sebagai kolabolator adalah teman sejawat sesama guru mata pelajaran produktif pemasaran bernama Tri Yulismi S.Pd. Siklus aktivitas penelitian meliputi penetapan fokus masalah penelitian, perencanaan tindakan perbaikan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interprsetasi, analisis dan refleksi dan perencanaan tindak lanjut.

Pengeumpulan data dengan observasi, wawancara dan tes, sedang analisis data dengan menggunakan analisis kritis dan analisis komparatif.

 

E. Kesimpulan

Berdasarkan temuan-temuan dan hasil analisa, maka selanjutnya dapat disimpulkan bahwa

  • Dengan menerapkan model Quantum learning dapat meningkatkan motivasi belajar mandiri peserta didik pada mata pelajaran produktif dengan kompetensi kejuruan menata produk.
  • Penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran produktif dengan kompetensi kejuruan menata produk
  • Ada peningkatan pencapaian kompetensi kejuruan menata produk pada peserta didik mencapai hasil belajar maksimal atau tingkat pencapaian kompetensi penuh mencapai nilai KKM 7,15 (tujuh koma lima belas) secara klasikal 100% dengan model quantum learning di SMK Bisnis dan Manajemen ST. Bonaventura 1 Madiun Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Pembelajaran kompetensi kejuruan menata produk menggunakan model quantum learning, dengan prosedur peserta didik dipahamkan tentang apa dan bagaimana model quantum learning, pengarahan sikap belajar aktif yang baik, pemberian tugas sebagai wujud kegiatan belajar mandiri, serta dilakukannya tes secara menyeluruh, berkala dan berkesinambungan, untuk mengetahui hasil belajarnya.

Incoming search terms:

Leave a Reply