HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pendidikan: Pelaksanaan Penilaian Portofolio Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Judul Tesis : Pelaksanaan Penilaian Portofolio Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sma Negeri 4 Tegal

 

A. Latar Belakang

Dalam mata pelajaran PKn di SMA Negeri 4 Kota Tegal, harapan untuk menjadikan mata pelajaran tersebut sebagai mata pelajaran yang tidak monoton, tidak membosankan belum dapat terwujud secara memuaskan, sehingga setiap pelajaran berlangsung siswa menjadi kurang tertarik dan kurang berminat dalam mengikuti pelajarannya. Hal ini disebabkan selama ini guru pengampu mata pelajaran PKn di sekolah cenderung menggunakan metode ceramah saja. Ceramah merupakan metode yang paling umum digunakan dalam pembelajaran. Pada metode ini, guru menyajikan bahan melalui penuturan atau penjelasan lisan secara langsung terhadap peserta didik. (E. Mulyasa, 2005:114). Dengan menggunakan metode ceramah, guru akan menjadi satu-satunya pusat perhatian. Sehingga proses belajar mengajar lebih banyak didominasi oleh guru. Akibatnya partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar relatif kecil. Sebagian dari siswa memandang mata pelajaran PKn sebagai mata pelajaran yang bersifat konseptual danteoritis. Sehingga ketika mengikuti pelajaran PKn, siswa merasa cukup mencatat dan menghafal konsep-konsep teori-teori yang diceramahkan oleh guru.

Kondisi yang semacam inilah yang tentu tidak sejalan dengan semangat untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Pembelajaran yang kurang bermakna ini akan semakin meluas, apabila dalam proses pembelajaran tersebut guru masih menerapkan strategi dan pendekatan pembelajaran yang konvensional, yang memandang siswa sebagai objek saja, komunikasi lebih banyak berlangsung searah, dan penilaian lebih menekankan pada aspek kognitif.

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah persiapan penilaian portofolio mata pelajaran PKn di SMA Negeri 4 Kota Tegal?
  2. Bagaimanakah pelaksanaan penilaian portofolio mata pelajaran PKn di SMA Negeri 4 Kota Tegal?
  3. Hambatan apa sajakah yang dihadapi oleh guru mata pelajaran PKn di SMA Negeri 4 Kota Tegal dalam melaksanakan penilaian portofolio?

C. Landasan Teori

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship) merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan diri yang beragam dari segi agama, sosio-kultural, bahasa, usia dan suku bangsa untuk menjadi warga Negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945 (Kurikulum Berbasis Kompetensi, 2004:2)

Pembelajaran

Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran.

Penilaian Portofolio

Penilaian portofolio merupakan penilaian berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu (Pedoman Penilaian Kelas, 2004:22 ).

D. Metode Penelitian Tesis

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi, dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian portofolio dilakukan dengan membuat perencanaan penilaian pada umumnya yaitu membuat silabus, menentukan jenis tagihan dan instrument penilaian, serta menyusun format penilaian yang dimasukkan dalam buku rekapitulasi data siswa. Terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan penilaian portofolio, seperti kendala waktu, tidak terdapatnya tempat penyimpanan folder portofolio, karakter siswa yang beraneka ragam, dan masih rendahnya kompetensi guru terutama pada penilaian portofolio.

E. Kesimpulan

  1. Perencanaan penilaian portofolio mata pelajaran PKn di SMA Negeri 4 Tegal belum berjalan dengan maksimal, tetapi guru sudah melakukan kegiatan perencanaan pada umumnya, yaitu: (a) membuat perangkat pembelajaran dan sistem penilaian yang dijadikan satu dengan silabus; (b) menentukan jenis tagihan dan instrumen penilaian yang dibutuhkan; (c) menyusun format penilaian yang dimasukkan dalam buku rekapitulasi data nilai siswa.
  2. Pelaksanaan penilaian portofolio mata pelajaran PKn di SMA Negeri 4 Tegal belum dilaksanakan dengan maksimal, karena penilaian secara keseluruhan belum sesuai dengan apa yang telah ditentukan dalam Kurikulum 2004 dan pedoman penilaian portofolio. Guru PKn di SMA Negeri 4 Tegal menganggap bahwa semua pokok bahasan atau kompetensi dasar bisa diterapkan penilaian portofolio, padahal pada kenyataannya tidak semua kompetensi dasar atau pokok bahasan bisa diterapkan penilaian portofolio. Selain itu dalam pelaksanaan penilaian portofolio mata pelajaran PKn di SMA Negeri 4 Tegal terdapat beberapa hambatan yang dihadapi oleh guru mata pelajaran PKn.

Contoh Tesis Pendidikan

  1. Studi Komparasi Hasil Belajar Antara Pendekatan Kontekstua (Contextual Teaching And Learning) dengan Pendekatan Konvensional dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas x Semester Genap Sma Negeri I Pejagoan Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2006/ 2007.
  2. Kegiatan Kepramukaan sebagai Sarana Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa SMPN 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal.
  3. Pelaksanaan Pembelajaran Kontekstual Oleh Guru Pkn di Sma Negeri I Banjarnegara.
  4. Pelaksanaan Penilaian Portofolio Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sma Negeri 4 Tegal.
  5. Pembinaan Moral Anak di Panti Pamardi Putra Mandiri Sendangguwo Kecamatan Tembalang Kota Semarang.

 

Incoming search terms:

Leave a Reply