HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Penilaian Portofolio Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Judul Skripsi : Pelaksanaan Penilaian Portofolio Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 4 Tegal

 

A. Latar Belakang

Salah satu ciri warga negara yang baik adalah peka terhadap masalahmasalah yang terjadi di lingkungannya, hingga ke lingkungan terjauh,  misalnya masalah-masalah yang menyangkut hubungan antar bangsa. Untuk menilai hal tersebut, maka seorang guru perlu menerapkan penilaian portofolio. Penilaian portofolio (assessement) merupakan koleksi sistematis dari siswa dan guru untuk menguji proses dan prestasi belajar (Arnie Fajar, 2002:48). Dengan penilaian portofolio ini, penilaian hasil belajar siswa tidak hanya diperoleh dari hasil belajar di dalam kelas, tetapi juga belajar dari luar kelas seperti dari lingkungan masyarakat, ahli suatu bidang atau ilmuwan, media cetak maupun elektronik serta sarana-sarana lain yang tersedia.

Berdasarkan dari hasil pra observasi di SMA Negeri 4 Kota Tegal, ternyata penilaian portofolio belum banyak dilakukan oleh guru PKn. Itulah yang mendorong penulis untuk mengadakan penelitian yang menyangkut ”Pelaksanaan penilaian portofolio mata pelajaran PKn di SMA Negeri 4 Kota Tegal”.

 

B. Rumusan Masalah

  1. bagaimanakah persiapan penilaian portofolio mata pelajaran PKn di SMA Negeri 4 Kota Tegal?
  2. bagaimanakah pelaksanaan penilaian portofolio mata pelajaran PKn di SMA Negeri 4 Kota Tegal?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship) merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan diri yang beragam dari segi agama,  sosio-kultural, bahasa, usia dan suku bangsa untuk menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945 (Kurikulum Berbasis Kompetensi, 2004:2)

Pembelajaran

Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran. Manusia terlibat dalam sistem pengajaran terdiri dari siswa, guru, dan tenaga lainnya, misalnya tenaga laboratorium. Material meliputi buku-buku, papan tulis, dan kapur, fotografi, slide dan film, audio dan video tape.  Fasilitas dan perlengkapan terdiri dari ruangan kelas, perlengkapan audio visual, juga komputer. Prosedur meliputi jadwal dan metode penyampaian informasi, praktik, belajar, ujian, dan sebagainya.

Penilaian Portofolio

Penilaian portofolio merupakan pendekatan baru yang akhir-akhir ini sering diperkenalkan para ahli pendidikan untk dilaksanakan di sekolah selain pendekatan penilaian yang telah lama digunakan. Penilaian portofolio merupakan suatu alternatif yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik melalui evaluasi umpan balik dan penilaian diri sendiri.

 

D. Metode Penelitian

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.

Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi, dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

 

E. Kesimpulan Skripsi

Perencanaan penilaian portofolio mata pelajaran PKn di SMA Negeri 4 Tegal belum berjalan dengan maksimal, tetapi guru sudah melakukan kegiatan perencanaan pada umumnya, yaitu:

  • membuat perangkat pembelajaran dan sistem penilaian yang dijadikan satu dengan silabus;
  • menentukan jenis tagihan dan instrumen penilaian yang dibutuhkan;
  • menyusun format penilaian yang dimasukkan dalam buku rekapitulasi data nilai siswa.

 

Pelaksanaan penilaian portofolio mata pelajaran PKn di SMA Negeri 4 Tegal belum dilaksanakan dengan maksimal, karena penilaian secara keseluruhan belum sesuai dengan apa yang telah ditentukan dalam Kurikulum 2004 dan pedoman penilaian portofolio. Guru PKn di SMA Negeri 4 Tegal menganggap bahwa semua pokok bahasan atau kompetensi dasar bisa diterapkan penilaian portofolio, padahal pada kenyataannya tidak semua kompetensi dasar atau pokok bahasan bisa diterapkan penilaian portofolio. Selain itu dalam pelaksanaan penilaian portofolio mata pelajaran PKn di SMA Negeri 4 Tegal terdapat beberapa hambatan yang dihadapi oleh guru mata pelajaran PKn.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Pelaksanaan Penilaian Portofolio Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
  2. Pembinaan Moral Anak di Panti Pamardi Putra Mandiri Sendangguwo Kecamatan
  3. Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan Bahu dan Daya Ledak Otot Lengan Bahu terhadap Hasil Servis
  4. Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan dan Tinggi Badan dengan Kecepatan Renang Gaya Crawl 25 Meter
  5. Hubungan Antara Kekuatan Otot Perut dan Kelentukan Togok dengan Kemampuan Menyundul Bola Posisi
Incoming search terms:

Leave a Reply