HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Model Inkuiri

Judul Skripsi : Penerapan Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Model Inkuiri Sebagai Usaha Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP

 

A. Latar Belakang Masalah

Pengumpulan informasi atau data hasil pekerjaan siswa secara sitematik itu hanya sekedar proses mengumpulkan namun berdasarkan hasil–hasil pekerjaan siswa dalam kurun waktu tertentu digunakan sebagai umpan balik bagi guru maupun siswa yang bersangkutan. Bagi guru perkembangan hasil pekerjaan siswa dapat dijadikan masukan untuk memperbaiki cara atau metode pembelajaran yang digunakan olehnya. Disamping itu dengan melakukan analisis terhadap pekerjaan siswa, guru dapat lebih mengenal karakter siswanya. Bagi siswa dengan meneliti dan menganalisis hasil–hasil pekerjaannya akan berguna untuk memperbaiki atau mengoreksi kekurangan dan kesalahannya serta meningkatkan kemampuannnya.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka diadakan penelitian dengan judul ”Penerapan Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Model Inkuiri Sebagai Usaha Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP”

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan motivasi siswa?
  2. Apakah penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran belajar bahasa Inggris model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa?

 

C. Kajian Teori

Pembelajaran Bahasa Inggris

Pembelajaran merupakan proses mengajar untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan perubahan sikap antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran (Dimyati dan mudjiono, 2002: 159). Pembelajaran bahasa Inggris pada hakekatnya adalah suatu upaya agar peserta didik dapat mempelajari dalam arti menguasai bagaimana memperoleh ketrampilan berperilaku komunikatif dalam bahasa Inggris.

Model Inkuiri

Model Inkuiri merupakan sistem pengajaran yang mengharuskan siswa mengolah pesan sehingga siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilainilai. Menurut Elliot Seif (dalam Soetjipto 2001:193), menyatakan bahwa inkuiri adalah cara menemukan sesuatu dan memecahkan masalah oleh siswa sendiri. Inkuiri juga berarti strategi pembelajaran di dalam kelas yang mensyaratkan siswa menggunakan kemampuan intelektual untuk menemukan pemecahan masalah dalam penelitian ilmiah (Marsh dalam Soetjipto 2001: 193).

Pengertian Penilaian

Penilaian dalam bahasa Inggris sering disebut assessment yang berarti penaksiran atau menaksir. Menurut Utari Sumarmo dan Hamid Hasan (dalam Fajar, 2004: 89) asesmen (penilaian hasil belajar) sebagai proses sistematik untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik’ sedangkan Rustaman (Fajar, 2004: 89) mengemukakan bahwa “asesmen berada pada pihak yang di ases dan digunakan untuk mengungkap kemajuan perorangan.

Pengertian Portofolio

Portofolio berasal dari bahasa Inggris “portfolio” yang artinya dokumen atau surat-surat. Dapat juga diartikan sebagai kumpulan kertas-kertas berharga dari suatu pekerjaan tertentu (Fajar, 2004: 47). Selain itu, portofolio dapat berarti kumpulan berkas atau arsip yang disimpan dalam bentuk jilidan seperti map. (Setyono, 2004: 6).

 

D. Metodologi Penelitian

Dalam penelitian ini, lokasi penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling area artinya daerah yang sengaja dipilih berdasarkan tujuan dan pertimbangan tertentu yaitu keterbatasan waktu, tenaga dan dana sehingga tidak dapat mengambil sample besar dan jauh (Arikunto, 2002: 17).

Sesuai dengan bentuk penelitian tindakan dan jenis sumber data yang digunakan dalam penelitian ini maka tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan artinya peneliti ikut terlibat dalam proses pembelajaran. Observasi partisipan dilakukan untuk memperoleh data secara langsung dari hasil penelitian tentang bagaimana metode pendampingan, materi pembelajaran, fasilitas dan media serta sistem evaluasi yang diperlukan dalam pengembangan peningkatan hasil belajar.

Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, tes, dokumentasi, angket dan observasi.

 

E. Kesimpulan

  1. Penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena ada 75% jumlah siswa yang skornya meningkat.
  2. Ada peningkatan kemampuan siswa dalam pembnelajaran bahasa Inggris dengan belajar melalui penerapan penilain portofolio dalam pembelajaran bahasa Inggris model inkuiri sebagai peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I , II dan III

Berdasarkan hasil penelitian kegiatan tindakan ( siklus I ) di atas maka dapat diketahui bahwa kemampuan menulis teks diskriptive siswa SMP 5 Wadaslintang kelas VIII B pada kegiatan tindakan 1 tersebut rendah. Kurang dari 60 % dari jumlah siswa yang memperoleh skor minimal 75 .Sehingga dapat disimpulkan kegiatan pada siklus I ini,walaupun belum dapat dinyatakan berhasil, tetapi dapat meningkatkan taraf kemampuan siswa dalam menulis teks diskriptive. Kekurangan pada siklus I adalah siswa masih merasa kesulitan dalam menulis teks diskriptive.

Pada siklus II, yaitu Penilaian hasil tindakan II didasarkan pada kreteria yang sama dengan hasil penelitian tindakan I. secara rinci hasil penilaian tindakan II dapat diamati sebagai berikut:

Dari 30 jumlah keseluruhan subjek, terdapat 29 siswa yang telah memperoleh skor minimal 6 (yang berarti 96,6%, atau lebih dari 50% untuk dinyatak berhasil ). Dengan rincian :

(1) skor total 60 ada 5 siswa (16,6%)

(2) skor total 65 ada 3 siswa (10 %)

(3) skor total 70 ada 13 siswa (43,3%)

(4) skor total 75 ada 5 siswa (16,6%), total skor 80 ada 3 siswa ( 10 % )

Secara rinci hasil penelitian pada tindakan II ini mengalami kenaikan dari tindakan I. Jika pada tindakan I prosentase pada kemampuan siswa yang memperoleh skor 6 sebesar 80 % maka pada tindakan II, prosentase jumlah siswa yang memperoleh skor minimal 6 sebesar 96,6%. Secara rinci hasil tulisan siswa adalah sudah rinci dan utuh sesuai dengan segi keutuhan, tulisan siswa lebih urut dan sesuai maksud gambar disbanding tulisan pada tindakan I. Jika pada tindakan I, tulisan siswa masih banyak yang menyimpang dari gambar maka tindakan II, banyak tulisan siswa yang sudah sesuai dengan maksud gambar, bahkan gaya pendiskripsiannya lebih lengkap dan urut sesuai dengan maksud gambar.

Siklus III ,yaitu pada tindakan III berkembang pesat. Peningkatan hasil kemampuan menulis teks diskriptive dapat diketahui dari hasil tesnya. Dari penelitian dapat diketahui bahwa jumlah siswa yang memperoleh skor minimal 6 sebanyak 30 siswa atau sebanyak 100 %. Dari hasil tindakan III ini terlihat bahwa kemampuan berbahasa inggris yang berbentuk menulis teks diskriptif siswa kelas VIII B SMP 5 Wadaslintang pada tindakan III mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Seluruh indicator yang ada dapat dikuasai siswa dengan baik bahkan ada yang dikuasai dengan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran bahas Inggris model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam berbahasa Inggris pada kompetensi menulis ( writing ) jenis teks diskriptive.

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?