HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Manajemen: Strategi Pengembangan Kualitas Karyawan pd Badan Kepegawaian Daerah

Judul Tesis : Strategi Pengembangan Kualitas Karyawan Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Boyolali

 

A. Latar Belakang

Pengembangan sumber daya manusia adalah kegiatan manajemen yang ingin menyiapkan para karyawan untuk memegang tanggung jawab pekerjaan di waktu yang akan datang (Handoko, 1998:104). Pengembangan (development) adalah membantu individu meningkatkan dan menumbuhkan kemampuan, sikap dan kepribadian, untuk menangani tanggung jawab untuk masa yang akan datang, meskipun tidak berhubungan dengan jabatan yang sedang dilakukan dan juga jabatan yang akan datang (Silalahi,2002:290). Program pengembangan sumber daya manusia membantu individu, kelompok dan organisasi menjadi lebih efektif.

Setiap organisasi harus menyadari bahwa pengembangan kualitas karyawan merupakan suatu usaha terpenting dalam suatu organisasi. Sebab dengan pengembangan itulah organisasi dapat maju dan berkembang. Tujuan pengembangan kualitas karyawan adalah untuk memperbaiki prestasi kerja karyawan dalam mencapai hasil kerja yang di tetapkan. Perbaikan ini dapat di lakukan dengan cara memperbaiki pengetahuan dan ketrampilan karyawan serta memperbaiki sikap karyawan itu sendiri terhadap tugas-tugasnya. Para karyawan yang telah memperluas kecakapan dan pengetahuan serta kemampuan kerjanya melalui program pengembangan karyawan biasanya akan memberikan hasil yang lebih baik dalam melakukan pekerjaan, baik dilingkungan kantor pemerintah maupun swasta.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Strategi apa saja yang di gunakan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Boyolali untuk pengembangan kualitas karyawan ?
  2. Hambatan apa saja yang dihadapi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Boyolali dalam mengembangkan kualitas karyawan ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pengembangan Kualitas Karyawan

Pengembangan karyawan (baru/lama) perlu dilakukan secara terencana dan berkesinambungan. Agar pengembangan dapat dilaksankan dengan baik, harus lebih dahulu ditetapkan suatu program pengembangan karyawan. Pengembangan adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual, dan moral karyawan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan/jabatan melalui pendidikan dan pelatihan (Hasibuan, 2002:68-69).

 

Metode Pendidikan

Metode pendidikan (development) menurut Andrew F. Sikula (2001:80) adalah sebagai berikut : Under Study,Job Rotation and Planned Progression, Coaching and Counseling, Junipr Board of Executive or Multiple Management, Committee Assignment, Business Gomes(permainan bisnis), Sensitivity Training, Other Development Method.

Tolok Ukur Metode Pengembangan Karyawan

Metode pengembangan (development) karyawan yang diterapkan perlu diukur apakah baik atau tidak. Metode pengembangan dikatakan baik jika mencapai sasaran sesuai dengan yang diinginkan, yaitu dapat meningkatkan kualitas karyawan dalam mengerjakan pekerjaannya. Dengan pengukuran metode, kita dapat menarik kesimpulan apa perlu diganti atau hanya perlu disempurnakan saja.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif.

Lokasi penelitian berada pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Boyolali. Fokus penelitian adalah strategi pengembangan kualitas karyawan pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Boyolali.

Data diperoleh dari program pengembangan kualitas karyawan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Boyolali.

Metode yang digunakan melalui metode dokumentasi dan metode wawancara.

Variabel dalam penelitian ini adalah strategi pengembangan dan hambatan pengembangan.

Analisa data dilakukan dengan metode analisis deskriptif.

 

E. Kesimpulan

  1. Kegiatan atau program Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Boyolali yang ditujukan untuk pengembangan kualitas karyawan ada 2, yaitu : melalui orientasi serta pendidikan dan latihan. Pendidikan dan latihan tersebut ada 2 macam, yang meliputi : Pengiriman peserta untuk mengikuti pengembangan yang diadakan oleh kantor lain dan Kuliah.
  2. Setelah Pelatihan dan Pendidikan dilakukan Badan Kepegawaian Daerah mewajibkan peserta memberikan laporan secara tertulis tentang program pengembangan yang telah mereka ikuti.
  3. Langkah-langkah pendahuluan dalam persiapan program pemgembangan karyawan yang dilakukan Badan Kepegawaian Daerah agar penyelenggaraan program pengembangan dapat tercapai yaitu dengan penilaian dan identifikasi kebutuhan, sasaran pengembangan, isi program, prinsip-prinsip belajar.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Strategi Pengembangan Kualitas Karyawan Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Boyolali
  2. Strategi Pengembangan Kualitas Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah Pemkot Semarang
  3. Tinjauan Yuridis Pelaksanaan Proda Tahun 2004 Di Desa Gunung Tumpeng, Suruh, Semarang
  4. Pelaksanaan Pendaftaran Hak Atas Tanah Karena Warisan Di Kantor Pertanahan
  5. Pelaksanaan Pendaftaran Peralihan Hak Milik Atas Tanah Karena Warisan

 

Leave a Reply