HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Manajemen: Strategi Marketing Mix yg dilakukan pd Usaha Dagang Budi Mas Surakarta

Judul Tesis : Strategi Marketing Mix yang dilakukan pada Usaha Dagang Budi Mas Surakarta

 

A. Latar Belakang

Pertumbuhan pesat dari sektor industri modern, yang diharapkan akan dapat menyelesaikan masalah kemiskinan dan pengangguran secara tuntas, ternyata masih berada pada rentang yang panjang. Masa krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia telah mengakibatkan dampak yang negatif bagi industri besar maupun kecil. Dampak tersebut diantaranya adalah banyak perusahaan yang menghentikan usahanya, karena sudah tidak mampu membiayai biaya operasional pabrik dan tenaga kerjanya.

BUDI MAS Surakarta merupakan salah satu badan usaha yang menyelenggarakan berbagai kegiatan/usaha antara lain: produksi sabun colek, distribusi berbagai produk makanan dan juga kosmetik. Salah satunya yaitu unit pemasaran produksi sabun colek. Di mulai dari usaha produksi sabun colek UD. BUDI MAS mulai mengembangkan usahanya dalam bidang distribusi makanan dan kosmetik, oleh karena itu UD. BUDI MAS bisa memperoleh keuntungan yang di harapkan dan juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bukan berarti setiap perusahaan mempunyai setrategi pemasaran yang sama karena hal ini sesuai dengan kebijakan masing masing perusahaan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan dalam kaitannya dengan marketing mix pada UD. BUDI MAS?
  2. Bagaimana cara UD. BUDI MAS menghadapi permasalahan persaingan yang semakin ketat dalam usahanya?

 

C. Landasan Teori

Pemasaran

Pemasaran adalah suatu proses sosial yang melibatkan kegiatan- kegiatan penting yang memungkinkan individu dan perusahaan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melaui pertukaran dengan pihak lain dan untuk mengembangkan hubungan pertukaran. (Boyd, Walker, Larréché; 2000; 4)

Bauran pemasaran

Bauran pemasaran yaitu kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni: produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan saluran distribusi. (Basu Swastha DH dan Irawan ; 2000; 78)

Harga

Harga adalah jumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya. (Basu Swastha, 1996: 146)

 

D. Metode Penelitian

Penelitian dilakukan pada perusahaan UD.Budi Mas, penulis menggunakan metode studi kasus, dengan metode tersebut penulis mengadakan penelitian dan pengamatan terhadap penerapan marketing mix yang ada pada perusahaan.

Jenis data pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif.

Sumber data pada penelitian tersebut menggunakan data primer dan data sekunder.

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan interview, observasi dan studi pustaka.

 

E. Kesimpulan Tesis

Produk

  • Kedewasaan produk

Perusahaan sabun colek UD. Budi Mas pada saat ini masuk dalam tahap kedewasaan. Ini ditandai peningkatan volume penjualan yang stabil bahkan cenderung sedikit menurun dari tahun 2003–2004.

  • Pengembangan produk

Produk sabun colek UD. Budi Mas mengalami perkembangan yang selalu diperbaharui. Namun perusahaan UD. Budi Mas dalam membuat kemasan produknya masih meniru produk pesaing yang sudah dikenal di masyarakat. Hal ini dilakukan untuk memanfaatkan ketenaran dari produk pesaing serta mendapatkan perhatian dari calon konsumen.

Harga

  • Pada penetapan harga perusahaan UD. Budi Mas sangat berpengaruh pada keadaan perekonomian saat ini. Hal ini dapat berpengaruh pada stabilisasi nilai tukar mata uang asing serta kenaikan bahan pokok masyarakat, yang berakibat pada kenaikan harga bahan baku sabun colek.
  • Perusahaan UD. Budi Mas mengalami pertumbuhan penjualan yang cukup pesat pada tahun 2001–2003. Hal ini disebabkan produk sabun colek sudah dikenal di masyarakat serta promosi yang dilakukan secara terus menerus oleh UD. Budi Mas. Kemudian pada tahun 2004 sampai pertengahan 2005 mengalami sedikit penurunan pada volume penjualan, yang disebabkan banyaknya para pesaing produk sejenis di pasaran.

Promosi

Perusahaan UD. Budi Mas dalam kegiatan promosinya masih sederhana dan terbatas, hal tersebut dapat dilihat pada:

  • Periklanan

Kegiatan periklanan ini masih dilakukan dengan cara penyebaran kartu nama serta pemberian kalender pada agen dan para pelanggan .

  • Personal selling

Perusahaan UD. Budi Mas sangat bergantung pada kegiatan personal selling ini, karena kegiatan personal selling mempunyai pengaruh yang paling besar untuk meningkatkan volume penjualannya. Perusahaan UD. Budi Mas dalam kegiatan personal selling menggunakan tenaga penjual (salesman), karena dengan adanya tenaga penjual konsumen dapat mengetahui informasi produk secara lengkap serta dapat mengetahui langsung apa yang diinginkan konsumen.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi pada Perusahaan Percetakan
  2. Upaya Pt.Telkom Distel Solo dalam Meningkatkan Volume Penjualan Sambungan Telepon Baru
  3. Strategi Marketing Mix Yang dilakukan pada Usaha Dagang Budi Mas
  4. Praktek Penjualan Motor Bekas pada Ud. Mulia Motor Masaran Sragen
  5. Peramalan Kebutuhan Bahan Baku Aluminiumwire pada PT. Tomoko Daya Perkasa Metallizing

 

Incoming search terms:

Leave a Reply