HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Tanggapan Konsumen trhdp Bauran Pemasaran Surat Kabar

Judul Skripsi : Tanggapan Konsumen terhadap Bauran Pemasaran Surat Kabar Solopos

 

A. Latar Belakang Skripsi

Banyaknya surat kabar lokal atau nasional yang beredar dan terbit di Surakarta ikut meramaikan persaingan yang telah ada di Surakarta. Persaingan yang ada mendorong konsumen lebih selektif dalam mengkonsumsi surat kabar sehingga tiap surat kabar dituntut dapat lebih memahami kebutuhan dan keinginan konsumennya. Pesaing utama surat kabar Solopos ialah surat kabar Jawa Pos diikuti KOMPAS, SUARA MERDEKA, dan surat kabar lokal lainnya.

Surat kabar Jawa Pos mampu menjadi pesaing utama karena terdapat satu rubrik yang membahas peristiwa atau suatu kegiatan yang ada di kota Solo, nama rubrik tersebut yakni Radar Solo. PT. Aksara Solopos selaku produsen surat kabar Solopos perlu mengetahui tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran diantaranya harga, produk, tempat, promosi, dikarenakan apabila PT. Aksara Solopos mengetahui tanggapan konsumen terhadap surat kabar Solopos itu baik, maka ada harapan konsumen atau pembaca menjadi tertarik dan melakukan pembelian ulang. Bagi pelanggan lama mungkin akan semakin loyal terhadap surat kabar Solopos sehingga tidak akan berpindah ke surat kabar lain.

 

B. Rumusan Masalah

“Bagaimana tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran surat kabar Solopos ?”

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah Suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain (Kotler dan Susanto, 2000 :19).

Bauran pemasaran (marketing mix)

Marketing mix (Stanton dalam Dharmmestha dan Handoko, 2000: 124) yakni, sebagai kombinasi dari empat variabel atau kegiatan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu produk, harga, kegiatan promosi, sistem distribusi. Sedangkan menurut Kotler dan Amstrong (2001 : 71) Bauran pemasaran atau marketing mix tersebut merupakan seperangkat alat pemasaran taktis, produk, harga, promosi, distribusi, yang di padukan untuk menghasilkan respon yang diinginkan pasar sasaran.

Harga

Harga adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah barang beserta jasa-jasa tertentu atau kombinasi dari keduanya (Gitosudarmo, 1999: 228). Adapun yang termasuk variabel-variabel dari harga, yaitu : harga tercantum, potongan harga, kelonggaran, periode pembayaran, dan batas kredit (Kotler dan Amstrong, 2008 : 74).

 

D. Metode Penelitian

Desain penelitian yang digunakan adalah desain survei karena melakukan pengukuran sampel dengan menggunakan kuesioner untuk membuat kesimpulan umum terhadap populasinya.

Penelitian ini dilakukan di PT. Aksara Solopos, yang berlokasi di Jalan Adisucipto No. 190 Surakarta 57145.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembaca surat kabar Solopos yang membeli secara eceran dan seluruh pelanggan surat kabar Solopos.

Sampel yang digunakan oleh peneliti sebanyak 100 responden yang berupa pelanggan surat kabar Solopos sejak tahun 2007 dan pembaca surat kabar Solopos yang membeli secara eceran.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah judgement sampling / purposive sampling.

Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Primer.

Dengan kuesioner ini, diharapkan peneliti dapat mengetahui tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran pada surat kabar Solopos.

Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif.

 

E. Kesimpulan

  1. Berdasarkan hasil survei dari 100 orang responden dengan menggunakan rumus persentase, dapat diambil kesimpulan bahwa mayoritas responden yang menjadi sampel adalah berjenis kelamin laki-laki, untuk karakteristik responden berdasarkan usia mayoritas responden memiliki usia sekitar 40-49 tahun, kemudian untuk karakteristik responden berdasarkan pendidikan terakhir dalam penelitian ini mayoritas respondennya adalah tamatan SMA, dan yang terakhir berdasarkan karakteristik jenis pekerjaan mayoritas respondennya memiliki pekerjaan sebagai
  2. Variabel 4P yang mayoritas (nilai tertinggi) paling baik tanggapan responden terhadap surat kabar Solopos antara lain :
  • Variabel produk, nilai rata-rata paling tinggi pada aspek penyajian berita yang aktual dan terkini surat kabar Solopos dan nilai rata-rata responden surat kabar Solopos pada tingkatan ini adalah 3,93. Dengan menggunakan rentangan skala likert, nilai rata-rata ini dikategorikan baik.
  • Variabel harga, nilai rata-rata paling tinggi pada aspek harga eceran surat kabar Solopos dan nilai rata-rata responden surat kabar Solopos pada tingkatan ini adalah 3,21. Dengan menggunakan rentangan skala likert, nilai rata-rata ini dikategorikan cukup.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Peramalan Penjualan Rokok SKT (Sigaret Kretek Tangan) Pada PT. Djitoe Indonesian
  2. Pengaruh Relationship Marketing terhadap Komitmen, Pembelian Ulang dan Word of Mouth dengan Relationship Quality sebagai variabel pemediasi (Studi kasus pada Hotel Sahid Kusuma Raya Surakarta)
  3. Evaluasi Penerapan Promosi pada PT. Suara Merdeka Press Perwakilan Surakarta
  4. Peran Planning Product Control dalam Proses Produksi di PT Intan Pariwara Klaten Tanggapan Konsumen terhadap Bauran Pemasaran Surat Kabar Solopos
  5. Peran Planning Product Control dalam Proses Produksi di PT Intan Pariwara Klaten

 

 

Leave a Reply