HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Strategi Pemasaran Ekspor Shopping Bag

Judul Skripsi : Strategi Pemasaran Ekspor Shopping Bag pada PT Wangsa Jatra Lestari di Kartasura

 

A. Latar Belakang

Sebuah perusahaan baik itu jasa maupun dagang, pasti akan membutuhkan suatu sarana pemasaran untuk menghubungkan antara produksi dan konsumsi. Tanpa adanya pemasaran tujuan konsumsi tidak akan dapat dicapai dengan baik, oleh karena itu berbagai informasi dan strategi pemasaran sangat dibutuhkan untuk proses pemasaran. Pemasaran adalah suatu system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan para pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Informasi dan strategi-strategi pemasaran tersebut berguna untuk memasok kegiatan produksi. Kunci sukses sebuah perusahaan adalah perusahaan harus mampu menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk memberikan kepada konsumen secara lebih efektif dan efisien.

PT WANGSA JATRA LESTARI adalah perusahaan ekspor Paper Bag yang berada di Surakarta. Perusahaan ini telah mengekspor Shopping Bag keberbagai negara antara lain Australia, Amerika, Eropa, dan U.A.E. Selain Shopping Bag produk ekspor lainnya berupa Wine Bag, Gift Box, dan Chellophan Roll.

 

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana strategi pemasaran ekspor pada PT Wangsa Jatra Lestari?
  2. Apa saja hambatan-hambatan atau kendala yang dihadapi PT Wangsa Jatra Lestari dalam hal pemasaran ekspornya?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Strategi

Strategi merupakan pola fundamental dari tujuan-tujuan sekarang dan terencana, penyebaran sumber daya, dan interaksi dari sebuah organisasi dengan pasar, pesaing dan factor-faktor lingkungan lainnya. Strategi haruslah menentukan (1) apa yang akan dicapai, (2) dimana (pada apa dan pasar produk apa yang akan menjadi focus perusahaan),(3) bagaimana (sumber daya dan aktivitas apa yang akan dialokasikan untuk setiap pasar produk guna memenuhi peluang lingkungan dan ancaman untuk meraih suatu keunggulan kompetitif)

Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan pengusaha dalam menyampaikan suatu komoditi maupun jasa dari produsen ke konsumen,atau Marketing is “Those business activities involved the flow of goods and services from production to consumption” ( Amir Ms,2004:47 ).

Bauran Pemasaran

Bauran Pemasaran atau marketing mix adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran ( Kotler Philip, 2004:18)

 

D. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah menggunakan metode deskriptif, dalam penulisan ini penulis mengamati obyek penelitian dan menggambarkan suatu keadaan yang ada didalam obyek penelitian tersebut.

Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder.

Data primer diperoleh melalui wawancara secara langsung kepada pihak yang berkompeten pada PT Wangsa Jatra Lestari, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku maupun sumber bacaan lainnya.

 

E. Kesimpulan Skripsi

  • Strategi pemasaran yang diterapkan di PT Wangsa Jatra Lestari dikonsentrasikan pada marketing mix, yang meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

Strategi Produk

Strategi produk pada PT WAJATRI yaitu dengan penggunaan bahan baku pilihan dan proses produksi yang sangat memperhatikan mutu dan kualitas yang bagus.

Strategi Harga

Komponen-komponen dasar yang mempengaruhi dalam penetapan harga pada PT WAJATRI yaitu biaya produksi yang terdiri dari biaya bahan baku, bahan penolong, biaya mesin-mesin, biaya tenaga kerja,dan juga ada biaya pengiriman.Dan dalam menetapkan harga jual PT WAJATRI selalu didasarkan pada situasi dan kondisi lingkungan pada saat bersangkutan.

  • Hambatan—hambatan yang Dihadapi oleh PT WAJATRI Dalam Strategi Pemasaran Ekspor

Hambatan Produk

Kendala yang dihadapi PT WAJATRI pada produknya antara lain bahan baku yang mahal,untuk setiap pesanan bahan baku membutuhkan tenggang waktu yang lama,dan masih kurang adanya kedisiplinan pada pekerjanya.

Hambatan Harga

Hambatan pada penetapan harga terjadi karena ketidakstabilan harga pada bahan baku dan tenaga kerja.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Analisis Metode Perhitungan Bagi Hasil Pada Pembiayaan Mudharabah Berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) di BMT Khonsa Cilacap
  2. Analisis Elastisitas Permintaan Jagung di Jawa Tengah
  3. Strategi Pemasaran Ekspor Shopping Bag pada PT Wangsa Jatra Lestari di Kartasura
  4. Strategi Pemasaran Ekspor pada PT. Kusumahadi Santoso Jaten Karanganyar
  5. Abnormal Return Saham di Bursa Efek Jakarta Sebelum dan Sesudah Peristiwa Peledakan Bom di Bali 12 Oktober 2002

 

Incoming search terms:

Leave a Reply