HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Manajemen: Penerapan Bauran Pemasaran pd PT. Batik Danar Hadi Surakarta

Judul Tesis : Penerapan Bauran Pemasaran pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta

 

A. Latar Belakang

Perkembangan kehidupan perekonomian yang sangat pesat di era globalisasi sekarang ini, kebutuhan manusia semakin lama semakin meningkat. Sehingga setiap perusahaan harus mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya demi menyediakan kebutuhan yang sangat komplek tersebut. Oleh karena itu perusahaan dituntut untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain sehingga dapat mempertahankan kelangsungan kehidupan perusahaan itu sendiri. Baik itu dibidang manufaktur, perdagangan maupun dibidang lainnya.

Kemunculan perusahaanperusahaaan baru, tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan lama yang ada. Perusahaanperusahaan yang telah lama berdiri wajar jika mengalami kekhawatiran, bahwa perusahaan baru akan mengambil pangsa pasar mereka. Perusahaanperusahaan ini pun berlomba untuk memberikan peningkatan dalam hal kualitas produk yang dihasilkan maupun pelayanan yang baik bagi konsumen. Hal ini semata untuk menjaga ekstensi mereka dalam dunia usaha. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain bukanlah hal yang mudah, mengingat tiap perusahaan mempunyai kiatkiat tersendiri agar tampil unggul dibanding pesaingnya.

 

B. Rumusan Masalah Tesis

  1. Bagaimana penerapan bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta ?
  2. Bagaimana peningkatan volume penjualan yang terjadi di PT. Batik Danar Hadi Surakarta selama ini ?

 

C. Landasan Teori

Definisi Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatankegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam upanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk mendapatkan laba dan berkembang.

Strategi pemasaran

Strategi pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktifitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu. Strategi pemasaran dapat ditentukan setelah produsen mengetahui segmen pasar dan posisi produknya.

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Bauran pemasaran adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni: produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi. (Swastha ; 1996 : 42).

 

D. Metode Penelitian

Objek penelitian dalam penelitian ini adalah PT. Batik Danar Hadi yang terletak di Jalan Dr. Rajiman No. 164 Surakarta.

Jenis data pada penelitian ini yaitu dengan data umum dan data khusus.

Sumber data pada penelitian ini yaitu denga data primer dan data sekunder.

Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan studi pustaka.

Tehnik pembahasan yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah pembahasan deskriptif.

 

E. Kesimpulan

Produk

Batik Danar Hadi Surakarta melakukan modifikasi produknya dengan cara menciptakan pola batik yang bervariasi, dengan memantau dan membuat model-model busana yang mengikuti perkembangan jaman, menentukan ukuran busana yang tepat, dan menciptakan jenis batik dengan model yang beragam dengan tujuan agar produk dapat diterima di pasaran dan dapat bersaing dengan perusahaan sejenis. Selain itu, dalam memasarkan produknya PT. Batik Danar Hadi menggunakan merek dagang yang sama dengan nama perusahaan yaitu Danar Hadi. Strategi ini bertujuan agar mempermudah konsumen untuk mengenal atau mengingat produkproduk dari Danar Hadi.

 

Harga

Penetapan harga yang diterapkan perusahaan menggunakan metode Cost Plus Pricing Method, yaitu dengan menetapkan harga jual produk dengan menjumlahkan antara biaya total dengan laba yang diinginkan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan menilai penggunaan metode penetapan harga tersebut lebih efektif dibandingkan dengan metode penetapan harga lainnya. PT. Batik Danar Hadi juga mempertimbangkan harga yang telah ditetapkan oleh pesaing dan memberikan potongan harga pada saat ada eventevent tertentu.

 

Distribusi

Untuk wilayah Surakarta, PT. Batik danar Hadi dalam memasarkan produknya ke konsumen menggunakan saluran distribusi langsung yaitu tanpa menggunakan perantara. Perusahaan secara langsung menyalurkan produknya kepada konsumen dengan mendirikan toko atau rumah batik sendiri. Dengan menggunakan distribusi ini dianggap lebih menguntungkan bagi perusahaan dalam menjaga hubungan dengan konsumen.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Penerapan Bauran Pemasaran pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta
  2. Penerapan Sanksi Disiplin Kerja Pegawai pada PT. Perkebunan Nusantara X (Persero) Klaten
  3. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Kerja, dan Tingkat Pendidikan
  4. Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada PG Tasikmadu Karanganyar
  5. Analisis Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Iklan Komparatif dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Keputusan Perpindahan Merk Produk Deodorant (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Non Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Incoming search terms:

Leave a Reply