HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Manajemen: Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Iklan Komparatif dan Mencari Variasi

Judul Tesis: Analisis Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Iklan Komparatif dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Keputusan Perpindahan Merk Produk Deodorant (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Non Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta)

 

A. Latar Belakang

Perilaku konsumen yang banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan perlu diprediksi untuk mengembangkan strategi pemasaran secara tepat. Perilaku konsumen bukanlah suatu perkara kecil untuk diamati karena setiap anggota masyarakat merupakan konsumen. Perilaku konsumen sangat mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan sebagai lembaga yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Seperti dinyatakan oleh Levitt (1993) dalam Basu (1993), tujuan dari suatu bisnis adalah menciptakan dan mempertahankan konsumen. Konsumen dapat dikembangkan dan dipertahankan melalui strategi pemasaran. Dengan kata lain, keberhasilan suatu bisnis bergantung pada kualitas strategi pemasarannya, dan kualitas strategi pemasaran bergantung pada pemahaman, pelayanan, dan cara mempengaruhi konsumen untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sikap selektif dan kritis konsumen harus bisa menjadi dasar bagi perusahaan untuk tetap menjaga kepuasan pelanggan karena akan berpengaruh pada perilaku konsumen selanjutnya. Menurut kotler (2000:36) dalam Tisnawati 2002, kepuasan pelanggan adalah perasaan seseorang tentang kesenangan dari suatu rasa kecewa yang dihasilkan dari perbandingan kinerja produk yang dirasakan (out come) dalam hubungannya dengan harapannya. Menurut Mowen 1995 dalam Tisnawati 2002, kepuasan pelanggan adalah keseluruhan hal berkaitan dengan barang atau jasa setelah diakuisisi dan digunakan. Sedangkan menurut Oliver 1997 dalam Tisnawati 2002, kepuasan adalah pemenuhan respon dari pelanggan, yang merupakan keputusan bahwa produk atau jasa adalah istimewa atau produk dan jasa tersebut mendukung tingkat kesenangan dari konsumsi yang berhubungan dengan tingkat pemenuhan kebutuhan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ketidakpuasan konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan perpindahan merk ?
  2. Apakah iklan komparatif berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan perpindahan merk ?
  3. Apakah kebutuhan mencari variasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan perpindahan merk ?

 

C. Landasan Teori Tesis

Definisi Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan perekonomian yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidupnya, sehingga perusahaan dapat terus berkembang dan mendapatkan laba. Pemasaran merupakan kegiatan yang bermula karena adanya kebutuhan konsumen, sehingga pemasar harus mampu menentukan bagaimana kebutuhan dan selera konsumen serta bagaimana cara untuk memenuhinya yang kemudian disesuaikan dengan data pasar. Untuk mengetahuinya perusahaan sering melakukan riset pemasaran. Riset pemasaran memiliki peran yang besar dalam hal kemampuannya untuk menyediakan informasi yang diperlukan manajemen dalam pengambilan keputusan pemasaran.

Perilaku Konsumen

Perilaku berbelanja konsumen atau disebut perilaku konsumen, bukan suatu perkara yang kecil karena setiap anggota masyarakat merupakan konsumen. Perilaku konsumen sangat kompleks dan untuk mempelajarinya dibutuhkan perhatian yang cukup serius. Perilaku konsumen sangat mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan sebagai lembaga yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Seperti dinyatakan oleh Levitt (1983), tujuan dari suatu bisnis adalah menciptakan dan mempertahankan konsumen. Konsumen dapat dikembangkan dan dipertahankan melalui strategi pemasaran.

Pengambilan Keputusan Konsumen

Pemasar harus memandang konsumen sebagai problem solver yaitu sebuah unit pembuat keputusan (individu, keluarga, dan atau perusahaan) yang mengambil informasi, kemudian memproses informasi tersebut dan mengambil tindakan untuk mendapatkan kepuasan dan memenuhi gaya hidup (Hawkish; Best; Coney; 1986:23). Proses pembuatan keputusan harus dipahami benar oleh pemasar karena akan berpengaruh pada penentuan keputusan strategi perusahaan.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode teknik survey.

Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling method.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuisioner, metode Kepustakaan.

Metode Analisis Data yaitu deskriptif dan Kuantitatif.

 

E. Kesimpulan

  1. Melalui analisis regresi linear berganda diperoleh model regresi yang menunjukkan bahwa semua variabel independen ketidakpuasan konsumen, iklan komparatif dan kebutuhan mencari variasi memiliki hubungan yang positif terhadap variabel dependennya yaitu keputusan perpindahan merk.
  2. Dari fungsi regresi yang diperoleh nilai konstanta bertanda positif. Jadi meskipun tidak ada variabel independen ketidakpuasan konsumen, iklan komparatif dan kebutuhan mencari variasi keputusan perpindahan merk tetap akan terjadi walaupun pengaruhnya tidak akan sebesar seperti apabila ada variabel independen tersebut.
  3. Dari uji F diketahui bahwa keputusan perpindahan merk produk deodorant dipengaruhi oleh seluruh variabel independen, dengan nilai F hitung sebesar 41,657 dan tingkat probabilitas sebesar 0,000.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada PG Tasikmadu Karanganyar
  2. Analisis Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Iklan Komparatif dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Keputusan Perpindahan Merk Produk Deodorant (studi kasus pada mahasiswa S1 Non Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta)
  3. Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Roti Tiga Berlian di Semanggi Surakarta
  4. Prosedur Pemberian Kredit Gadai di Perum Pegadaian Unit Pelayanan Cabang (UPC)
  5. Prosedur Kredit Gadai di Perum Pegadaian Cabang Wonogiri

 

Incoming search terms:

Leave a Reply