HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Akutansi: Sikap Konsumen trhdp Produk Distribution Outlet

Skripsi Akutansi: Analisis Sikap Konsumen terhadap Produk Distribution Outlet di Kota Yogyakarta

 

A. Latar Belakang

Manajemen pemasaran merupakan analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler dan Amstrong,2001 : 18). Banyak orang beranggapan bahwa manajemen pemasaran adalah mencari pelanggan yang cukup banyak untuk output perusahaan saat itu, namun pandangan itu terlalu sempit. Manusia memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka dengan produk dan jasa. Sebuah produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan.

Dengan alasan tersebut maka perlu diketahui betapa pentingnya factor yang berpengaruh dalam keputusan membeli sebuah pakaian dari seorang konsumen khususnya dalam penelitian ini produk-produk dari distribution outlet sehingga nantinya dapat ditentukan strategi pemasaran yang lebih tepat. Maka dalam hal ini penulis sangat terdorong untuk mengangkat permasalahan mengenai “ Analisis Sikap Konsumen terhadap Produk Distribution Outlet di Kota Yogyakarta “.

 

B. Rumusan Masalah

Apakah terdapat perbedaan sikap yang signifikan terhadap produk distribution outlet di Kota Yogyakarta berdasarkan karakteristik konsumen?

 

C. Landasan Teori

Pemasaran

Pemasaran sebagai proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan, lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain (Kotler dan Amstrong,2001:7).

Pengertian Manajemen Pemasaran

Pemasaran merupakan kegiatan inti dari tiap perusahaan sehingga perlu adanya pengelolaan dan koordinasi secara baik dan profesional. Agar dapat melakukan pengelolaan dan koordinasi secara baik diperlukan manajemen pemasaran. Kotler menyatakan pengertian manajemen pemasaran sebagai berikut Manajemen pemasaran (marketing management) sebagai analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler dan Amstrong,2001 : 18).

Konsep Produk

Konsep utama lain yang menjadi pedoman penjual, konsep produk (product concept), beranggapan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu baik, kinerja baik, dan bersifat paling inovatif. Karenanya organisai harus mencurahkan tenaga untuk melakukan perbaikan produk terus-menerus (Kotler dan Amstrong,2001 : 22). Konsep ini berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yang menawarkan mutu, kinerja terbaik, atau hal-hal inovatif lainnya. Manajer dalam organisasi berwawasan produk memusatkan perhatian untuk membuat produk yang lebih baik dan terus menyempurnakannya.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Variabel penelitian dengan karakteristik konsumen yaitu jenis kelamin terdiri dari laki-laki dan perempuan. Usia responden, terdiri dari kurang dari 18 tahun, 18 tahun s/d 22 tahun, lebih dari 22 tahun.

Atibut yang digunakan dalam penelitian ini yaitu harga, kualitas produk, brand image, model produk, keawetan produk, desain produk, ekslusive, ukuran yang disediakan produk, product catalog, kelengkapan produk.

Data dan teknik pengumpulan data menggunakan uji validitas korelasi product moment dengan taraf signifikasi 5% dan uji reliabilitas dengan cronbach’s alpha coefficient 0,60.

Data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data kuesioner.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non probability sampling model accidental sampling, atau sering disebut pula dengan opportunite sampling atau “sampel asal nemu” dengan jumlah responden 96 orang.

 

E. Kesimpulan

  • Berdasarkan analisis Fishbein, bahwa :
  1. Sikap konsumen terhadap atribut produk distribution outlet di kota Yogyakarta adalah positif, artinya konsumen telah memberikan penilaian terhadap variabel keyakian maupun variabel evaluasi terhadap produk distribution outlet di kota Yogyakarta adalah
  2. Sedangkan sikap konsumen terhadap atribut desain produk merupakan sikap paling tinggi dan secara berurutan atribut yang dinilai positif oleh konsumen adalah eksklusif, harga, keawetan, brand image (kekuatan merek), model produk, kualitas produk, ukuran, kelengkapan, product catalog.
  • Berdasarkan hasil uji Kruskal-Wallis, bahwa :
  1. Pada atribut harga dari hasil uji Kruskal-Wallis berdasarkan jenis kelamin responden menunjukkan terdapat perbedaan sikap konsumen pada produk distribution outlet di kota Yogyakarta. Hal ini berarti juga bahwa konsumen laki-laki memberikan sikap yang berbeda dengan konsumen perempuan pada atribut harga, hal ini disebabkan karena konsumen perempuan lebih selektif dalam hal fashion, dan harga yang ditawakan oleh produk distro masih terlalu tinggi bagi konsumen perempuan yang tingkat kebutuhan fashionnya lebih banyak dibandingkan konsumen laki-laki sehingga mereka menginginkan harga yang murah dan terjangkau.
  2. Pada atribut ukuran yang ditawarkan oleh produk distribution outlet di kota Yogyakarta dari hasil uji kruskal-Wallis berdasarkan jenis kelamin responden menunjukkan terdapat perbedaan sikap Hal ini disebabkan oleh perbedaan fisik antara konsumen laki-laki dan perempuan, yang pada kenyataannya konsumen perempuan jarang menemukan ukuran yang pas, sehingga mereka memberikan penilaian yang berbeda dengan konsumen laki-laki pada atribut ukuran.

 

Contoh Skripsi Akutansi

  1. Analisis Sikap Konsumen terhadap Produk Distribution Outlet di Kota Yogyakarta
  2. Analisis Tingkat Kesehatan Bank Syariah dengan Menggunakan Metode Camel
  3. Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan pada Perusahaan Sepatu Castle Singosari-Malang
  4. Budget Kas Sebagai Alat Perencanaan dan Pengandalian Kas pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur
  5. Manajemen Persediaan Bahan Baku Sebagai Salah Satu Cara untuk Menaikkan Rentabilitas Ekonomi

Leave a Reply