HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Loyalitas: Faktor Pengaruh Loyalitas Peserta Asuransi Syariah

Judul Tesis: Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Peserta Asuransi Syariah (Studi pada PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kc.Jasindo Takaful)

 

A. Latar Belakang

Dalam dunia yang semakin modern yang selalu dituntut cepat dalam segala hal, asuransi merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat serta pandangan tentang asuransi sudah semakin berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi dan tingkat pendidikan dimana asuransi dibutuhkan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan akan asuransi penggantian, melainkan untuk memenuhi kebutuhan akan status, kebutuhan sosial dan lain-lain.

Berdasarkan uraian diatas, dan mengetahui pentingnya loyalitas pelanggan maka, peneliti ingin melakukan penelitian tentang faktor-faktor apa saja yang menentukan loyalitas pelanggan serta mengetahui variabel-variabel apakah yang mewakili setiap faktor yang menentukan loyalitas pelanggan terhadap produk jasa asuransi khususnya asuransi syariah. Dengan adanya pengukuran loyalitas ini maka perusahaan bisa menentukan prioritas perbaikan kualitas produk asuransi syariah sesuai dengan harapan pelanggan sehingga akan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan lebih tinggi lagi dan jumlah pelanggan menjadi relative lebih banyak. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengkaji secara mendalam tentang: “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Peserta Asuransi Syariah” pada PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) KC. Jasindo Takaful.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah ada pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas pada konsumen PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) KC.Jasindo Takaful?
  2. Apakah ada pengaruh daya tarik iklan terhadap loyalitas pada konsumen PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) KC.Jasindo Takaful?
  3. Apakah ada pengaruh kompetensi tenaga penjual terhadap loyalitas pada konsumen PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) KC.Jasindo Takaful?

 

C. Landasan Teori

Asuransi

Asuransi syariah merupakan perwujudan sikap ta’awwun yang diatur secara sistematis yang rapi diantara manusia untuk mengantisipasi suatu peristiwa, dimana jika sebagian mereka mengalami peristiwa tersebut, maka semuanya saling menolong dalam menghadapinya dengan sedikit pemberian (derma) yang diberikan oleh masing-masing peserta. Pemberian (derma) tersebut dapat menutupi kerugian-kerugian yang dialami oleh peserta yang tertimpa musibah.

Loyalitas Pelanggan

Loyalitas dapat diartikan sebagai kemampuan perusahaan memposisikan produknya di benak pelanggan, dimana perusahaan menganggap pelanggan sebagai mitranya dengan cara memantapkan keyakinan pelanggan, selalu berinteraksi, bila perlu mengembangkan, demi kemajuan bersama (Kartajaya, 1999). Sedangkan yang dimaksud dengan pelanggan yang loyal atau setia adalah seseorang yang melakukan penggunaan ulang dari perusahaan yang sama, memberitahukan ke pelanggan yang lain yang potensial, dari mulut ke mulut, dan menjadi penangkal serangan dari pesaingnya (Evan dan Laskin, 1994). Oleh karena itu dapatlah dikatakan bahwa keberhasilan suatu perusahaan sangatlah ditentukan oleh loyalitas pelanggannya.

Pengertian Daya Tarik Iklan

Mela dan Lehmann (1997) menyatakan bahwa periklanan tidak hanya dimaksudkan untuk memberi dampak dalam jangka pendek saja, tetapi sebagai dasar untuk jangka panjang. periklanan akan mempertinggi keakraban dengan nama merek, yang mana akan berdampak di masa yang akan datang ketika konsumen membutuhkan produk/jasa tersebut, periklanan akan meningkatkan pengulangan dan mencegah agar konsumen tidak lupa terhadap nama merek, yang mana akan meningkatkan kemungkinan konsumen akan menggunakan produk/jasa tersebut jika mereka membutuhkannya di masa yang akan datang. Kotler (2005) juga menjelaskan bahwa aktivitas iklan merupakan usaha pemasaran yang memberikan berbagai upaya intensif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk/jasa.

 

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian ini termasuk dalam tipe desain kausal yaitu untuk mengidentifikasi hubungan sebab dan akibat antar variabel dan peneliti mencari tipe sesungguhnya dari fakta untuk membantu memahami dan memprediksi hubungan (Zikmund, 1994).

Penelitian ini dirancang dengan mengunakan metode deskriptif dan inferential dengan pendekatan kuantitatif.

Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data subyek (self-report data), yaitu jenis data penelitian yang berupa opini, sikap, pengalaman atau karakteristik dari seseorang atau sekelompok orang yang menjadi subyek penelitian / responden (Indiantoro dan Supomo, 1999).

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengaruh antara variabel nilai pelanggan, daya tarik iklan, kompetensi tenaga pejual dan kepuasan pelanggan terhadap variabel loyalitas pelanggan adalah kombinasi antara teknik statistik deskriptif dan teknik statistik inferensial.

 

E. Kesimpulan

  1. Faktor nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan. Artinya semakin tinggi nilai pelanggan maka dapat meningkatkan loyalitas nasabah.
  2. Faktor daya tarik iklan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Artinya promosi atau periklan tidak mempengaruhi loyalitas nasabah Jasindo Takaful dalam menentukan pilihannya apakah akan tetap menggunakan produk Jasindo Takaful atau beralih ke perusahaan lain.
  3. Faktor kompetensi tenaga penjualan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Artinya semakin tinggi tingkat kompetensi tenaga penjual maka akan meningkatkan loyalitas nasabah.

 

Contoh Tesis Loyalitas

  1. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Peserta Asuransi Syariah – Studi pada PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kc. Jasindo Takaful
  2. Analisis Kepuasan Para Anggota terhadap Program Loyalitas Astraworld
  3. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Telepon Selular di Jabodetabek

 

Leave a Reply