HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Asuransi Pendidikan Syariah Mitra Iqra

Contoh Tesis– Pelaksanaan Asuransi Pendidikan Mitra Iqra  Di Asuransi Bumiputra Syariah Surakarta

Asuransi Syariah Asuransi Pendidikan Syariah Mitra Iqra

 

A.  Latar Belakang Masalah.

Islam adalah agama Allah yang memberikan pedoman kepada umat manusia, yang menjamin akan mendatangkan kebahagiaan hidup perseorangan dan kelompok, jasmani dan rohani, material dan spiritual, di dunia kini dan akhirat Islam diajarkan kepada umat manusia dengan perantaraan para rasul Allah silih berganti, sejak nabi Adam A.S  hingga yang terakhir Nabi Muhammad SAW. memberikan pedoman hidup yang menyeluruh meliputi bidang akidah, ibadah, akhlak dan muamalah.

Muamalat merupakan hal sangat penting dalam kehidupan manusia, sebab dengan muamalat, manusia dapat berhubungan satu sama lain yang akhirnya menimbulkan hak dan kewajiban. Asuransi sebagai perjanjian, dimana seorang penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung dengan menerima premi untuk memberikan penggantian kepadanya karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu,    merupakan kegiatan ekonomi  yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Asuransi tidak dikenal pada masa awal Islam, akibatnya banyak para ulama terjadi perbedaan pendapat tentang asuransi, sebagian menganggap bahwa asuransi  adalah boleh, sebagian lagi tidak membolehkannya dan bahkan sebagaian lagi mengambil jalan tengah yakni membolehkan asuransi, karena akad dalam asuransi dilakukan secara suka sama suka . alasan ini mengacu kepada salah satu prinsip akad dalam muamalah, bahwa akad dalam muamalah itu baru sah apabila dilakukan oleh pihak-pihak secara suka  sama suka.

B.  Rumusan Masalah

Dari latar belakang masalah tersebut diatas, maka permasalahan yang akan dibahas adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana pelaksanaan asuransi pendidikan  Mitra Iqra di Asuransi Bumiputra Syariah Surakarta, apakah telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, sebagaimana diatur dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah ?
  2. Mengapa tidak sesuai dengan fatwa Dewan Syariah dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah ?
  3. Hambatan atau kedepan  seharusnya bagaimana ?

C.   Hasil Penelitin

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Asuransi Pendidikan Mitra Iqra di Asuransi Bumiputera Syariah Surakarta belum dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah sebagaimana diatur dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah disebabkan oleh faktor-faktor hal yang terkait.

D.   Saran

  1. Agar perusahaan AJB Bumiputera sesegera mungkin mengelola asuransi  pendidikan mitra  iqra dari polis sampai pengelolaan dananya secara syariah, hal ini karena memang sudah menjadi kewajiban sebagai perusahaan yang menggunakan lebel syariah, dan segera diadakan pemisahan kepengurusan antara yang syariah dan yang konvensional.
  2. Segera dibuat Undang-undang tentang asuransi syariah untuk menggantikan  Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 21/DSN-MUI/X/2001 yang selama ini dijadikan dasar operasional asuransi syariah
  3. Perusahaan AJB Bumiputera agar mengangkat tenaga-tenaga yang ahli dan  menguasai ekonomi syariah
  4. Kepada masyarakat agar dalam ikut asuransi syariah, selektif dan harus tahu betul apakah asuransi yang memakai lebel syariah tersebut benar-benar telah dikelola secara syariah

Leave a Reply