HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Strategi Public Relations dlm Maintain Customer Relationship Apartment

Judul Tesis : Strategi Public Relations dalam Maintain Customer Relationship Apartment Solo Paragon

 

A. Latar Belakang

Menjalin suatu relasi bagi suatu usaha merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan. Diperlukan suatu strategi tertentu dan orang – orang yang tertentu pula untuk melaksanakannya. Dalam menjalin suatu relasi perusahaan, peran Public Relations akan sangat membantu. Karena seorang Public Relations memiliki kemampuan yang baik dalam menciptakan, membangun, dan mengembangkan relasi dengan customer. Semakin banyakrelasi, maka akan semakin mudah bagi perusahaan untuk memasarkan produknya dan meningkatkan volume penjualan produk yang dihasilkan.

Dengan menciptakan, membangun dan mengembangkan relasi yang dilakukan Public Relations pada suatu perusahaan berarti :

  1. Menciptakan yang belum ada, tetapi menjadi suatu kebutuhan dan tuntutan.
  2. Mengembangkan yang sudah ada sesuai dengan tuntutan dan perubahan yang terjadi di masyarakat.
  3. Membuat maju yang sudah berkembang sehingga mampu bersaing dengan perusahaan lain dan kemudian volume penjualan akan meningkat.

 

B. Tujuan Penelitian

  1. Menambah pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman, yang tidak diperoleh selama masa perkuliahan pada DIII Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  2. Menambah pengalaman dan mengetahui tentang keadaan situasi di lapangan yang sesuai dengan bidang ilmunya.
  3. Mendapat gambaran secara langsung tentang akvitas proses kerja sebuah perusahaan.

 

C. Tinjauan Pustaka

Defenisi Public Relations

Public Relations merupakan fungsi manajemen yang membantu menciptakan dan saling memelihara alur komunikasi, pengertian, dukungan serta kerjasama suatu organisasi/perusahaan dengan publiknya dan ikut terlibat dalam menangani masalah-masalah atau isu-isu manajemen. PR membantu manajemen dalam penyampaian informasi dan tanggap terhadap opini publik. PR secara efektif membantu manajemen memantau berbagai perubahan. (Seitel, 1992:8).

Peran Public Relations

Perkembangan profesionalisme Public Relations yang berkaitan dengan pengembangan peranan Public Relations, baik sebagai praktisi maupun profesional dalam suatu organisasi / perusahaan, menurut Dozier, D.M. (1992), bahwa peranan praktisi Public Relations dalam organisasi tersebut salah satu kunci untuk memahami fungsi Public Relations dan komunikasi organisasi, disamping itu juga merupakan kunci untuk pengembangan peranan praktisi PRO (Public Relations Officer) dan pencapaian profesional dalam Public Relations.

Defenisi Customer Relations

Roger Haywood dalam bukunya All About Public Relations (1990 : 278), memberikan definisi bahwa Customer Relations merupakan strategi tingkat koorporasi, yang berfokus pada pembangunan dan pemeliharaan hubungan dengan pelanggan, dan merupakan pendekatan holistic terhadap falsafah organisasi, yang menekankan hubungan yang erat dengan pelanggan. Customer Relations mengurus filosofi organisasi pada semua tingkatan, termasuk kebijakan dan proses, penjualan baik dalam perusahaan atau organisasi.

 

D. Kesimpulan

  1. Customer Relations merupakan manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya (customer) dengan tujuan menumbuhkan awareness customer terhadap brand maupun produk yang ditawarkan serta menciptakan citra positif perusahaan di mata para pelanggannya.
  2. Customer Relations PT. Sunindo Gapura Prima (SOLO PARAGON) harus dapat menjalankan fungsinya dalam mengidentifikasi faktor – faktor yang penting bagi customer, menangani complain customer, membangun rasa percaya dan loyalitas customer terhadap brand / produk yang ditawarkan, mencatat dan mengikuti aspek penjualan serta membuat informasi holistic tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan.

 

E. Saran

  1. Customer Relations PT. Sunindo Gapura Prima (SOLO PARAGON) harus dapat lebih meningkatkan pelayanan yang unggul dan memelihara kepercayaan customer demi terciptanya tujuan, kepuasan dan keuntungan bersama.
  2. Di dalam menyampaikan informasi yang utuh dan representative kepada publik, seharusnya manajemen membuat kesepakatan informasi apa yang akan dipublikasikan dan bersumber dari satu pihak sehingga informasi yang publik / customer terima memang benar adanya dan publik tidak binggung dengan informasi yang diberikan.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Strategi Public Relations Dalam Maintain Customer Relationship Apartment Solo Paragon
  2. Public Relations Eksternal dan Citra Perusahaan (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Pelaksanaan Kegiatan Public Relations Eksternal di Pusat Grosir Solo Dalam Rangka Menciptakan Citra Perusahaan)
  3. Laporan Kuliah Kerja Media Mekanisme Kerja Media Planner di PT. Srengenge Cipta
  4. Perancangan Komunikasi Periklanan Oleh Departemen Kreatif PT BINTANG PRATAMA
  5. Aktivitas Kerja Public Relations Officer dalam Perusahaan Perhotelan

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?