HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Peran Customer Relations Food dan Beverage Di Grand Orchid Hotel Solo

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang

Hotel adalah usaha pariwisata dan juga dapat dikatakan sebagai usaha akomodasi yang bersifat komersial dengan menyediakan fasilitas-fasilitas seperti, kamar tamu, makanan dan minuman tamu, pelayanan-pelayanan antara lain taman rekreasi, fasilitas olah raga, hiburan, dsb. (Agustinus Darsono , 1995 : 3).

Menurut SK.MENPARPOSTEL NO.KM 37/PW.340/MPPT 1986, hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh ruangan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa umum yang dikelola secara komersial. (Aan Surachlan Dimyati, 1986 : 30).

Sedangkan menurut (Kodhyat, Ramaini, 1992 : 8), bahwa hotel adalah perusahaan yang menyediakan jasa-jasa dalam bentuk akomodasi (penginapan) serta menyajikan fasilitas dan hidangan lainnya dalam hotel untuk umum,memenuhi syarat-syarat comfort dan bertujuan komersial.

Dari pengertian-pengertian di atas dapat dikatakan bahwa hotel merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelayanan penginapan serta fasilitas makan dan minum dan fasilitas lainnya yang dikelola secara komersial dan disediakan untuk umum. Saat ini Perkonomian di Indonesia berkembang begitu cepat. Perdagangan dan industri juga sudah mulai memasuki era perdagangan bebas yang mengakibatkan munculnya persaingan-persaingan bisnis yang semakin kompetitif. Seiring dengan perkembangan tersebut, bidang perhotelan khususnya juga mengalami perubahan yang pesat. Pertumbuhan tersebut tidak hanya dari segi kuantitas yang bisa di lihat dari banyaknya hotel-hotel baru, tapi juga dari segi kualitas yang ditandai dengan munculnya persaingan para pengusaha hotel untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya. Cara-cara yang dilakukannya pun beragam, salah satunya adalah dengan penjualan dan promosi terhadap fasilitas dan produk yang di hasilkan kepada pengunjung hotel tersebut. Dengan terpenuhinya tujuan pokok tersebut suatu perusahaan penginapan pun dapat berjalan lancar, dan dapat terus hidup dan berkembang.

Keberhasilan suatu Hotel pada umumnya diukur dari banyaknya tamu yang berkunjung dan kenyamanan mereka dengan fasilitas dan pelayanan yang ada. Sama halnya dengan Grand Orchid Hotel Solo dan usahanya dalam menarik minat masyarakat yang akan menginap di Grand Orchid Hotel Solo baik tamu Domestik maupun tamu asing. Salah satu usahanya adalah dengan memberikan promosi dan kenyamanan bagi masyarakat, tamu dan pelanggan untuk itu jelas dibutuhkan jaringan kerja yang terkoordinasi dan terprogam sehingga produktivitas dan tujuan dapat dengan mudah di capai.

Salah satu departemen yang ada di Grand Orchid Hotel Solo adalah Food & beverage Department yang juga bisa dikatakan sebagai ujung tombak perusahaan. Kegiatan utama Food & Beverage Department adalah melayani, menjual, dan mempromosikan produk yang ada di Grand Orchid Hotel Solo kepada pelanggan dan para tamu. Kemudian yang menjadi tugas team Food &Beverage department yaitu menjalin hubungan baik dengan tamu dan pelanggan pada umumnya, sehingga mereka tertarik dan betah menginap di Grand Orchid Hotel Solo. Jadi banyaknya tamu yang menginap juga tidak lepas dari peran Food & Beverage Department. Team food & beverage department di grand Orchid Hotel Solo terbagi dalam beberapa bagian. Dan salah satunya adalah Captain atau Customer Relations. Tugas dari seorang Captain atau Customer Relations meliputi guest contact, handling Complaint, take order, promotion product, dan lain lain. Captain atau Customer Relations sangat berperan untuk kelancaran kegiatan Food & Beverage Department dalam melayani dan memenuhi kebutuhan tamu atau pelanggan. Berdasarkan alasan-alasan di atas, maka dalam penulisan Tugas Akhir ini, Penulis memilih Judul “PERAN CUSTOMER RELATIONS FOOD & BEVERAGE DI GRAND ORCHID HOTEL SOLO”.

Incoming search terms:

Leave a Reply