HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Media Relations dan Customer Relations PT. INDOSIAR VISUAL MANDIRI

Judul Tesis : Media Relations dan Customer Relations PT. INDOSIAR VISUAL MANDIRI

 

A. Latar Belakang

Perkembangan media baik cetak maupun elektronik sudah semakin pesat. Hal ini diiringi dengan makin banyaknya kebutuhan masyarakat akan hiburan maupun informasi. Namun, media berupa televisi masih lebih banyak diminati daripada media yang lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, PT INDOSIAR VISUAL MANDIRI (Indosiar) berusaha memberikan suguhan yang dikemas secara menarik di tengah masyarakat sejak 7 Desember 1994.

Hadirnya Indosiar membawa suasana baru dan semakin ketatnya persaingan dunia pertelevisian. Maka dari itu, Indosiar berusaha menyajikan tayangan – tayangan hiburan maupun berita yang memiliki serangkaian terobosan terbaru di bidang pertelevisian.

 

B. Tujuan Umum

  1. Untuk memenuhi syarat kelulusan D3 Public Relations Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  2. Untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan oleh penulis selama mengikuti perkuliahan.

 

C. Landasan Teori

Definisi Humas

Terdapat begitu banyak definisi tentang humas, namun pada intinya humas atau PR senantiasa berkenaan dengan kegiatan penciptaan pemahaman melalui pengetahuan dan melalui kegiatan – kegiatan yang diharapkan dapat memunculkan suatu dampak, yakni berupa perubahan yang positif. Dengan demikian PR adalah suatu bentuk komunikasi yang berlaku terhadap semua jenis organisasi, baik yang bersifat komersial maupun non komersial, di sektor publik ( pemerintah ) maupun privat ( swasta ).

Corporate Secretary

Selain PR, dalam sebuah perusahaan public yang bersifat terbuka, ada satu kelembagaan yang disebut sebagai Corporate Secretary yang berfungsi sebagai communicator atau mediator, pengatur arus informasi antara perusahaan/ Emiten dan investor/ nasabahnya. Dan kemampuan pokoknya lebih mengarah kepada Public Relations Manager.

Media Relations

PR yang cerdas adalah PR yang mempunyai perencanaan yang matang dan jitu. PR itu membangun image positif ke masyarakat, tentu PR itu tidak boleh bohong. Sebab sekali berbohong, PR tidak akan lagi dipercaya oleh publik. Sedangkan PR modern adalah PR yang mampu memanfaatkan media, karena saat ini kita hidup dengan media. Apa yang sudah kita bangun dengan baik bisa runtuh cepat karena perantaraan media. Tetapi, dengan perantaraan media pula persepsi positif perusahaan bisa terbentuk. Maka, menghindari media adalah kematian. Inilah yang disebut dengan ‘media relations’, sedangkan media itu sendiri erat kaitannya dengan pers. ( Nurudin, 2004:5 )

 

D. Kesimpulan

Banyaknya media yang masih bekerjasama dengan Indosiar

  1. Indosiar memiliki rating yang tinggi di antara stasiun televisi lainnya
  2. Banyaknya masyarakat/ pelajar yang antusias ingin mengunjungi Indosiar
  3. Komentar masyarakat yang positif mengenai Indosiar.

 

E. Saran Tesis

  1. Menekankan agar pegawai kehumasan datang tepat waktu, tidak sering terlambat.
  2. Lebih cepat dalam menyambut peserta kunjungan, jangan mengulur waktu.
  3. Saat menerima telepon lebih ramah lagi.
  4. Program acara lebih variatif, jangan terlalu monoton.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Program Musik Televisi dan Kesenjangan Kepuasan Penonton (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Kesenjangan Kepuasan Dalam Menonton Program Musik Inbox di SCTV dan Dahsyat di RCTI Dikalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS Angkatan 2005-2007)
  2. Media Relations DAN Customer Relations Pt. Indosiar Visual Mandiri
  3. Peranan Customer Relation dalam Video Production
  4. Laporan Kuliah Kerja Media Halo Surakarta Dan Citra Pt Telkom
  5. Peran Pr Inna Garuda dalam Menjalin Kerjasama Dengan Pers ( Media Massa )

 

Incoming search terms:

Leave a Reply