HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Public Relations Eksternal dan Citra Perusahaan

Judul Tesis : Public Relations Eksternal dan Citra Perusahaan (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Pelaksanaan Kegiatan Public Relations Eksternal di Pusat Grosir Solo dalam Rangka Menciptakan Citra Perusahaan)

 

A. Latar Belakang

Kini PR sebagai salah satu sub ilmu komunikasi mulai banyak dilirik dan dirasakan pentingnya PR dalam era kompetisi ini. Perusahaan besar sudah mulai giat untuk mengoptimalisasikan peran PR untuk meningkatkan citra perusahaan dan mendongkrak pendapatan. Disadari bahwa iklan yang mempunyai cost productions lebih mahal kurang mampu memberikan feedback seperti yang diinginkan maka dengan PR diharapkan dapat memberikan Unit Selling Point yang lebih. Berbeda dengan iklan yang hanya memamerkan hasil produk atau perusahaan dan terkesan memaksa, PR hadir dengan memberikan pelayanan dan mencari apa yang dinginkan dari semua publiknya baik dari internal maupun eksternal perusahaan.

Kebijaksanaan PR harus dibuat sesuai dengan kebutuhan publiknya. Kinerja PR akan membentuk persepsi yang kemudian akan menimbulkan opini publik. Opini publik yang negatif akan berdampak buruk bagi kelangsungan perusahaan namun sebaliknya opini publik yang positif mampu meningkatkan citra perusahaan. Bila citra perusahaan sudah baik maka akan timbul loyalitas terhadap perusahaan meskipun kompetisi antar perusahaan terus berlangsung.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana Pelaksanaan Kegiatan Public Relations Eksternal di Pusat Grosir Solo Dalam Rangka Menciptakan Citra Perusahaan Tahun 2007?

 

C. Kerangka Konsep

Tinjauan mengenai Public Relations Eksternal

Peran PR dimasa kini sangat penting. PR merupakan suatu kegiatan dengan sasaran sebagai pendukung fungsi manajemen perusahaan. Rosady Ruslan mengungkapkan salah satunya yaitu: “Building corporate identity and image”, menciptakan identitas dan citra perusahaan yang positif dan mendukung kegiatan komunikasi timbal balik dua arah dengan berbagai pihak (Rosady, 2002).

Tinjauan mengenai Citra Perusahaan

Citra perusahaan adalah citra suatu organisasi secara keseluruhan, bukan hanya citra atas produk dan pelayanannya saja14. Citra perusahaan ini terbentuk oleh banyak hal. Hal-hal positif yang mampu meningkatkan citra suatu perusahaan antara lain: perusahaan yang gemilang, program kerja yang berkesinambungan, keberhasilan event yang pernah diselanggarakan, memiliki hubungan baik dengan publiknya.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif.

Dalam hal ini penelitian tidak untuk mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi tetapi hanya menjelaskan fakta yang terjadi di lapangan.

Teknik penarikan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan).

Sampel penelitian diambil dari 5 orang yang mewakili divisi yang pengelola Pusat Grosir Solo (divisi promosi, divisi tenant consultant, divisi marketing, divisi PR, customer service) dan 6 orang yang mewakili publik eksternal yaitu 3 orang Customary public (tenant), 2 orang Consumer public (pengunjung atau pembeli) dan 1 orang perss public (wartawan).

 

E. Kesimpulan Tesis

Pelaksanaan Public Relations eksternal di Pusat Grosir Solo dilakukan oleh dua divisi yaitu: divisi Promosi untuk melayani pengunjung dan wartawan serta divisi Tenant Consultan untuk melayani tenant (penyewa kios). Hal ini sebagai usaha untuk benar-benar memberikan pelayanan terbaik untuk publik eksternalnya. Walaupun nama divisi berbeda pada dasarnya kegiatannya hampir sama yang berbeda hanya publik eksternal yang dihadapi.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Strategi Public Relations Dalam Maintain Customer Relationship Apartment Solo Paragon
  2. Public Relations Eksternal dan Citra Perusahaan (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Pelaksanaan Kegiatan Public Relations Eksternal di Pusat Grosir Solo Dalam Rangka Menciptakan Citra Perusahaan)
  3. Laporan Kuliah Kerja Media Mekanisme Kerja Media Planner di PT. Srengenge Cipta
  4. Perancangan Komunikasi Periklanan Oleh Departemen Kreatif PT BINTANG PRATAMA
  5. Aktivitas Kerja Public Relations Officer dalam Perusahaan Perhotelan

 

Leave a Reply