HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Aktivitas Kerja Public Relations Officer dlm Perusahaan Perhotelan

Judul Tesis : Aktivitas Kerja Public Relations Officer dalam Perusahaan Perhotelan (Studi Diskriptif Kualitatif Aktivitas Kerja Public Relations Officer di Kusuma Sahid Prince Hotel, Surakarta)

 

A. Latar Belakang

Dalam meningkatkan bidang kepariwisataan, Indonesia bergabung dalam World Tourism Organization (WTO) yang diwakili oleh Direktorat Jenderal Pariwisata menjadi anggotanya sejak tahun 1972.(Suwantoro, 2004: 62). Seiring dengan majunya laju pariwisata, diperlukan juga unsur akomodasi seperti usaha perhotelan, restoran dan penyelenggaraan paket wisata. Pada tahun 2008, tercatat sebanyak 77,62% tamu mancanegara tinggal di hotel selama mereka berada di Indonesia, sementara pengunjung lainnya sebesar 18 ,75 % memilih tinggal di akomodasi lainnya dan 3,63 % tinggal di rumah teman.(BPS, 2008: 7). Kota Surakarta atau lebih dikenal dengan kota Solo dengan slogannya “Spirit of Java” yang sesuai konsep heritage, di mana Kota Solo mengangkat kembali kebudayaan tradisional sebagai aset daerah seperti cagar budaya dan kesenian daerah. Kunjungan wisatawan asing ke Kota Solo tahun 2008 sudah menunjukkan peningkatan hingga 10% dari kunjungan wisata asing tahun 2007.

Peningkatan ini dipicu dengan banyaknya event besar yang diselenggarakan di Kota Solo seperti pada tahun 2008 yaitu Grebeg Sudiro, City walk Art Festival, SIEM Festival and Education dan WHCCE. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Solo,Bambang Nugraha mengemukakan jumlah wisatawan asing yang masuk ke kota Solo, menunjukkan angka kunjungan tahun 2008 jauh lebih tinggi dari tahun 2007. Angka rata- rata kunjungan wisata asing perbulan sudah meningkat 10% dari 1.583 orang perbulan sampai 1.754 orang perbulan. (Solopos, Desember 2008: 1).

 

B. Perumusan Masalah

Apa saja aktivitas kerja Public Relations Officer di Kusuma Sahid Prince Hotel , Surakarta?

 

C. Landasan Teori

Fungsi Public Relations

Berdasarkan visi dan misi serta filosofi KSPH diharapkan segala kegiatan perusahaan dapat dikerjakan dengan baik dan penuh tanggung jawab, Kegiatan Public Relations berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan yang dinaunginya. Keberhasilan suatu perusahaan tidak lepas dari aktivitas Public relations yang merancang program- program serta strategi yang digunakan oleh Public Relations Officer sendiri.

Public Affairs

Public Affairs adalah kegiatan bidang khusus Public Relations yang membangun dan mempertahankan hubungan dengan Pemerintah dan komunitas local agar dapat mempengaruhi kebijakan Publik.(Morrison, 2008: 24). Ada dua pihak yang menjadi perhatian dalam kegiatan Public Affairs yaitu Pemerintah dan masyarakat lokal. Seorang Public Relations harus mampu menjaga hubungan yang baik dengan Pemerintah baik Pusat maupun daerah serta masyarakat sekitar hotel.

Manajemen Isu

Merupakan upaya perusahaan untuk melihat kecenderungan isu atau opini publik yang muncul di tengah masyarakat dalam upaya perusahaan untuk memberikan tanggapan atau respon sebaik baiknya.Tanggapan yang baik diperlukan agar isu atau opini publik itu tidak berkembang secara negatif sehingga merugikan perusahaan atau agar isu itu tidak berkembang menjadi konflik yang tidak diinginkan.

 

D. Metode Penelitian

Dalam penelitian ini Penulis meneliti tentang diskripsi atau gambaran aktivitas kerja seorang Public Relations Officer Kusuma Sahid Prince Hotel dalam periode bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2009 dikarenakan banyak digelar event special di Bulan tersebut.

Proses penelitian dilakukan dengan teknik snow ball Sampling yaitu mencari sampling yang secara langsung berhubungan dengan obyek penelitian dan dengan metode diskriptif kualitatif, dimana tujuan pokok dari penelitian ini adalah menerangkan, mengungkapkan dan menggambarkan fenomena dalam hal ini aktivitas kerja seorang Public Relations Officer dalam mendukung kemajuan perusahaan KSPH.

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan pihak- pihak terkait seputar Public Relations KSPH serta studi pustaka untuk memperoleh teori dan observasi untuk melihat kenyataan langsung di lapangan.

 

E. Kesimpulan

  1. Di dalam suatu perusahaan besar khususnya perhotelan seperti Kusuma Sahid Prince Hotel Solo mempunyai seorang Public Relations Officer yang kedudukannya di bawah Sales and marketing manager, dimana PRO tersebut sebagai orang yang ditunjuk oleh general manager untuk melakukan tugasnya dalam upaya sebagai “penyambung lidah” melalui komunikasi yang baik yaitu public intern antara karyawan Kusuma Sahid Prince Hotel dan public ekstern antara pihak hotel dengan para customernya.
  2. Seorang Public Relations officer bukan hanya mengetahui ilmu mengenai komunikasi saja melainkan ia merupakan seseorang yang mempunyai keahlian dalam mengembangkan kreativitas atau inovasi ide- ide dalam memajukan perusahaan dalam hal ini kreativitas mengkoordinir suatu event dan special promo sehingga menarik banyak minat customer serta ia harus memiliki kemampuan “ menjual “ produk hotel atau menarik perhatian customer untuk memakai produk tersebut.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Strategi Public Relations Dalam Maintain Customer Relationship Apartment Solo Paragon
  2. Public Relations Eksternal dan Citra Perusahaan (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Pelaksanaan Kegiatan Public Relations Eksternal di Pusat Grosir Solo Dalam Rangka Menciptakan Citra Perusahaan)
  3. Laporan Kuliah Kerja Media Mekanisme Kerja Media Planner di PT. Srengenge Cipta
  4. Perancangan Komunikasi Periklanan oleh Departemen Kreatif PT BINTANG PRATAMA
  5. Aktivitas Kerja Public Relations Officer dalam Perusahaan Perhotelan

 

Leave a Reply