HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Peran Public Relations dlm Meningkatkan Penjualan, Mutu & Citra Produk

Judul Tesis : Peran Public Relations dalam Meningkatkan Penjualan, Mutu dan Citra Produk di PT. Coca-Cola Botling Indonesia Central Java

 

A. Latar Belakang

Didalam suatu perusahaan, terdapat banyak sekali masalah yang dapat mengganggu eksistensi perusahaan. Masalah yang penting yang sering dihadapi oleh lembaga-lembaga ekonomi maupun bisnis atau yang sering disebut sebagai perusahaan itu adalah masalah hubungan (Relationship). Hubungan/ Relationship itu menjadi permasalahan karena banyak orang-orang dari perusahaan itu sering kebingungan dalam membina suatu hubungan. Bagaimana membangun dan mengembangkan hubungan-hubungan yang baik antara berbagai perusahaan, pemerintah, maupun masyarakat atau publik demi tercapainya tujuan dari perusahaan. Karena itu, untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh perusahaan tersebut, peran Public Relations sangat diperlukan sekali.

Public Relations/ humas mempunyai peranan penting dalam membina hubungan yang harmonis antara perusahaan/ lembaga dengan publik (eksternal perusahaan), serta dengan karyawan di perusahaan itu sendiri (internal perusahaan ). Public Relations di suatu perusahaan dibagi menjadi 2, yaitu PR eksternal dan PR internal. Public Relations eksternal mempunyai aktivitas dalam terciptanya images positif diantara eksternal stakeholder. Contoh aktivitas yang dilakukan PR eksternal ini misalnya melakukan Pers Conference, merancang program anjangsana dalam berbagai bentuk dengan pemerintah, perusahaan lain, pesaing, masyarakat atau komunitas, community relations, sponshorship, event organizer, beasiswa dsb.

 

B. Tujuan

  1. Menerapkan teori-teori pada saat perkuliahan ke dalam praktek di dunia kerja.
  2. Mengetahui bagaimana perbedaan peran, fungsi dan tugas dari Public Relations di perusahaan dengan Public Relations di dalam Pemerintahan.
  3. Mengetahui peran Public Relations dalam dunia kerja, khususnya di PT. CCBI-CJ.

 

C. Landasan Teori

Definisi Public Relations

Sampai sekarang ini, masyarakat masih belum memahami apa itu yang dimaksut Public Relations (humas). Yang mereka tahu, PR itu suatu profesi yang asal menarik, seorang Public Figure atau yang lain. Public Relations sebagai suatu disiplin ilmu berkembang sudah sangat lama, sehingga banyak sekali sumbangan pemikiran dari pakar untuk semakin mementapkan posisi PR Sebagai telaah dan kajian berbagai fenomena yang ada. Konsekwensi dari keterlibatan para ahli dari berbagai disiplin ilmu, menyebabkan konsep dan pengertian PR sangat beragam. Dilihat dari pengertian (definisi) tentang PR saja ada lebih dai seratus definisi. Meskipun beragam dan banyaknya pengertian yang dikemukakan para ahli di dalam nya, masih nampak ada benang merah berkenaan dengan konsep dan prinsip- prinsip umum tentang PR.

Definisi Citra

Citra adalah pengetahuan mengenai tentang kita dan sikap terhadap kita yang mempunyai kelompok-kelompok dalam lingkungan yang berbeda. (Rosady Ruslan, Etika Kehumasan Konsepsi dan Aplikasi, 2001 :68)

 

Hubungan Public Relations dengan Merek

Merek sebenarnya merupakan sesuatu hal yang sering sekali didengar, bahkan dilihat setiap hari. Merek atau bahasa asing nya brand adalah sesuatu yang diciptakan oleh pemilik perusahaan/ siapapun yang ingin membangun mereknya. Baik itu dengan memepermainkan warna, tulisan/ lambang. Menurut Widodo muktiyo dalam bukunya membangun usaha dengan kekuatan images (2006:53) merek juga merupakan sesuatu untuk mempermudah perusahaan dalam memperkenalkan produk atau jasanya, karena secara tidak langsung, merek juga berperan sebagai jembatan komunikasi antara stakeholder dengan konsumennya.

 

D. Kesimpulan

  1. Penulis dapat mengetahui peran dan fungsi Public Relations dalam perusahaan.
    1. Peran dari Public Relations itu adalah mensupport tujuan dari perusahaan dengan cara menerapkan strategi-strategi Public Relations yang sudah ada.
    2. Fungsi Public Relations harus bisa membina hubungan baik dengan customer, perusahaan lain, masyarakat sekitar, pemerintah, karyawan, dsb agar semua kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Public Relations mendapat respon yang baik dari mereka.
  2. Penulis dapat mengetahui bagaimana peran Public Relations dalam meningkatkatkan penjualan, mutu, dan citra produk
    1. Untuk mendukung peningkatan penjualan, mutu, serta citra produk, Public Relations bekerjasama dengan divisi lain, dan terutama dengan marketing.
    2. Public Relations dan marketing asumsinya adalah bahwa kedua fungsi itu merupakan konsep dan metodologi yang sama-sama semakin mengarah kepada satu titik temu.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Peran Public Relations dalam Meningkatkan Penjualan, Mutu dan Citra Produk di PT. Coca-Cola Botling Indonesia Central Java
  2. Kegiatan Marketing Communication PT. INDOSAT, Tbk Surabaya dalam Mensosialisasikan
  3. Peran Kegiatan Media Kliping Bagi Public Relation PT. TELKOM KANDATEL Yogyakarta
  4. Image Building UNS-SOLO (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Peranan Humas Universitas Sebelas Maret dalam Membangun Citra Positif Universitas)
  5. Freelance dan Pola Komunikasi (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Freelance dalam Memasarkan Produk LKS di CV. GRAHADI Surakarta)
Incoming search terms:

Leave a Reply