HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Tata Kelola Eksternal Public Relation dlm Meningkatkan Citra

Judul Skripsi : Tata Kelola Eksternal Public Relation dalam Meningkatkan Citra PT.Telkom Divisi Regional IV Jateng & DIY

 

A. Latar Belakang

PT.Telkom memberikan respon positif terhadap kondisi persaingan di dunia bisnis telekomunikasi dengan berusaha terus memberikan layanan yang terbaik melalui peningkatan operasional, pembenahan sturktur organisasi, modernisasi infrastrutur dan aplikasi IT, Penggelaran jaringan CDMA berbagai basis layanan Telkom Flexi sampai di pelosok seluruh Indonesia.

Adapun peran Public Relation sebagai alat komunikasi untuk memberitahukan, menjelaskan, mempertahankan dan mempromosikan kebijakannya dengan maksud untuk memberi pengertian dan mendapatkan penerimaan yang baik dari publik. Perusahaan harus menyadari bahwa tanpa konsumen, kesempatan bisnis akan hilang, sebagaimana juga pada PT.Telkom, tanpa pelanggan perusahaan tidak ada artinya. Pelanggan merupakan salah satu hal terpenting bagi suatu perusahaan komunikasi untuk menyangga kelangsungan hidup perusahaan tersebut dan strategi Public Relation yang tepat dapat diandalkan untuk mendukung kegiatan marketing dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah pelanggan. Pentingnya peran dalam bidang penyediaan pelayanan komunikasi membutuhkan suatu bagian khusus yang mengurusi masalah antara perusahaan dengan pelanggan.

Pentingnya peran Public Relation dalam menjalin dan membina hubungan baik antara perusahaan dengan publik serta media massa ( eksternal ) terutama dalam mempublikasikan kegiatan-kegiatan positif yang ada di PT.Telkom Divre IV untuk membangun dan mempertahankan corporate image agar nama perusahaan tetap baik sehingga citra perusahaan tetap stabil.

 

B. Rumusan Masalah

Tata Kelola Eksternal Public Relation Dalam Meningkatkan Citra PT.Telkom Divisi Regional IV Jateng & DIY

 

C. Landasan Teori

Komunikasi

Pernyataan komunikasi berasal dari bahasa latin communicatio, yang menurut Kamus Latin- Indonesia karya Drs.K.Prent C.M, Drs.J.Adisubrata dan W.J.S.Poerwadarminta berarti ”pemberitahuan”. Perkataan communication tersebut bersumber pada communis yang berarti ”sama”, yang arinya ”sama arti” atau ”sama makna”.

Public Relation

Public Relation merupakan fungsi manajemen yang membantu menciptakan dan saling memelihara alur komunikasi, pengertian, dukungan serta kerjasama suatu organisasi/perusahaan dengan publiknya dan ikut terlibat dalam menangani masalah-masalah atau isu-isu manajemen. Public Relation membantu manajemen dalam menyampaikan informasi dan tanggap terhadap opini publik. Public Relation secara efektif membantu manajemen memantau berbagai perubahan (Seitel,1992:8).

 

Citra Perusahaan

Citra menurut Bill Canton dalam Sukatendel (1990) adalah kesan, perasaan,gambaran diri publik terhadap perusahaan, kesan yang dengan sengaja diciptakan dari suatu obyek orang atau organisasi yang artinya citra itu dengan sengaja perlu diciptakan agar bernilai positif. Citra itu sendiri merupakan salah satu aset terpenting sari suatu perusahaan atau organisasi/Favourable Opinion. (Soleh Soemirat&Elvinaro A, 2004 :111)

 

D. Deskripsi Lembaga

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (TELKOM) merupakan perusahaan penyelenggara informasi dan telekomunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap yang terbesar di Indonesia.

Divisi Regional IV Jateng dan DIY merupakan salah satu unit bisnis PT. TELKOM yang menemban tugas menyelenggarakan jasa informasi dan komunikasi (InfoCom) di wilayah propinsi Jawa Tengah dan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang terbagi atas 5 kantor daerah Pelayanan Telekomunikasi (Kandatel). Sedangkan luas pelayanannya sekitar 35.731 km persegi dengan densitas telepon 2,39 per 100 penduduk pada tahun 2004.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berada di bawah naungan Department Komunikasi dan Informasi yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa Telekomunikasi untuk umum dalam negri. Keikhlasan dan kejujuran adalah inti dari pelayanan yang paling dinantikan oleh setiap pelanggan dan pengguna jasa infokom (informasi dan komunikasi). Credo TELKOM Commited 2 U meneguhkan semangat pelayanan TELKOM untuk memberikan layanan dan produk yang terbaik kepada masyarakat.

 

E. Kesimpulan Skripsi 

Kegiatan Kuliah Kerja Media 2009 yang telah dilakukan oleh penulis di salah satu perusahaan BUMN Indonesia di PT.TELKOM Divisi Regional IV Jateng & DIY Semarang telah memberikan gambaran dan bukti nyata bahwa tujuan dari Kuliah Kerja Media Media oleh Universitas Sebelas Maret Serakarta (UNS) sangatlah penting bagi kemajuan mahasiswa. Tujuan dilakukan Kuliah Kerja Media adalah untuk mengaplikasikan teori-teori yang telah didapatkan selama mengikuti proses perkuliahan dan mempraktekkannya dalam praktek kerja. Penulis telah melaksanakan Kuliah Kerja Media 2009 di PT.Telkom Divisi Regional IV Jateng & DIY Semarang selama kurang lebih satu bulan dan penulis dihadapkan pada pelatihan praktek nyata praktisi Publik Relation di suatu perusahaan. Disitu penulis mengaplikasikan teori-teori yang penulis dapatkan selama menempuh kuliah di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dan penulis membuktikan bahawa teori-teori yan diberikan selama kuliah kepada mahasiswa sangatlah besar, penting dan dibutuhkan sekali dalam Kuliah Kerja Media, Tujuan paling penting dari Kuliah Kerja Media adalah membentuk mahasiswa menjadi tenaga kerja yang handal, terampil, kreatif dan siap kerja yang dibutuhkan oleh setiap instansi atau perusahaan untuk menghadapi persaingan di dunia kerja mendatang.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Mal Layout Koran Pada Harian Umum
  2. Tata Kelola Eksternal Public Relation dalam Meningkatkan Citra PT. Telkom Divisi Regional IV Jateng & Diy
  3. Membangun Image PT. Telkom Divisi Regional V Jawa Timur Melalui Sinergi Public Relations dan Marketing Communication
  4. Proses Kerja Desain Layout PT. Dian Mentari Pratama Communications
  5. Strategi Marketing Communication dalam Merespon Dinamika Kebutuhan Pelanggan, Pengiklan dan Mitra Kerja

 

Leave a Reply