HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Proses Keputusan Inovasi Program Buku Sekolah Elektronik

Judul Tesis : Proses Keputusan Inovasi Program Buku Sekolah Elektronik (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Keputusan Inovasi Program Buku Sekolah Elektronik di Kalangan Guru SMA Negeri 4 Surakarta)

 

A. Latar Belakang

Pemanfaatan TIK khususnya internet, kini mulai dimanfaatkan juga dalam menjalankan aktivitas pendidikan. Dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional berperan sebagai pihak yang memanfaatkan internet untuk melakukan aktivitas pendidikan. Tentunya dengan berbagai kemudahan dan kecanggihan yang dimiliki oleh internet diharapkan program Depdiknas dapat berjalan dengan baik dan efisien.

Sistem pendidikan Indonesia tidak akan pernah terlepas dari persoalan pengadaan media pelajaran seperti buku yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. Karena hingga saat ini buku yang merupakan syarat utama dalam proses belajar mengajar dirasa seringkali menjadi kendala bagi masyarakat untuk dapat memilikinya. Setiap tahun ajaran baru, seorang siswa harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak bahkan hingga ratusan ribu rupiah untuk membeli buku pelajaran baru. Ini menjadi satu catatan penting mengapa pendidikan terasa semakin mahal bagi rakyat kecil. Sedangkan di sisi lain dalam menghadapi era pemberantasan kebodohan ini, masalah perbukuan menjadi satu hal yang penting dalam mewujudkan standar nasional pendidikan di Indonesia.

 

B. Rumusan Masalah Tesis 

Bagaimana proses keputusan inovasi yang meliputi tahapan pengenalan, persuasi, keputusan dan konfirmasi terhadap program Buku Sekolah Elektronik di kalangan guru SMA Negeri 4 Surakarta?

 

C. Landasan Teori

Definisi Komunikasi

Carl. I. Hovland memformulasikan komunikasi sebagai suatu sistem yang berusaha menyusun prinsip-prinsip dalam bentuk yang tepat mengenai hal memindahkan penerangan dan membentuk pendapat serta sikap-sikap.7 Science of communication is a systematic attempt to formulate in rigirious fashion the principles by which information in transmitted and opinions and attitudesformed.

Difusi Inovasi

Komunikasi memiliki peranan penting dalam proses difusi inovasi menuju perubahan sosial sesuai dengan yang dikehendaki. Rogers dan Shoemaker menegaskan bahwa difusi inovasi merupakan tipe komunikasi khusus, yaitu mengkomunikasikan inovasi. Difusi merupakan proses dimana inovasi tersebar kepada anggota suatu sistem sosial. Pengkajian difusi adalah telaah tentang pesanpesan yang berupa gagasan baru, sedangkan pengkajian komunikasi meliputi telaah terhadap semua bentuk pesan (Abdillah, 1987).

 

Proses Keputusan Inovasi

Penerimaan atau penolakan suatu inovasi adalah keputusan yang dibuat oleh seseorang. Jika ia menerima (mengadopsi) inovasi, dia mulai menggunakan ide baru itu, praktek baru atau barang baru itu dan menghentikan penggunaan ide-ide yang digantikan oleh inovasi itu. Adapun definisi dari proses keputusan inovasi adalah : Proses mental sejak seseorang mengetahui adanya inovasi sampai mengambil keputusan untuk menerima atau menolaknya dan kemudian mengukuhkannya (Kencana, 2007).

 

E. Kesimpulan

  1. Keuntungan Relatif
  • Untuk memperoleh BSE diperlukan biaya yang cukup banyak sejak mengakses, mendownload hingga mencetak. Sehingga siswa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk memperoleh BSE.
  • Guru menilai bahwa BSE dapat diterapkan bila didukung guru dan siswa dapat mengaksesnya secara bersama-sama. Karena apabila guru menugaskan murid untuk mencarinya sendiri maka selain akan memberatkan siswa dari segi biaya juga akan diperlukan waktu yang lama agar semua siswa memilik buku pelajaran dari situs BSE tersebut.
  1. Kompatibilitas
  • Para guru menilai buku pelajaran yang diperoleh dari penerbit lebih kompatibel dari BSE karena lebih mudah diperoleh. Menurut guru dalam pelaksanaanya lebih mudah diterapkan program buku murah yang langsung diberikan kepada siswa yang benar-benar gratis. Karena untuk menerapkan BSE pihak sekolah juga harus mengeluarkan biaya. Selain itu siswa juga harus mengeluarkan biaya yang tidak murah untuk memperoleh BSE.
  • Sebagai alternatif dalam penyediaan akses buku, BSE sudah cukup menjawab kebutuhan.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Tugas dan Peran Bidang Humas di Badan Informasi dan Komunikasi Pemerintah Kota Surakarta
  2. Proses Produksi Berita di PT. Radio Karavan FM Surakarta
  3. Mekanisme Kerja Divisi Grafis Surat Kabar pada PT. Suara Merdeka Perss Kantor Cabang Surakarta
  4. Media Desain Komunikasi Visual sebagai Refleksi Nilai Sosial terhadap Masyarakat
  5. Analisis Pengaruh Pesan Iklan Rokok Sampoerna A Mild di Media Cetak Terhadap Efektifitas
  6. Proses Keputusan Inovasi Program Buku Sekolah
  7. News Sport Radio Asri Sragen Sebagai Berita Olahraga Aktual yang Disiarkan Selama 5 Menit
  8. Fotografi dalam Aplikasi Poster Sebagai Media Komunikasi tentang Masalah Pathologi Sosial di Surakarta
  9. Perancangan Komik Hyang dalam Menumbuhkan Apresiasi Generasi
  10. Citra Politisi Lokal dalam Iklan Politik {Analisis Wacana Citra Mardjoko}

 

Leave a Reply