HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Proses Pelaksanaan Program Acara “Dupen” atau Dunia Pendidikan

Judul Tesis : Proses Pelaksanaan Program Acara “Dupen” atau Dunia Pendidikan sebagai Salah Satu Bentuk Sajian Acara Feature

 

A. Latar Belakang

Pertelevisian Indonesia baru dimulai pada tahun 1960an, dimana terdapat satu stasiun televisi yang berpusat di Jakarta. Seluruh proses informasi yang terjadi dalam televisi Indonesia masih dalam kerangka stasiun televisi publik yaitu TVRI. Bersamaan dengan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi, maka muncullah beberapa stasiun televisi swasta dan televisi lokal yang ikut serta meramaikan dunia pertelevisian di Indonesia.

Pada posisi ini, televisi lokal mempunyai peluang membawa nilainilai luhur budaya daerah, dengan mengangkat budaya dan kearifan lokal (local genius) yang hidup dan berkembang di masyarakat. Di sana akan terjadi proses pembelajaran dan penanaman nilai-nilai positif budaya lokal. Televisi lokal lah ujung harapan kita. Jika tidak ada orang yang memulai program televisi yang mengangkat budaya daerah, dikhawatirkan budaya itu akan makin luntur dan tidak dikenal generasi muda

 

B. Rumusan Masalah

  1. Mengetahui tentang seluk beluk penyiaran di JogjaTV.
  2. Mengenal sistem kerja lembaga penyiaran televisi, khususnya di JogjaTV.
  3. Menerapkan ilmu broadcasting yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan

 

C. Landasan Teori

Program Acara Televisi

Acara televisi atau program televisi merupakan acaraacara yang ditayangkan oleh stasiun televisi. Sebelum membentuk sebuah program acara, harus ditentukan format acara televisi tersebut terlebih dahulu. Agar dapat terbentuk sebuah program acara yang berkualitas dan dapat diterima di hati pemirsa.

Materi Produksi

Bagi seorang produser, materi produksi dapat berupa apa saja. Kejadian, pengalaman, hasil karya, benda, binatang, manusia merupakan bahan yang dapat diolah menjadi produksi yang bermutu. Bahan yang berada di hadapannya akan merangsang kepekaan kreativitasnya. Kemudian dengan segera produser melihat apakah semua bahan tersebut dapat dijadikan menjadi suatu program acara yang menarik.

Jenis Feature

Feature yang sering dimuat di media massa dapat dipilahpilah jenisnya. Pemilihan ini dilakukan para pakar dengan berdasarkan materi yang disajikan. Jenis-jenis feature tersebut sangat bermanfaat untuk memberikan wawasan kepada wartawan, betapa luasnya permasalahan yang bisa dijadikan feature. Jenis-jenis feature tersebut diuraikan menurut Ermanto adalah sebagai berikut.

  1. Feature human interest
  2. Feature sejarah
  3. Feature Perjalanan
  4. Feature Petunjuk melakukan sesuatu
  5. Feature Ilmiah

 

D. Saran

  1. Kepada lembaga pendidikan diharapkan untuk menyediakan fasilitas pendidikan yang disesuaikan dengan materi kuliah yang diberikan.
  2. Pengintensifan mata kuliah editing dengan praktek individu sehingga semua mahasiswa dapat menguasai editing.
  3. Memperbaiki dan menambah fasilitas yang diperlukan untuk program keahlian broadcasting terutama lab komputer sehingga dapat mendukung tercapainya proses belajar mengajar yang lebih baik .

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Sistem Kerja Biro Iklan Media Lini Bawah di PT. Cipta Warna Pesona (D’ Network)
  2. Strategi Promosi yang dilakukan Koran Jitu dalam Mencari dan Mempertahankan Klien
  3. Trend Mode Remaja dalam Iklan (Studi Analisis Semiotik tentang Trend Mode Remaja dalam Iklan-Iklan pada Majalah Gadis, Aneka Yess dan Cosmo Girl)
  4. Komunikasi Pemasaran “Telkomsel flash” (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Aktivitas Bauran)
  5. Perannan Public Relations dalam Pengelolaan Kesekretariatan PT. Telkom Kandatel Yogyakarta

 

Leave a Reply