HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Proses Desain Undangan, Spanduk & Umbul-umbul dlm Mensukseskan Event

Judul Tesis : Proses Desain Undangan, Spanduk dan Umbul-umbul dalam Mensukseskan Event “Peresmian Bandara Internasional Adi Soemarmo” pada PT. Aksara SOLOPOS (SOLOPro)

 

A. Latar Belakang

Dalam dunia modern seperti ini banyak sekali media yang bermunculan dan periklanan merupakan salah satu elemen yang tidak terlewatkan dalam setiap media yang digunakan masyarakat. Ketika kita membaca koran, iklan menempati kolom tertentu di surat kabar. Begitu juga disela-sela musik yang diputar di radio. Bahkan di jalan-jalan besar yang kita lewati juga dihiasi dengan iklan-iklan. Hal ini membuktikan eratnya dunia periklanan serta kehidupan manusia pada masa sekarang ini.

Secara garis besar kita dapat membedakan iklan menjadi dua yaitu iklan produk atau jasa yang bertujuan mengajak audience membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Kemudian ada juga yang disebut dengan iklan event, yang bertujuan mengajak audience menghadiri event yang diiklankan. Dimana event tersebut bisa berupa konser, talk show, seminar, fun bike ataupun sejenisnya yang diselenggarakan di waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

 

B. Tujuan Umum

  1. Menambah dan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan skill untuk memasuki dunia kerja
  2. Sebagai syarat untuk melengkapi kurikulum dalam program studi D3 Komunikasi Terapan UNS

 

C. Landasan Teori

Definisi Periklanan

Periklanan sudah lama digunakan sejak lama sebagai wahana untuk mengkomunikasikan kebutuhan membeli dan menjual produk barang dan jasa kepada masyarakat yang membutuhkannya. Tujuan utamanya adalah untuk mencari perhatian dari kalangan konsumen lewat media cetak, media elektronik maupun media luar ruang dan sebagainya untuk membeli sebanyak-banyaknya produk yang ia tawarkan.

Perbedaan Iklan Produk/Jasa dengan Iklan Event

Dalam bentuk lain iklan memiliki 2 perbedaan utama yaitu iklan produk/jasa dan iklan event. Iklan produk/jasa bertujuan untuk mengajak audience membeli produk/layanan jasa yang ditawarkan, sedangkan iklan event bertujuan untuk mengajak audience menghadiri acara/event yang ditawarkan.

Kreatifitas dalam Iklan

Kreatifitas yang tinggi merupakan kunci pokok dalam periklanan, orang awam mungkin tidak akan mengira bahwa “satu kata” bila dikemas dengan kalimat yang menarik ditambah dengan kreatifitas yang tinggi akan sanggup membuat pikiran seseorang tertarik dan bisa mempengaruhi untuk menggunakan produk atau jasa yang diiklankan.

 

D. Kesimpulan

  1. Sebagai media informasi, maksudnya memberi informasi kepada khalayak umum mengenai event peresmian bandara Internasional Adi Soemarmo seperti, waktu, tempat, dan tema acara.
  2. Sebagai media pembujuk, maksudnya adalah setelah khalayak mendapatkan informasi mendapatkan event peresmian bandara Internasional Adi Soemarmo, khalayak merasa tertarik dan terbujuk untuk ikut serta menyaksikan event tersebut.

 

E. Saran

  1. Sebagai event organizer sebaiknya SOLOPro memiliki printer sendiri, minimal bisa untuk mencetak warna ukuran A3. Sehingga dapat digunakan untuk menghemat biaya produksi untuk pembuatan proposal ataupun desain-desain lainnya.
  2. SOLOPro sebaiknya mengangkat karyawan sebagai desainer dan marketing tetap untuk kegiatan event, agar tugas-tugas yang diberikan manager dapat diorganising dengan baik.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Sistem Kerja Biro Iklan Media Lini Bawah di PT. Cipta Warna Pesona (D’ Network)
  2. Strategi Promosi yang dilakukan Koran Jitu dalam Mencari dan Mempertahankan Klien
  3. Trend Mode Remaja dalam Iklan (Studi Analisis Semiotik tentang Trend Mode Remaja dalam Iklan-Iklan pada Majalah Gadis, Aneka Yess dan Cosmo Girl)
  4. Komunikasi Pemasaran “Telkomsel flash” (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Aktivitas Bauran)
  5. Perannan Public Relations dalam Pengelolaan Kesekretariatan PT. Telkom Kandatel Yogyakarta

 

 

Leave a Reply