HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Promosi Museum Wayang Indonesia melalui Desain Komunikasi Visual

Judul Skripsi : Promosi Museum Wayang Indonesia Melalui Desain Komunikasi Visual di Kabupaten Wonogiri

 

A. Latar Belakang

Di Kabupaten Wonogiri tepatnya di Kecamatan Wuryantoro sekarang telah dibangun sebuah Museum Wayang Indonesia. Museum ini berguna sebagai tempat penyimpanan benda-benda cagar budaya yaitu wayang. Selain untuk menyimpan museum ini juga sebagai tempat wisata dan untuk mencari ilmu. Namun keberadaan museum ini masih belum diketahui dan jarang dikunjungi oleh masyarakat Wonogiri pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Sungguh ironis memang karena letak dari museum ini tepat di pinggir jalan raya. Penyebab situasi ini tidak bias disalahkan semua kepada masyarakat sekitar yang tidak mau mengunjungi dan memanfaatkan keberadaan museum wayang ini. Namun hal ini lebih disebabkan karena kurangnya promosi akan keberadaan museum tersebut.

Dari pengamatan yang dilakukan di lapangan, ternyata penyebab dari sepinya pengunjung ke museum tersebut lebih disebabkan oleh kurangnya media promosi tentang museum ini. Sehingga wajar apabila museum wayang Indonesia ini sepi dari pengunjung. Untuk itu agar masyarakat dapat lebih mengenal dan mau mengunjungi serta memanfaatkan keberadaan museum ini maka harus dicari cara bagaimana menghidupkan museum ini salah satu cara itu adalah dengan menambah daya tarik visual sebagai media promosinya. Berdasarkan latar belakang masalah yang ada, maka langkah awal dalam mempromosikan Museum Wayang Indonesia agar lebih dikenal oleh masyarakat luas adalah dengan membuat judul yaitu “Promosi Museum Wayang Indonesia Melalui Desain Komunikasi Visual di Kabupaten Wonogiri”.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana merancang desain promosi yang komunikatif dan efisien untuk mempromosikan Museum Wayang Indonesia Kabupaten Wonogiri?
  2. Bagaimana memilih media promosi yang efektif untuk mempromosikan Museum Wayang Indonesia Kabupaten Wonogiri?

 

C. Identifikasi Data

Sejarah Museum Wayang Indonesia Kabupaten Wonogiri

Museum Wayang Indonesia Kabupaten Wonogiri diresmikan pada tanggal 1 September 2004 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri dan dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah H. Mardiyanto pada selasa malam tanggal 7 September 2004. Pencetus dari dibangunnya museum ini adalah bapak Begug Purnomosidi yang merupakan Bupati Wonogiri. Museum yang berdiri di tanah seluas 700 m² ini mempunyai sejarah yang panjang. Sebelum dijadikan sebagai museum dulu bangunannya pernah digunakan sebagai kantor PDAM. Setelah kantor PDAM tutup, Pak Bei Tani yang merupakan tokoh terkenal di kalangan masyarakat Wuryantoro sekaligus pemilik daripada bangunan tersebut menjadikannya sebagai pendopo.

Cara perawatan dan pemeliharaan benda-benda koleksi

Dalam merawat dan memelihara benda-benda koleksi pihak pengelola melalui para stafnya melakukan pembersihan setiap 1 bulan sekali. Disetiap pembersihan tersebut biasanya pihak pengelola sesekali melakukan rolling jenis wayangnya yang sudah sering ditampilkan disimpan di gudang hal ini dilakukan untuk mengatisipasi kejenuhan pengunjung. Selain itu pemeliharaan dan perawatan juga dilakukan dengan memberikan bahan anti pelembab.

 

Target

Dalam merancang suatu proyek perencanaan promosi perlu diketahui sasaran-sasaran yang akan dituju. Hal ini secara tidak langsung akan sangat berpengaruh terhadap sukses tidaknya suatu perencanaan promosi itu sendiri. Dengan mengetahui sasaran yang akan dituju maka perencanaan promosi akan lebih fokus, efektif, dan lebih matang sehingga peluang keberhasilan dalam mempengaruhi dan meyakinkan publik akan semakin besar.

 

D. Konsep Perancangan

Dalam usaha mempromosikan suatu obyek melalui perancangan yang menggunakan desain visual maka perlu suatu konsep karya.

Logo atau istilah lainnya “brand name” dapat berupa teks, gambar, atau gabungan dari keduanya.

Agar dapat menarik publik audien maka pemilihan tipografi yang tepat dan sesuai dengan obyek yang dipromosikan sangat penting.

 

E. Kesimpulan Skripsi

Perancangan promosi Museum Wayang Indonesia Wonogiri melalui Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu strategi yang bertujuan untuk mengenalkan museum wayang ini kepada masyarakat Wonogiri pada khususnya dan Indonesia pada umumnya, sehingga diharapkan nantinya museum ini semakin dikenal dan dikunjungi oleh masyarakat yang ingin tahu dan mempelajari tentang budaya wayang, dan dapat menjadi salah satu tempat tujuan wisata budaya di daerah Wonogiri.

Strategi untuk perancangan promosi museum wayang ini menggunakan elemenelemen visual yang kemudian diolah dengan suatu konsep promosi yang tepat dan matang. Perancangan promosi ini dibuat sekreatif dan semenarik mungkin sehingga diharapkan masyarakat akan terpengaruh dan pada akhirnya tujuan dari promosi itu sendiri tercapai.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Aktifitas Customer Service di Rs. Pku Muhammadiyah Surakarta
  2. Proses Pembuatan Naskah Berita Radio Trijaya Fm Yogyakarta
  3. Perancangan Desain Buku dan Media Promosi Buku Kumpulan Puisi Karya Vinna Mei Astuti
  4. Persepsi Menonton Tayangan Talk Show Bukan Empat Mata di Trans7
  5. Peran Customer Relations Food & Beverage di Grand Orchid Hotel Solo

 

Incoming search terms:

Leave a Reply