HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Laporan Kuliah Kerja Media 2009 Proses Kerja Desain Layout

Judul Skripsi : Laporan Kuliah Kerja Media 2009 Proses Kerja Desain Layout PT. Dian Mentari Pratama Communications

 

A. Latar Belakang

Kuliah Kerja Media yang dilaksanakan mahasiswa DIII Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret, merupakan penerapan dari sebagian ilmu komunikasi. Jika bertolak pada bidang periklanan sendiri yang merupakan background dimana penulis berkonsentrasi dalam studinya, periklanan merupakan salah satu bentuk dari sebuah proses komunikasi. Oleh karena itu semua proses dalam periklanan akan bermuara pada bagaimanakah caranya untuk dapat mengkomunikasikan sebuah pesan kepada audiens, dimana pesan – pesan yang akan disampaikan tersebut harus di desain sedemikian rupa sehingga diharapkan mampu menarik perhatian, juga agar dapat diterima dan dipahami oleh audiens sasaran.

Di dalam proses pembuatan sebuah pesan yang akan disampaikan kepada audiens, pasti di dalamnya terdapat insan – insan kreatif yang selalu menjadi aktor utama dalam proses terbentuknya suatu pesan. Dimana pesan – pesan yang disuguhkan tersebut akan berhasil menarik perhatian dan dimengerti secara mudah oleh audiens karena sudah melalui tahapan – tahapan desain yang sangat terpola. Dan pada akhirnya yang terbentuk dari diterimanya suguhan – suguhan dari insan – insan kreatif tersebut adalah sebuah tata letak atau biasa disebut dengan istilah layout yang mampu menyampaikan seluruh isi pesan yang dimaksudkan dan ditujukan untuk dapat terlihat, terbaca, terdefinisi dan dapat dimengerti sepenuhnya oleh audiens. Penataan letak atau layout bisa dikatakan sebagai kunci keberhasilan suatu pesan.

 

B. Tujuan Skripsi

  1. Untuk mengetahui cara kerja art director di dalam perusahaan
  2. Untuk menerapkan segala sesuatu yang didapat diperkuliahan ke dalam dunia pekerjaan yang sebenarnya.
  3. Untuk mengetahui segala sesuatu tentang art director yang belum pernah didapat dari pembelajaran di kampus.

 

C. Landasan Teori

Mengenal audience

Kunci keberhasilan suatu pesan yang akan diluncurkan apabila ingin berhasil dalam misi dan tujuannya, pertama kali tahap dalam mengkaji bagaimana pesan itu akan dibuat sangat tergantung pada proses pertama kali ini. Yakni harus mengenal audience terlebih dahulu. audience adalah pelbagai sosok yang diharapkan setelah menerima sebuah pesan, terlebih pesan sebuah iklan, akan membuat suatu perubahan dengan memberikan umpan balik dari sebuah pesan tersebut, dan tentu saja umpan balik yang diharapkan adalah yang positif. Keberhasilan dalam suatu iklan sangat tergantung dengan bagaimana para pelaku iklan mengenal lebih dalam audiencenya, bahkan lebih mengenal sosok audience, lebih dari audience tersebut mengenal sosoknya sendiri.

Teori komposisi audience

Uraian tentang audience telah merupakan tugas abadi dari penelitian audience dan pasar serta merupakan hasil tambahan dari hampir semua studi penggunaan dan dampak media. Lebih banyak data yang lain, namun data itu kurang bernilai untuk memahami proses komunikasi masa. Hampir seluruh perangkat data seperti itu berbatas ruang dan waktu, meskipun dapat menyingkap pengaruh sejumlah kecil faktor dasar terhadap ukuran dan komposisi audience media. Dua faktor yang paling biasa berulang berkaitan dengan golongan usia dan sosial (atau penghasilan dan pendidikan), karena kedua faktor itu menentukan ketersediaan waktu luang dan dana untuk menggunakan media. Usia mempengaruhi ketersediaan dan pilihan isi. Dengan demikian, anak – anak terbatas pada media yang pemilihannya dilakukan oleh orang tua dan lebih banyak pemirsa televisi.

Kesatuan gagasan

Setiap kalimat yang baik harus jelas memperlihatkan kesatuan gagasan, mengandung satu ide pokok. Dalam laju kalimat tidak boleh diadakan perubahan dari satu kesatuan gagasan kepada kesatuan gagasan lain yang tidakada hubungan, atau menggabungkan dua kesatuan yang tidak mempunyai hubungan sama sekali. Bila dua kesatuan yang tidak mempunyai hubungan disatukan, maka akan merusak pikiran itu.

 

D. Kesimpulan

  1. Mendapat pengalaman bekerja di perusahaan professional khususnya dibidang
  2. Menambah aset portpolio pribadi yang bisa dimanfaatkan untuk mencari kerja setelah lulus nanti.
  3. Mengenal beberapa pelaku dunia kerja professional yang pada suatu saat mungkin akan membantu penulis saat mencari pekerjaan.

 

E. Saran

  1. Ada baiknya sedini mungkin mahasiswa diberikan pengetahuan dan pembelajaran mengenai beberapa jenis pekerjaan yang ada di dunia periklanan yang antara lain : bagian account executive, media planner, dan creative. Sedangkan creative sendiri dibagi menjadi art director dan copy writer. Agar mahasiswa mampu merencanakan program ke depan masing – masing pribadi sesuai dengan bakat dan kemampuannya.
  2. Khusus untuk mencetak art director yang bisa membuat bangga almamater di kemudian hari, sebaiknya mata kuliah mengenai desain grafis diperbanyak jam kuliah dan sarana prasarananya.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Proses Kerja Desain Layout PT. Dian Mentari Pratama Communications
  2. Strategi Marketing Communication dalam Merespon Dinamika Kebutuhan Pelanggan, Pengiklan dan Mitra Kerja
  3. Strategi Promosi Termite Band Melalui Audio Visual
  4. Strategi Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Semarang (Tahun 2006 – 2007)
  5. Peran Humas RSUD. dr . Moewardi dalam Pelaksanaan Evaluasi Kepuasan Pelanggan

Leave a Reply