HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Peranan Kreatif Desain dlm Divisi Event Organizer

Judul Tesis : Peranan Kreatif Desain dalam Divisi Event Organizer Solopro PT. AKSARA SOLOPOS

 

A. Latar Belakang

Pada Negara – Negara yang sedang berkembang berbagai media massa seperti Koran, radio, televisi menjadi wahana utama penyebaran informasi dan pengetahuan kepada masyarakat. Kegiatan untuk menghimpun berita, mencari berita, dan melaporkan peristiwa sangat penting dilakukan dimanapun dan kapanpun, tidak tergantung pada keadaan sosial, ekonomi, politik yang terjadi. Di Indonesia ada banyak surat kabar berskala local di daerah seperti Solopos, dan Kedaulatan Rakyat. Peran surat kabar sebagai media yang sangat dekat dengan masyarakat dalam melaksanakan fungsi komunikasi. Peran surat kabar juga memberikan suatu manfaat tidak hanya menjadikan surat kabar sebagai media informasi semata juga mampu memberikan kontribusi positif yang lebih bagi para pengguna.

Komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai contoh ditawarkannya suatu prodak melalui seorang sales kepada konsumen atau dengan berbagai program undian berhadiah yang dapat menarik minat konsumen, komunikasi juga dapat dilakukan dengan melalui program kehumasan seperti penyelenggaraan suatu event oleh Event Organizer yang diselenggarakan oleh internal organisasi untuk memperkenalkan produk baru, atau bekerjasama dengan organisasi dengan menjadi Sponsorship melalui penayangan logo dan produk-produk selama event berlangsung. Sejalan dengan era persaingan dunia usaha yang ketat seperti sekarang ini sebuah bentuk komunikasi untuk mempromosikan suatu produk atau jasa tidak dapat hanya dengan mengandalkan iklan audio maupun visual, namun harus disertai dengan sebuah bentuk promosi yang langsung terkena ke konsumen dan memiliki suatu nilai lebih sehingga mampu menjadikan sebuah pengingat akan produk atau jasa yang ditawarkan, untuk itu perlu dilakukan suatu bentuk promosi yang lain dan salah satunya adalah event.

 

B. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui peranan kreatif desain dalam divisi EO.
  2. Mengetahui apa saja yang dilakukan pada bagian kreatif desain dalam sebuah EO.
  3. Mengetahui alur kerja atau tata cara kerja pada bagian EO.

 

C. Landsan Teori

Definisi Periklanan

Periklanan Berdasarkan pada pemahaman adalah keseluruhan proses yang meliputi penyiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan penyampaian iklan. Dalam dunia periklanan terdapat hubungan yang erat antara perusahaan, produsen, perusahaan iklan dan media. Karena dalam sebuah pemasaran suatu produk maupun jasa diperlukan sebuah iklan yang menjadi sebuah bentuk komunikasi secara sekunder antara produsen dan konsumen. Proses komunikasi sekunder adalah suatu proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada kepada komunikan dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama ( Effendi, 1993:37 ).

Pengertian Kreatif Desain

Seorang kreatif desain menggunakan kata ( huruf ) dan simbol serta elemen-elemen grafis lain untuk berkomunikasi. Seni mereka adalah sebuah ekspresi karena seorang kreatif desain merupakan penghubung antara klien dengan sebuah pesan yang akan disampaikan kepada target. Kreatif desain pada hakikatnya mempunyai dua tujuan yang saling berhubungan. Pertama, menyampaikan sebuah pesan ke audiens melalui media. Kedua, menciptakan desain yang menyenangkan sebagai penyempurna sebuah pesan. Dalam sebuah event organizer, bagian kreatif desain mempunyai peranan yang penting dalam langkah awal untuk menggaet sponsor dan tersampaikannya sebuah pesan tentang event yang akan dilaksanakan ( Indro Suseno, 2006:81 ).

Definisi Desain

Desain adalah pengorganisasian elemen-elemen dengan menggunakan suatu kaidah tertentu sehingga tercipta sebuah kesatuan karya seni yang indah. Selain elemen-elemen desain, seorang kreatif desain juga harus mempertimbangkan kaidah-kaidah atau tata nilai desain untuk menciptakan sebuah karya :

  1. Kesatuan ( unity )
  2. Keseimbangan ( balance )
  3. keselarasan ( harmoni )

 

D. Kesimpulan

  1. Apa yang telah diharapkan dan dialami oleh penulis selama melaksanakan KKM pada bagian kreatif desain EO SOLOPro merupakan salah satu pengalaman tersendiri yang sangat nyata dalam memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.
  2. Dalam pembelajaran perkuliahan banyak hal yang dapat diterapkan dalam dunia kerja nyata.
  3. Kedisiplinan dan tanggung jawab yang mutlak diperlukan dalam sebuah pekerjaan

 

E. Saran

  1. Perlunya kerjasama yang solid dalam sebuah team work.
  2. Perlunya Up-grade komputer untuk mempermudah proses pembuatan desain.
  3. Perusahaan harusnya menetapkan kebijakan yang mampu membuat para karyawan memiliki semangat kerja yang tinggi untuk mencapai target. Sehingga karyawan tidak bekerja berdasarkan tekanan tetapi berdasarkan keinginan untuk melakukan yang terbaik bagi perusahaan.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Propaganda Barat Terhadap Islam dalam Film (Studi Tentang Makna Simbol dan Pesan Film Fitna
  2. Laporan Kuliah Kerja Media (KKM) 2009 Mekanisme Kerja Reporter “Jabar Dalam Berita” di TVRI JAWA
  3. Peranan Kreatif Desain dalam Divisi Event Organizer Solopro PT. AKSARA SOLOPOS
  4. Eksploitasi Tubuh Perempuan dalam Iklan (Studi Analisis Wacana Kritis Iklan Televisi Axe “Call Me”
  5. Tanggapan Khalayak Terhadap Program “ Pangkas Listrik 17.00 – 22.00 “

 

Leave a Reply