HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Peranan Media Relations dlm Proses Rebranding The Sunan Hotel Solo

Judul Tesis : Peranan Media Relations dalam Proses Rebranding The Sunan Hotel Solo

 

A. Latar Belakang

Persaingan dalam usaha perhotelan, dimana banyaknya hotel-hotel yang dibangun menyebabkan adanya persaingan yang kuat. Dengan demikian masingmasing hotel akan berusaha meningkatkan mutu dan kualitas hotel untuk bisa melangsungkan hidupnya di tengah-tengah persaingan yang ketat. Selain itu, kepercayaan pelanggan terhadap pelayanan dan image perusahaan menjadi fakor yang sangat penting dalam mencapai tujuan utama.

Rosady Ruslan berpendapat dalam bukunya “Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi” bahwa tujuan yang ingin dicapai dari setiap lembaga, organisasi atau perusahaan intinya adalah sama, yaitu mendapatkan citra positif dan kepercayaan dari publiknya. Aktivitas public relations merupakan kegiatan komunikasi untuk mencapai citra positif perusahaan yang berasal dari publiknya sehingga dapat menunjang tujuan perusahaan. Citra perusahaan terbentuk atas segala hal yang berhubungan dengan perusahaan, baik yang dengan sengaja dikomunikasikan maupun yang tercipta dengan sendirinya dimata khalayak. Sehingga baik buruknya citra suatu perusahaan bergantung kembali pada upaya perusahaan mengimplementasikan diri pada khalayaknya, baik khalayak internal maupun eksternal.

 

B. Tujuan Penelitian

  1. Menumbuh kembangkan pemahaman mahasiswa terhadap seluk beluk praktik-praktik kerja serta kesadaran sikap professional mahasiswa sebagai calon tenaga kerja yang bertanggung jawab.
  2. Membandingkan serta menerapkan ilmu yang dipelajari diperkuliahan ke dalam dunia kerja dan penulis ingin mengetahui secara langsung aktivitas Public Relations di The Sunan Hotel Solo.
  3. Menerapkan dan mempraktekkan semua ilmu pengetahuan dan teori yang di dapat di bangku perkuliahan ke dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

 

C. Landasan Teori

Definisi Public Relations

Mendeskripsikan praktik PR adalah cara lain untuk mendefinisikan konsep dalam praktik PR itu sendiri. Ratusan definisi telah ditulis guna menangkap esensi dari PR dengan menyebutkan aktivitas-aktivitas utama yang muncul dalam praktik. Tokoh professional dan akademik di bidang ini, Rex F. Harlow, (mengumpulkan hampir 500 definisi yang ditulis antara tahun 1900-an dan 1976).

Definisi Media Relations

Menurut Nurudin Muhammad Saefullah (2004 : 13) media relations adalah usaha untuk mencari publikasi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan atau informasi public relations dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dari organisasi perusahaan yang bersangkutan.

Image / Citra

Menurut Ali (1986:1) citra merupakan tujuan pokok sebuah perusahaan. Pengertian citra itu sendiri sebenarnya abstrak atau intangible, tetapi wujudnya dapat dirasakan dari hasil penelitian, penerimaan, kesadaran dan pengertian, baik semacam tanda respek atau hormat, dari publik sekelilingnya atau masyarakat luas terhadap personalnya (dipercaya, profesional dan dapat diandalkan dalam pemberian pelayanan yang baik).

 

D. Kesimpulan

  1. Media Relations merupakan usaha untuk mencari publikasi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan atau informasi Public Relations dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dari organisasi perusahaan yang bersangkutan. Media Public Relations adalah berbagai macam sarana penghubung yang dipergunakan seorang Public Relations Officer (mewakili perusahaannya) dengan publiknya, yaitu public internal maupun public eksternal untuk membantu pencapaian tujuan.
  2. Meningkatnya citra perusahaan merupakan salah satu tujuan public relations yaitu dengan berbagai upaya, seperti menciptakan reputasi perusahaan dan organisasi, menciptakan reputasi perorangan sebagai ahli di bidangnya, meningkatkan kesadaran pada produk dan jasa, serta perusahaan yang menghasilkannya, dan tidak kalah penting yaitu meningkatkan kredibilitas perusahaan dimata publik serta merencanakan kampanye atau promosi yang bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu.
  3. The Sunan Hotel Solo berhasil membangun citra barunya terutama dalam upaya membangun “brand image“ sebagai hotel convention dan entertainment di Solo. Keberhasilan tersebut ditunjang oleh kemampuan membangun hubungan dengan media massa yang dikombinasikan dengan penyelenggaraan program yang unik dan konsisten. Hal ini sesuai dengan rencana strategis public relations dalam penetapan skala prioritas perusahaan dalam membangun image. Keberhasilan itu terbukti dengan meningkatnya tingkat hunian hotel dari yang sudah ditargetkan sebelumnya.

 

E. Saran Tesis

  1. Saran untuk Lembaga Akademis Diploma III FISIP UNS :
  2. Dalam menghadapi dunia kerja yang nyata, fakultas seharusnya lebih banyak memberikan praktek selain teori yang diberikan agar mahasiswa lebih siap dalam menghadapi dunia kerja yang penuh persaingan dan tantangan.
  3. Intens dalam mengadakan seminar-seminar Public Relations yang mendatangkan praktisi-praktisi ahli di bidang Public Relations maupun media relations yang akan menambah wawasan pengetahuan bagi mahasiswa.
  4. Saran untuk The Sunan Hotel Solo :
  5. Kegiatan-kegiatan sosial / Corporate Social Responsibility agar terus ditingkatkan kuantitasnya dan harus ditujukan kepada masyarakat secara riil serta mengambil tema yang strategis dan fokus untuk mencapai citra positif perusahaan dan terjalin hubungan yang baik antara The Sunan Hotel Solo dengan public / masyarakat sekitar.
  6. Peningkatan program training untuk karyawan misalnya penambahan tentang penguasaan bahasa asing dengan mengadakan english course dan english day untuk hari-hari tertentu.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Peran Kehumasan PT. PLN ( Persero ) Area Pelayanan Dan Jaringan Surakarta Dalam Sosialisasi Penghematan Listrik Kepada Masyarakat
  2. Peran Reporter Dalam Produksi Berita Jogja di TVRI Stasiun D.I Yogyakarta
  3. Peranan Media Relations dalam Proses Rebranding The Sunan Hotel Solo
  4. Mekanisme Kerja Creative Design dalam Sebuah Event Organizer di CV. Front Line Indonesia
  5. Peran Public Relations dalam Meningkatkan Penjualan, Mutu dan Citra Produk di PT. Coca-Cola Botling Indonesia Central Java

 

Leave a Reply