HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Peranan Public Relations dlm Pengelolaan Kesekretariatan

Judul Tesis : Peranan Public Relations dalam Pengelolaan Kesekretariatan PT. Telkom Kandatel Yogyakarta

 

A. Latar Belakang

Progam komunikasi karyawan dapat dilakukan lewat dua cara, yaitu komunikasi secara tidak langsung yaitu komunikasi melalui media dan komunikasi secara langsung (lisan) yaitu komunikasi tatap muka (face to face communication). PT Telkom merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi.

Perusahaan ini tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Sebagai perusahaan besar, PT Telkom menyadari arti penting karyawan sebagai aset penting perusahaan. Akan tetapi pada PT. Telkom Kandatel Yogyakarta karyawannyapun tidak dimaksimalkan, dalam artian setiap divisi seharusnya memiliki staf masingmasing tidak dijadikan satu menjadi satu divisi, karena setiap divisi memiliki fungsi masing-masing.

 

B. Tujuan Umum

  1. Untuk memperoleh tambahan ilmu pengetahuan dibidang Public Relations.
  2. Mendapatkan pengalaman sehingga dapat membandingkan antara teori yang didapat di bangku kuliah dengan kenyataan yang terjadi pada keadaan nyata.
  3. Untuk memperoleh gelar Ahli Madya progam studi Public Relations Komunikasi Terapan FISIP UNS Surakarta.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Public Relations

Batasan mengenai Public Relations menurut para ahli sampai saat ini belum ada kesepakatan secara tegas, karena disebabkan banyaknya definisi Public Relations yang telah dirumuskan oleh para pakar atau ahli yang satu sama lain tidak sama persis tentang Public Relations.

Fungsi Public Relations

Pada umumnya Public Relations dianggap sebagai ”juru bicara” bagi sebuah perusahaan. PR mewakili pimpinan mengeluarkan pernyataan – pernyataan yang dianggap perlu. Tetapi fungsi juru bicara saja tidak cukup, PR tidak hanya menyampaikan informasi dari perusahaan kepada masyarakat, tetapi juga menampung informasi dari masyarakat yang ditujukan kepada perusahaan.

KESEKRETARIATAN

Kesekretariatan adalah aktivitas yang dilakukan pada sekretariat yakni menunjukkan tata kerja ayau proses kerjanya sekretariat. Dengan demikian kesekretariatan bersifat aktif dan dinamis dalam kegiatan jasa-jasa perkantoran, terutama yang sangat berkaitan dengan proses administrasi.

 

D. Kesimpulan

  1. Saat menjalani KKM di PT. Telkom Kandatel Yogyakarta, penulis mendapat tambahan ilmu di bidang Public Relations. Yang di dapat saat mempraktekkan langsung kegiatan Purel di PT. Telkom.
  2. Pengalaman-pengalaman yang penulis dapat pada saat KKM menjadi pengalaman yang cukup berharga bagi Penulis, karena disini penulis tidak hanya dapat teori-teori saja namun juga dapat mempraktekkan secara langsung teori yang sudah di dapat di bangku kuliah.Dan juga melakukan praktek lapangan yang belum di ajarkan saat di bangku kuliah.
  3. Dengan di adakannya KKM ini maka sudah memenuhi salah satu syarat kelulusan guna mendapat gelar Ahli Madya program Study Public Relations.

 

E. Saran

  1. PT Telkom telah berperan cukup baik dalam menyediakan sarana praktek bagi mahasiswa namun alangkah lebih baiknya ada pembimbing khusus yang ditunjuk untuk mahasiswa magang di tiap bagian-bagian Purel sehingga memudahkan dalam konsultasi dan penyesuaian dengan spesifikasi yang diambil oleh mahasiswa tersebut.
  2. Para peserta Kerja Praktek belum dilibatkan sepenuhnya untuk menjalankan tugas-tugas sebagaimana yang diharapkan, dalam hal ini adalah bidang Public Relations. Sehingga bagi mahasiswa sulit menerapkan teori yang didapat di bangku kuliah ke dalam pekerjaan nyata. Mungkin dikarenakan PR adalah bidang kerja yang memerlukan keahlian khusus sehingga para peserta Kerja Praktek belum dapat dipercaya sepenuhnya.
  3. Melihat dan mengamati kegiatan PR yang ada di PT Telkom cukup banyak dan menyibukkan, namun tugas-tugas tersebut hanya dikerjakan oleh officer secretary saja, maka alangkah baiknya bila divisi Humas ditangani sendiri oleh seorang PR agar tugas sekertaris itu sendiri menjadi ringan dan proses PR sendiri bisa berjalan dengan sewajarnya dan semaksimal mungkin.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Sistem Kerja Biro Iklan Media Lini Bawah di PT. Cipta Warna Pesona (D’ Network)
  2. Strategi Promosi yang dilakukan Koran Jitu dalam Mencari dan Mempertahankan Klien
  3. Trend Mode Remaja dalam Iklan (Studi Analisis Semiotik tentang Trend Mode Remaja dalam Iklan-Iklan pada Majalah Gadis, Aneka Yess dan Cosmo Girl)
  4. Komunikasi Pemasaran “Telkomsel flash” (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Aktivitas Bauran)
  5. Perannan Public Relations dalam Pengelolaan Kesekretariatan PT. Telkom Kandatel Yogyakarta

 

Incoming search terms:

Leave a Reply