HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Aktivitas Employee Relations dlm Meningkatkan Kinerja Karyawan

Judul Skripsi : Aktivitas Employee Relations dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Inna Garuda Yogyakarta

 

A. Latar Belakang

Karyawan sebagai Sumber Daya Manusia dalam sebuah perusahaan merupakan aset yang tidak ternilai besarnya. Kemajuan suatu perusahaan adakalanya ditentukan oleh baik tidaknya hubungan dengan publik internal (Internal Relations) yang dalam hal ini adalah hubungan dengan karyawan. Oleh karena itu pihak manajemen harus memberikan perhatian khusus pada sumber daya ini dalam peranannya sebagai seorang karyawan hotel. Sumber Daya Manusia yang diharapkan perusahaan adalah individu yang memiliki minat dan sikap yang tinggi terhadap tugas-tugasnya, memiliki loyalitas yang tinggi, komitmen untuk bekerja dengan baik dan benar, dan motivasi kerja untuk selalu berusaha meningkatkan kualitas diri dalam menghadapi setiap tantangan. Untuk mendapatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas diperlukan pengelolaan yang baik.

Upaya peningkatan kesejahteraan karyawan adalah hal yang sangat penting, karena hal itu akan meningkatkan motivasi kerja sehingga kepuasan kerja karyawan menjadi lebih meningkat. Upaya hotel untuk meningkatkan kinerja karyawan dilakukan dengan mengadakan pelatihan pengembangan untuk karyawan yang dapat mendukung semangat kerja karyawan. Selain itu, pihak hotel juga harus melakukan efisiensi diberbagai bidang. Dengan adanya persaingan yang sangat ketat dalam bidang jasa pelayanan, semakin menuntut pihak manajemen hotel untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja karyawan yang nantinya akan berpengaruh besar terhadap pendapatan yang akan dicapai.

 

B. Tujuan

  1. Untuk memperoleh gambaran yang nyata mengenai kegiatan employee relations di Inna Garuda.
  2. Untuk mengetahui tugas-tugas yang harus dilakukan oleh employee relations di Inna Garuda.
  3. Untuk menerapkan dan mengaplikasikan ilmu teori yang didapatkan di bangku kuliah dalam praktek sesungguhnya, khususnya dalam kegiatan Employee Relations.

 

C. Landasan Teori

Public Relations

Pengertian Public Relations menurut Rachmadi yang dikutip oleh Soleh Soemirat (2004:11) adalah ”Two way communications (komunikasi dua arah). Arus komunikasi timbal balik ini harus dilakukan dalam kegiatan PR, sehingga terciptanya umpan balik yang merupakan prinsip pokok dalam PR”.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu proses yang mengatur interaksi manusia dalam memanfaatkan berbagai sumber daya dalam mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan. Sumber daya manusia tidak boleh dipandang sebagai alat, akan tetapi dia sebagai penentu dalam sebuah proses. Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, karyawan diangkat harkatnya, tidak saja sebagai obyek pencapaian tujuan organisasi, tetapi juga sebagai obyek yang berperan untuk menentukan tercapai tidaknya tujuan perusahaan. Manajemen sumber daya manusia sangat dibutuhkan dalam suatu perusahaan atau organisasi karena dapat mempermudah tercapainya tujuan, menjaga keseimbangan antara tujuan yang bertentangan, individu dan kelompok dan dapat mencapai efisiensi dan efektivitas.

 

Pelatihan SDM

Pelatihan adalah serangkaian aktivitas yang diprogram untuk meningkatkan keahlian-keahlian, atau pembahasan sikap seorang individu. Sedang Pengembangan adalah persiapan individu-individu untuk memikul tanggung jawab yang berbeda atau lebih tinggi di dalam organisasi, biasanya berkaitan dengan peningkatan kemampuan intelektual atau yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan yang lebih baik.

 

D. Identifikasi Data

Inna Garuda merupakan salah satu hotel berbintang empat yang terletak di Jl. Malioboro no.60, Yogyakarta yang mempunyai sistem manajemen yang baik dalam hal yang berhubungan dengan karyawan. Segala kegiatan Employee Relations di Inna Garuda mempunyai tujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan Inna Garuda. Sistem manajemen yang baik itulah yang membuat Penulis memilih Inna Garuda sebagai tempat untuk melaksanakan Kegiatan Kuliah Kerja Media. Selain itu Penulis ingin mengetahui, menerapkan dan mengaplikasikan ilmu teori yang didapatkan di bangku kuliah dalam praktek sesungguhnya, khususnya dalam kegiatan Employee Relations.

 

E. Kesimpulan

  1. Memberikan papan pengumuman yang isinya pengumuman dari pihak manajemen atau kantor pusat untuk diketahui oleh karyawan.
  2. Mengadakan kunjungan untuk karyawan yang sedang mempunyai hajat.
  3. Memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi yaitu “Employee of the Month”. Memberikan beasiswa kepada karyawan dan keluarga karyawan dalam bentuk pendidikan.”

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Promosi It’s A Store Surakarta Melalui Media Desain Komunikasi Visual
  2. Produksi Feature Sentuhan Kasih
  3. Aktivitas Employee Relations dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Inna Garuda Yogyakarta
  4. Fungsi Eksternal dan Internal Humas Dikantor Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten
  5. Tugas Seorang Pemadu Gambar (Switcher) di Acara Kabar Awan PT. Terang Abadi Televisi

 

Incoming search terms:

Leave a Reply