HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Peran Kehumasan PT. PLN Area Pelayanan & Jaringan dlm Sosialisasi

Judul Tesis : Peran Kehumasan PT. PLN ( PERSERO ) Area Pelayanan dan Jaringan Surakarta dalam Sosialisasi Penghematan Listrik Kepada Masyarakat

 

A. Latar Belakang

Dalam sebuah organisasi, Public Relations atau disebut dengan Humas merupakan salah satu bagian atau departemen yang mempunyai tugas bertanggung jawab mendengarkan dan menampung segala kritik, keluhan, ataupun saran dari masyarakat. Bidang Public Relations/Humas adalah suatu bidang yang sangat luas yang menyangkut hubungan dengan berbagai pihak. Public Relations/Humas tidak selalu merupakan alat komunikasi karena dalam kenyataannya masih sering dijumpai salah pengertian tentang Public Relations/Humas. Kebanyakan orang menganggap Public Relations/Humas sekedar menjual senyum, propaganda dengan tujuan memperoleh kemenangan sendiri, atau mendekati pers dengan tujuan memperoleh suatu pemberitaan. Padahal sebenarnya Public Relations/Humas merupakan hal yang sangat penting yang keberadaannya harus dapat menyesuaikan sebuah organisasi dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Kebutuhan tenaga seorang Public Relations/Humas sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan untuk mempromosikan maupun mensosialisasikan kebijakankebijakan perusahaan. Public Relations/Humas memiliki posisi yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, terutama bila perusahaan tersebut sering berinteraksi dengan masyarakat luas. PR sangat menentukan perwajahan perusahaan tersebut di mata masyarakat luas. Hal tersebut disebabkan karena PR-lah yang merupakan salah satu front liner penting dalam berkomunikasi dengan masyarakat. PR menentukan kesan positif sebuah perusahaan di mata masyarakat.

 

B. Tujuan Penelitian

  1. Agar mahasiswa bisa menerapkan dan mempraktekkan ilmu-ilmu yang diterima di bangku kuliah dengan terlibat langsung dalam proses kerja secara nyata pada divisi Humas PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Surakarta.
  2. Untuk mendapatkan gambaran yang nyata tentang dunia kerja yang sebenarnya sehingga dapat melatih rasa percaya diri, daya kreativitas, serta keberanian bersikap dalam diri setiap mahasiswa dalam menghadapi lingkungan kerja yang kelak akan dihadapi.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Public Relations

Istilah “ Hubungan Masyarakat “ yang disingkat Humas sebagai terjemahan dari Public Relations, di Indonesia sudah cukup memasyarakat dalam arti kata telah dipergunakan secara luas oleh departemen, perusahaan, badan, ataupun lembaga.

Pengertian Komunikasi

Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”), secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis. Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.

Komunikasi Antar Personal

Komunikasi antar personal (Interpersonal Communication) adalah adalah komunikasi antara seorang komunikator dengan seorang komunikan (dyadic communication) atau antara seorang komunikator dengan dua orang komunikan (triadic communication).

 

D. Kesimpulan Tesis

Humas memiliki peran penting dalam setiap perkembangan yang terjadi di dalam perusahaan. Karena Humas pada dasarnya berfungsi sebagai perpanjangan tangan perusahaan ketika berhubungan dengan pihak eksternal dan menjadi penghubung yang tepat antara pihak manajemen atas dengan bawah atau karyawannya ketika berada dalam lingkup internal perusahaan.

Seorang Humas sudah tentu akan membuat perencanaan-perencanaan atau program-program tertentu seperti yang tertuang dalam perencanaan anggaran. Karena melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan akan berdampak positif pada citra perusahaan yang dinaungi. Humas bertugas mencipatakan good will diantara stakeholder-nya. Dalam menjalankan tugasnya, Humas mempunyai peranan untuk menciptakan iklim komunikasi yang sehat dan terbuka.

 

E. Saran

Untuk kegiatan Kuliah Kerja Media ataupun magang, diharapkan dari pihak perusahaan dapat memberikan arahan yang jelas. Maksudnya, dari perusahaan sendiri memiliki arahan program yang jelas untuk peserta magang. Sehingga apa yang ingin dicapai perusahaan terhadap peserta magang dapat terealisasikan dengan sebaik-baiknya. Karena banyak pengetahuan tentang Humas yang bisa digali.

Penataan kliping sebaiknya harus lebih dirapikan menurut tanggal termuda, supaya lebih memudahkan dalam pencarian.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Peran Kehumasan PT. PLN ( Persero ) Area Pelayanan dan Jaringan Surakarta dalam Sosialisasi Penghematan Listrik kepada Masyarakat
  2. Peran Reporter dalam Produksi Berita Jogja di TVRI Stasiun D.I Yogyakarta
  3. Peranan Media Relations dalam Proses Rebranding The Sunan Hotel Solo
  4. Mekanisme Kerja Creative Design dalam Sebuah Event Organizer di CV. Front Line Indonesia
  5. Peran Public Relations dalam Meningkatkan Penjualan, Mutu dan Citra Produk di PT. Coca-Cola Botling Indonesia Central Java

Leave a Reply