HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Tugas Humas di Kantor Sekretariat Kabupaten Klaten

Judul Skripsi : Tugas Humas di Kantor Sekretariat Kabupaten Klaten

 

A. Latar Belakang Skripsi

Public Relations menjadi efektif apabila mampu membangun komunikasi dwi-arah baik melalui media maupun langsung dengan mendatangi publik-publik yang dimaksud untuk memahami tekad itu. Proses pembaruan pengetahuan, sikap dan profesionalisme etis harus berkesinambungan tanpa banyak gebyar-gebyar.

Perkembangan Public Relations sebenarnya bisa dikaitkan dengan keberadaan manusia. Unsur-unsur memberi informasi kepada masyarakat, membujuk masyarakat, dan mengintegrasikan masyarakat, adalah landasan bagi masyarakat. Fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijaksanan dan prosedur seorang individu atau organisasi berdasarkan kepentingan publik dan menjalankan suatu program untuk mendapatkan pengertian dan penerimaan publik harus bisa diterapkan dn dijalankan oleh seorang Public Relations.

 

B. Tujuan

Untuk memberikan gambaran tentang bagaimana peran Humas di Pemerintah Kabupaten Klaten dalam membentuk citra Pemerintah yang baik dimata masyarakat.

 

C. Tinjauan Pustaka

Definisi Public Relations atau Humas ( Hubungan Masyarakat )

Perkembangan jaman sekarang ini sangatlah pesat, begitu juga dengan perkembangan bahasa, masyarakat pastilah tidak asing dengan istilah humas, dimana mereka lebih sering memaknainya sebagai hubungan masyarakat, humas memiliki istilah lain yaitu public relations. Dan kedua istilah tersebut lebih dikenal oleh masyarakat dalam lingkungan yang berbeda, istilah public relations lebih akrab atau lebih sering di jumpai dalam lingkungan kerja perusahaan sedangkan istilah humas (Hubungan Masyarakat) lebih identik dengan kantor-kantor pemerintahan. Meskipun pada dasarnya keduanya adalah memiliki inti arti dan lingkup kerja yang sama.

Citra

Citra adalah salah satu tugas Public Relations dimana yang dimaksud dengan citra adalah gambaran atau pandangan masyarakat mengenai suatu perusahaan atau produk, dan menurut Frank Jekins dalam buku Public Relations edisi keempat citra dibagi menjadi 5 citra yakni :

  1. Citra Bayangan
  2. Citra yang berlaku
  3. Citra yang diharapkan (wish image)
  4. Citra Perusahaan
  5. Citra Majemuk

Aktifitas dan Kompetensi Public Relations

Pekerjaan Public Relations dapat dikerjakan sendiri atau oleh konsultan, pemilihan ini sangat tergantung dari polcy perusahaan. Kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan konsultan dapat dilihat lebih lanjut dalam tulisan Ida Anggraeni Ananda, Jurnal Visi Komunikasi. Pada dasarnya aktifitas Public Relations Meliputi :

  1. Komunikasi: pertukaran ide, pendapat atau pesan melalui visual, lisan atau tulisan
  2. Publisitas: diseminasi pesan yang terencana melalui media tertentu, tanpa bayaran, untuk meningkatkan minat terhadap perusahaan/organisasi.
  3. Promosi: aktifitas mengkreasi atau menstimulasi perhatian terhadap produk, orang, organisasi atau kasus.

 

E. Kesimpulan

  1. Seni berkomunikasi. Ini pasti berarti kemampuan menjadi pendengar dan ketrampilan menyampaikan pendapat/pandangannya secara tertulis dan lisan dialogis.Tidaklah mudah menjadi pendengar yang baik, karena orang biasanya lebih suka berbicara, apalagi kalau biasanya menjadi pimpinan yang otoriter. Egoisme pribadi biasanya mencuat menjadi senang sekali mendengarkan suaranya sendiri senang sekali dipuji dan mengabaikan pendengar yang sudah berkorban waktu untuk itu. Pemanfaatan sarana media komunikasi modern (pers cetak dan elektronik) secara professional adalah sangat penting dan bukanlah tuntutan yang dicari-cari.
  2. Kemampuan mengorganisir. Kemampuan ini tidak hanya menjadwalkan pertemuan, memprogram acara pertemuan, tetapi justru mengantisipasi komunikasi dwi arah yang subur, sekalipun dengan kritik yang tajam tetapi bersahabat. Kecermatan untuk langkah-langkah yang mendetail karena mewakili organisasi. Keteraturan mengorganisasikan pertemuan, kunjungan, dialog, sponsorship tanpa terlalu menonjolkan diri dsb. haruslah termasuk kemampuan itu.
  3. Kemampuan bergaul dengan orang/publik . Di sini ketrampilan tukar pikiran dialogis dengan berbagai publik dari segala lapisan. Dasarnya menghargai publik dan tidak menjauhinya atau membentak-bentaki Tidak selalu seorang Public Relations itu benar apalagi kalau ingin menutupi (cover up) suatu kejadian yang fatal. Taruhannya adalah citra organisasi yang diwakilinya. Di sini berlaku “propaganda ends, when friendly, fair and firm dialog starts”.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Strategi Kreatif Perancangan Iklan pada Toko Cubuss Computer
  2. Proses Kerja Desain Layout PT. Dian Mentari Pratama Communications
  3. Mekanisme Kerja Reporter Di Pt. Cipta Tpi
  4. Tugas Humas di Kantor Sekretariat Kabupaten Klate
  5. Aktivitas Menonton Televisi dan Peningkatan Motivasi (Pengaruh Aktivitas Menonton Siaran Sepakbola di Televisi terhadap Peningkatan Motivasi Berlatih pada siswa SSB Ksatria Surakarta dengan Lingkungan Sebagai Variabel Moderating)

 

Leave a Reply