HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Peran Kameraman dlm Proses Penyampaian Berita pd Program Berita

Judul Tesis : Peran Kameraman dalam Proses Penyampaian Berita pada Program Berita di Global TV

 

A. Latar Belakang

Dalam pembuatan program berita diperlukan berbagai element untuk dapat ditayangkan dan disebarluaskan kepada masyarakat luas. Beberapa element pokok yang menjadikan suatu program berita bisa tayang adalah produser, koordinator liputan, reporter, kameraman dan editor. Pada pelaksanaannya produser adalah seseorang yang memanage tim dan bertanggung jawab atas berita yang tayang. Koordinator liputan adalah seseorang yang mencari informasi sesuai arahan produser untuk memberi arahan kepada reporter dan kameraman dilapangan. Reporter adalah seseorang yang bertugas mencari data. Kameraman adalah seseorang yang bertanggung jawab atas perekaman visual/gambar sebagai bahan baku pembuatan berita disaat peliputan. Dan editor bertugas menjadikan bahan yang didapat dari lapangan menjadi suatu tayangan yang siap di tayangkan.

Kameraman mempunyai peran yang sangat penting dalam media audiovisual. Karena dalam setiap berita, untuk bisa ditayangkan mengandung beberapa element yaitu informasi, audio/suara dan video/gambar. Tanpa ada visual/gambar yang mendukung audio/suara dari informasi yang didapat maka sajian yang diberikan kurang mendapat respon dari audiennya. Bagaimana suatu audio/suara dan video/gambar dipadu dengan sebaik mungkin untuk bisa menyajikan suatu informasi yang lebih mengena untuk audiennya. Untuk audio/suara bisa dimanipulasi atau dimasukkan saat sudah masuk diruang editor oleh tim tetapi tidak untuk sebuah gambar peristiwa yang terjadi. Peristiwa yang terjadi tidak bisa diulang kembali maka dari itu gambar yang didapat oleh kameraman haruslah sebaik mungkin bisa memberikan penuturan visual untuk berita yang akan disajikan.

 

B. Tujuan

  1. Memberikan pengetahuan dan gambaran kepada masyarakat bagaimana peran kameraman dalam proses penyampaian berita di GLOBAL TV.
  2. Sebagai bukti tertulis atas dilaksanakannya magang di GLOBAL TV.
  3. Diharapakan agar masyarakat dapat memperoleh pengalaman dalam bidang jurnalistik.

 

C. Landasan Teori

Media Televisi

Menonton televisi memang sudah menjadi konsumsi masyarakat sekarang ini. Tak peduli di desa atau di kota. Tak peduli kalangan atas atau menengah dan bawah. Kini mereka menjadikan televisi sebagai kebutuhan pokok. Televisi dengan tayangan beritanya sudah menjadi bagian dari kehidupan. Dengan sifatnya yang immediaty, media televisi mampu mendekatkan peristiwa dan tempat kejadian dengan penontonnya. (Askurifai Baksin, 2006: 59 )

Perkembangan Televisi

Perkembangan teknologi pertelevisian pada saat ini sudah sedemikian pesat sehingga dampak siarannya menyebabkan seolah-olah tidak ada lagi batas antara satu negara dengan negara lainnya terlebih setelah digunakannya satelit untuk memancarkan signal televisi. Inilah yang disebut sebagai globalisasi di bidang informasi. Peristiwa yang terjadi di daratan Eropa atau Amerika atau Rusia, pada saat yang sama dapat pula diketahui di negara-negara lain dan sebaliknya, melalui bantuan satelit yang mampu memulti pancarkan siarannya ke berbagai penjuru dunia tanpa ada hambatan geografis yang berarti.

Pengertian Kameraman

Salah satu orang yang mempunyai peranan besar terhadap karya jurnalistik televisi adalah seorang kameraman. Kameraman adalah mata dari televisi, kameraman berfungsi sebagai ujung tombak suatu televisi. Tidak ada gambar berarti tidak ada berita atau tidak ada suatu program acara, karena televisi merupakan media audio visual yang mengandung unsur tersebut. (Morissan, MA. 1990:10).

 

D. Kesimpulan

Kameraman mempunyai peranan yang sangat penting dalam sebuah stasiun televisi berita. Jika seorang kameraman tidak mengikuti prinsip-prinsip berita, maka kameraman tersebut telah melanggar fungsi dan tujuan berita yang ingin menyampaikan fakta kepada masyarakat.

Program Berita Global berisi berbagai berita terkini seputar masalah politik, sosial, hukum, dan budaya. Secara umum, rangkaian berita dalam program Berita Global mengacu pada berita yang baik. Selain mengutamakan aktualitas, Berita Global juga mengulas berbagai berita secara lengkap, kritis, dan akurat.

 

E. Saran

Kepada Pihak Instansi : PT. Global Informasi Bermutu ( GLOBAL TV )

  • Ketepatan Waktu

Sebagai seorang Jurnalis yang baik, tentunya masalah ketepatan waktu menjadi hal yang sangat utama. Tentunya kita tidak mau berita yang akan diliput gagal hanya karena masalah tidak tepat waktu. Maka dari itu, Ketepatan waktu sangat dibutuhkan seluruh staff divisi news Global TV.

  • Team Work

Seperti yang telah ditulis dalam kesimpulan, team work adalah hal yang paling penting dalam memproduksi suatu berita. Maka dari itu, koordinasi dan komunikasi antara koordinator liputan, kameraman dan reporter baik di studio maupun di lapangan harus terjalin dengan baik.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Lesbianisme Dalam Novel (Studi Semiotika Tentang Makna Lesbianisme Dalam Novel Gerhana
  2. Aktivitas Marketing Public Relations Dalam Membina Hubungan Dengan Travel
  3. Kegiatan Pemberitaan Dalam Meningkatkan Kinerja Humas Pemerintahan Kabupaten Boyolali
  4. Peran Kameraman Dalam Proses Penyampaian Berita Pada Program Berita Di Global Tv
  5. Tugas Produser Dan Pelaksanaan Produksi Program Acara Televisi Di Stasiun Jogja Tv

 

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply