HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Proses Produksi Berita di PT. Radio Karavan FM Surakarta

Judul Tesis : Proses Produksi Berita di PT. Radio Karavan FM Surakarta

A. Latar Belakang

Radio sebagai media massa memegang peranan penting dalam penyebaran informasi kepada masyarakat. Kekhususan ciri yang dimilikinya menjadikan radio dapat menyebarkan informasi secara serentak dengan jangkauan wilayah yang luas.

Pemenuhan kebutuhan informasi untuk masyarakat merupakan tuntutan utama bagi media, khususnya radio dan media lainnya untuk menarik target pendengarnya. Untuk itulah radio menyediakan program acara berita yang aktual dan menarik baik dari segi materi maupun kemasannya. Aktualitas dan objektivitas berita radio menjadi nilai plus jurnalisme.

 

B. Tujuan KKM

  1. Guna memenuhi persyaratan untuk meraih gelar Ahli Madya (A.Md) jurusan Broadcasting FISIP UNS.
  2. Memantapkan kesiapan diri dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.
  3. Menambah pengetahuan yang lebih mendalam mengenai proses produksi berita.

 

C. Landasan Teori

Jurnalistik

Pada dasarnya jurnalistik berasal dari bahasa Belanda “jouralistiek”, bahasa Inggris “journalism”, atau bahasa Perancis “journal”. Journal berasal dari kata “jour” yang berarti hari. Maka journal berarti catatan harian (Olii, 2007: 18).

Struktur Berita Radio

Pada umumnya dalam jurnalistik dikenal tiga bentuk kisah berita yaitu piramida terbalik (inverted pyramid), piramida baku (standard pyramid) dan sistem blok (block system) (Effendy, 1990). Diantara ketiga bentuk tersebut, yang paling sering digunakan adalah bentuk piramida terbalik. Bentuk ini terbagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah “lead” (teras) dan yang kedua adalah “body” (tubuh).

Reportase

Reportase atau siaran pandangan mata (on the scne reporting) terkadang disebut juga “actuality reporting” adalah siaran yang dilakukan di luar studio (remote broadcast ; outside broadcast). Seorang reporter yakni orang yang memberikan laporan pandangan mata dituntut memiliki wawasan radio secara umum dan jurnalistik radio. Penguasaan wawasan tentang masalahmasalah aktual dapat ditempa dan ditambah setiap waktu. Bahkan sikap peka informasi ini merupakan modal utama menjadi reporter, sebab informasi dari media lain seringkali menjadi bahan awal, guna mengembangkan informasi lanjutan bagi radio (Masduki, 2001 : 99).

 

D. Kesimpulan

  1. Sebagai radio bisnis dan hiburan, PT. Radio Karavan selalu ingin menyajikan berita yang aktual maka dari itu proses produksi berita di PT. Radio Karavan membutuhkan suatu kerjasama tim (team work) yang baik.
  2. Bahan berita yang disiarkan berasal dari internet atau media lain dan reportase langsung dari reporter.
  3. Untuk dapat menyajikan berita yang baik dan berkualitas, perlu melewati beberapa proses seperti rapat redaksi, peliputan, editing, evaluasi, koordinasi yang baik dengan divisi on air, hingga akhirnya dapat dinikmati pendengar melalui penyiar.

 

E. Saran

  1. Sebaiknya ada penyiar pengganti apabila penyiar utama yang akan membacakan berita berhalangan hadir karena akan mempengaruhi penilaian masyarakat terhadap konsistensi dan komitmen PT. Radio Karavan sebagai radio bisnis, yang berarti harus menyajikan informasi yang aktual untuk masyarakat.
  2. Selalu memperhatikan alatalat produksi berita seperti komputer dan internet agar proses produksi berita berjalan lancar.
  3. Tetap menjaga mutu materi acara siaran mulai dari muatan isi acaranya maupun penyiarnya.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Tugas dan Peran Bidang Humas di Badan Informasi dan Komunikasi Pemerintah Kota Surakarta
  2. Proses Produksi Berita di PT. Radio Karavan FM Surakarta
  3. Mekanisme Kerja Divisi Grafis Surat Kabar pada PT. Suara Merdeka Perss Kantor Cabang Surakarta
  4. Media Desain Komunikasi Visual sebagai Refleksi Nilai Sosial terhadap Masyarakat
  5. Analisis Pengaruh Pesan Iklan Rokok Sampoerna A Mild di Media Cetak Terhadap Efektifitas
  6. Proses Keputusan Inovasi Program Buku Sekolah
  7. News Sport Radio Asri Sragen Sebagai Berita Olahraga Aktual yang Disiarkan Selama 5 Menit
  8. Fotografi dalam Aplikasi Poster Sebagai Media Komunikasi tentang Masalah Pathologi Sosial di Surakarta
  9. Perancangan Komik Hyang dalam Menumbuhkan Apresiasi Generasi
  10. Citra Politisi Lokal dalam Iklan Politik {Analisis Wacana Citra Mardjoko}

 

Incoming search terms:

Leave a Reply