HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Daya Tarik Iklan Produk Rokok Gudang Garam Merah di Media Televisi

Judul Skripsi : Daya Tarik Iklan Produk Rokok Gudang Garam Merah di Media Televisi

 

A. Latar Belakang Skripsi

Ada beberapa versi iklan Gudang Garam di televisi, akhir-akhir ini versi yang sering ditayangkan di televisi adalah sebagai berikut : Seorang pemuda keren yang akan naik bis angkutan kota dengan beberapa calon penumpang bersama-sama menunggu bis. Setelah bis berhenti semua penumpang bergegas segera masuk untuk mencari tempat duduk. Kebetulan semua tempat duduk penuh termasuk pemuda keren sudah dapat tempat duduk. Namun dibelakangnya masih ada beberapa penumpang yang ikut bis tersebut ada ibu paruh baya dengan bawaan yang berat tidak ada yang berani memberikan tempat duduk, dengan berani dan semangat pemuda keren berdiri, menawarkan tempat duduknya.

Iklan rokok Gudang Garam Merah ditelevisi selalu menampilkan seorang figur pemuda yang memiliki jiwa sosial, pemberani dan lelaki solitair. Ada beberapa versi iklan Gudang Garam Merah, yang selalu mencoba menampilkan kondisi realita kehidupan sosial dimasyarakat. Untuk iklan Gudang Garam Merah ini ingin memberi pesan kepada masyarakat bahwa kita harus menghormati orang yang lebih tua dan belajar untuk bersabar. Dari versi iklan rokok Gudang Garam Merah ini, penulis memandang perlu untuk melakukan penelitian terhadap iklan rokok Gudang Garam Merah yang ditayangkan ditelevisi. Berdasarkan alasan tersebut maka topik yang penulis ambil adalah “Daya Tarik Iklan Produk Rokok Gudang Garam Merah di Media Televisi“.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana daya tarik iklan rokok Gudang Garam Merah dimedia televise apabila ditinjau dari pesan iklan (X1), audio(X2), bintang iklan (X3), dialog(X4), penampilan visual(X5) dan pengaturan(X6)?
  2. Manakah diantara faktor pesan iklan (X1), audio (X2), bintang iklan (X3), dialog (X4), penampilan visual (X5) dan pengaturan (X6) yang memberikan daya tarik terbesar dalam iklan rokok Gudang Garam Merah di media televisi?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Periklanan

Periklanan merupakan salah satu dari empat alat utama yang digunakan oleh perusahaan untuk mengarahkan komunikasi yang meyakinkan kepada sasaran pembeli dan publik. Periklanan adalah komunikasi non-individu dengan sejumlah biaya dengan berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non-laba, serta individu-individu (Swastha dan Irawan, 1983, hlm. 245).

Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen adalah proses dimana individu atau kelompok memilih, membeli, menggunakan dan membeli ulang barang, jasa, gagasan, atau pengalaman untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen.

Sikap Konsumen

Sikap konsumen merupakan salah faktor intern yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian suatu produk. Sikap merupakan faktor yang tepat untuk meramalkan perilaku dimasa yang akan datang. Jadi dengan mempelajari sikap seseorang, diharapkan dapat menentukan apa yang akan dilakukan dan apa yang harus dihindari. Sikap (attitude) adalah evaluasi, perasaan emosional dan kecenderungan tindakan yang menguntungkan dan bertahan lama dari seseorang terhadap beberapa obyek atau gagasan ( Kotler, 1997, hlm. 167 ).

 

D. Metode Penelitian

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mereka yang memutuskan membeli dan mengkonsumsi rokok, tanpa membedakan jenis kelamin dan yang berusia diatas 17 tahun keatas.

Sampel penelitian ini adalah 100 konsumen yang dianggap telah cukup mewakili populasi yang diteliti.

Teknik penarikan sampel menggunakan “convenience samples” yaitu memilih sampel dari elemen populasi yang datanya mudah didapatkan oleh peneliti.

Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif.

 

E. Kesimpulan

Berdasarkan analisis deskriptif diketahui bahwa konsumen memiliki motivasi yang tinggi terhadap variabel pesan iklan, audio, bintang iklan, dialog, penampilan visual, pengaturan dan daya tarik iklan pada iklan produk rokok Gudang Garam di telivisi, terbukti dari jawaban responden yang  mayoritas menjawab setuju dan sangat setuju.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Daya Tarik Iklan Produk Rokok Gudang Garam Merah di Media Televisi
  2. Pelaksanaan Advertising yang Efektif Guna Meningkatkan Volume Penjuala pada Hotel
  3. Penerapan Metode Studi Waktu pada Karyawan dalam Rangka Mencapai Efisiensi
  4. Pentingnya Pelaksanaan Advertising yang Efektif Guna Meningkatkan Volume
  5. Strategi Saluran Distribusi yang Efektif Guna Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Tegel Fass
Incoming search terms:

Leave a Reply