HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Proses Pembuatan Program Berita “Jawa Timur dlm Berita”

Judul Tesis : Proses Pembuatan Program Berita “Jawa Timur Dalam Berita” di TVRI Stasiun Jawa Timur Periode 1 Maret – 1 April 2007

 

A. Latar Belakang

Perkembangan teknologi televisi di Indonesia khususnya yang berkaitan langsung dengan produksi program siaran berlangsung sangat cepat, berjalan sejajar dengan perkembangan teknologi penyiarannya. Pendayagunaan perangkat teknologi televisi secara optimal yang terencana dengan baik, memiliki potensi yang besar untuk melakukan inovasi baru bagi lahirnya program siaran televisi yang berkualitas secara luas, bahkan dapat dimanfaatkan untuk mendorong tumbuhnya kultur media yang lebih dinamis & kreatif sehingga dapat mendorong percepatan transformasi, ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya bagi masyarakat.

Dalam kaitan ini, dapat dikemukakan bahwa perkembangan teknologi televisi sesungguhnya merupakan faktor penting dalam upaya kita mencapai tahap sebagai bangsa modern, maju, kuat, mandiri, dan terbuka terhadap perkembangan kebudayaan (peradaban) dunia di masa mendatang. Di tengah kekhawatiran kita menghadapi kuatnya penetrasi budaya luar yang tidak sesuai dengan budaya kita, televisi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan memperkuat ketahanan budaya & politik melalui pengembangan proses kreatif bangsa dalam melakukan counter vision.

 

B. Tujuan

  1. Mendeskripsikan proses produksi program acara “Jawa Timur Dalam Berita” di Televisi Republik Indonesia stasiun Jawa Timur.
  2. Memahami manajemen redaksi Bagian Pemberitaan di sebuah stasiun Televisi.
  3. Memahami proses produksi Berita “ Jawa Timur dalam Berita “ di TVRI stasiun Jawa Timur.

 

C. Landasan Teori

Komunikasi :

Komunikasi merupakan masalah hubungan dari orang yang satu Ke orang yang lain, apabila kita akan mengadakan komunikasi maka kita saling tukar menukar pikiran atau pendapat. Wilbur Scrammm, dalam buku panduan . (Sigit Yuwono, S Sos MM, Teks Mata Kuliah Magang KEREDAKSIAN TVRI Jawa Timur, 2007, : 1), menyatakan bahwa kata communication berasal dari kata latin comunis yang berarti common (sama) dengan demikian apabila kita akan mengadakan komunikasi maka kita harus mewujudkan persamaan antara kita dengan orang yang kita ajak berkomunikasi.

Pengertian Komunikasi Massa

Menurut Phil Astrid, dalam buku panduan . (Sigit Yuwono, S Sos MM, Teks Mata Kuliah Magang KEREDAKSIAN TVRI Jawa Timur, 2007 : 7). Komunikasi massa ialah komunikasi yang menggunakan media atau media comunication. Dengan demikian maka komunikai yang berlangsung berhadapan dengan komunikan dalam arti jamak misalnya dengan massa.

Human Interest

Banyak berita bila ditulis secara hard news menjadi tidak menarik. Berita yang disebut human interest, story termasuk golongan ini. Berita human interest mengandung unsur-unsur yang menyentuh perasaan khalayak tetapi tidak mengandung atau hanya sedikit faktor-faktor yang penting. Berita yang mengandung keduaduanya yaitu faktor yang penting dan faktor yang menyentuh perasaan, tetapi human interest story ialah berita yang dimuat bukan karena ia mengandung fakta-fakta yang penting. Unsurunsur human interest ialah unsur dalam berita yang menbuat khalayak tertawa, tersenyum, atau merasa takut, sedih, marah atau bersemangat, atau termenung dan takjub tidak terlalu takut atau tidak terlalu marah, tidak terlalu takjjub, tapi sekedar memperoleh kesenangan dari yang dibangkitkan perasaan itu.

 

D. Kesimpulan

  1. Bahwa proses produksi ”Jawa Timur Dalam Berita” dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu :
    1. Tahap pertama ; pemunculan ide atau gagasan sebagai langkah reporter yang baik mengenai materi apa yang menarik atau kejadian yang sedang terjadi untuk dijadikan berita. Hal ini dilakukan sebelum melakukan peliputan dilapangan, dapat dilakukan bersama kepala redaktur, sesama reporter atau instansi terkait.
    2. Tahap ke dua ; Pengambilan gambar kejadian atau gambar berita sebagai materi berita yang bekerjasama dengan seorang kameramen (cameraman, red).
  2. Bahwa dari paparan yang telah kami kemukakan obyek atau materi

yang mengisi program ”Jawa Timur Dalam Berita” enam puluh persen didominasi oleh kontributor, hal ini membawa dampak positif yang menaikan citra stasiun TVRI sebagai stasiun milik pemerintah mampu menjawab tantangan era komunikasi saat ini, myang menuntut setiap stasiun berita menyuguhkan berita-berita terkini.

  1. Dikarenakan kurangnya motivasi kerja yang dimiliki oleh pegawai TVRI Stasiun Jawa Timur serta faktor usia yang sudah tua, mengakibatkan semakin menurunnya kualitas penyiaran. Terutama program Berita ”Jawa Timur Dalam Berita”.

 

E. Saran Tesis

  1. Memberikan ide-ide baru yang lebih segar dalam memproduksi program Jawa Timur Dalam Berita sehingga penonton tidak mudah jenuh dengan program tersebut.
  2. Mere-generasi pegawai usia yang sudah tidak produktif dengan usia yang masih produktif.
  3. Meningkatkan disiplin kerja agar tidak terjadi suasana kerja yang kurang efektif.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Propaganda Barat Terhadap Islam dalam Film (Studi Tentang Makna Simbol dan Pesan Film Fitna
  2. Laporan Kuliah Kerja Media (KKM) 2009 Mekanisme Kerja Reporter “Jabar Dalam Berita” di TVRI JAWA
  3. Peranan Kreatif Desain dalam Divisi Event Organizer Solopro PT. AKSARA SOLOPOS
  4. Eksploitasi Tubuh Perempuan dalam Iklan (Studi Analisis Wacana Kritis Iklan Televisi Axe “Call Me”
  5. Tanggapan Khalayak Terhadap Program “ Pangkas Listrik 17.00 – 22.00 “

 

Incoming search terms:

Leave a Reply