HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Pengaruh Komunikasi Kantor & Semangat Kerja trhdp Efektivitas Kerja

Judul Tesis : Pengaruh Komunikasi Kantor dan Semangat Kerja terhadap Efektivitas Kerja Pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Klaten Tahun 2006

 

A. Latar Belakang

Komunikasi kantor sangat penting bagi organisasi, karena dengan adanya komunikasi kantor yang efektif akan menimbulkan kerja sama atau koordinasi antar pegawai. Selain itu kemungkinan adanya kesalahan, keterlambatan dalam tugas dapat dikurangi sehingga pekerjaan dapat selesai dengan cepat, benar, tepat, dan efektif. Menurut Wursanto (1987: 229) :

“Pentingnya komunikasi kantor antara lain menimbulkan rasa kesetiakawanan dan loyalitas, meningkatkan kegairahan bekerja para pegawai, meningkatkan moral dan disiplin yang tinggi para pegawai, dengan mengadakan komunikasi semua jajaran pimpinan dapat mengetahui keadaan bidang yang menjadi tugasnya sehingga akan berlangsung pengendalian operasional yang efisien, dengan komunikasi semua pegawai dapat mengetahui kebijaksanaan peraturan-peraturan, ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh pimpinan, dengan komunikasi semua informasi, keterangan-keterangan yang dibutuhkan para pegawai dapat dengan cepat diperoleh, meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap semua pegawai… “.

Semangat kerja pegawai merupakan salah satu unsur penting bagi tercapainya tujuan organusasi. Berhasil tidaknya suatu organisasi atau perusahaan akan tergantung pada kemampuan kerja dan kesungguhan kerja dari pegawai perusahaan yang bersangkutan. Dengan semangat kerja yang tunggi berarti seseorang mau melaksanakan dan melakukan tugasnya dengan giat serta sungguh sungguh, sehingga pekerjaan dapat selesai dengan cepat dan kualitas pekerjaan yang baik sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Seperti yang dikemukakan oleh Nitisemito (1992: 160) sebagai berikut : “Semangat kerja adalah melakukan pekerjaan secara lebih giat sehingga dengan demikian pekerjaan akan dapat diharapkan lebih cepat dan lebih baik”.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara komonikasi kantor terhadap efektivitas kerja pegawai Kantor Pelayanan Pajak Klaten ?
  2. Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara semangat kerja terhadap efektivitas kerja pegawai Kantor Pelayanan Pajak Klaten ?
  3. Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi kantor dan semangat kerja terhadap efektifias kerja pegawai Kantor Pelayanan Pajak Klaten ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Komunikasi

Istilah komunikasi berasal dari bahasa Latin communicare yang berarti menyebarluaskan atau memberitahukan. Sedangkan dalam bahasa Inggris istilah yang identik dengan itu adalah communication yang diartikan sebagai suatu proses pengoperan lambang-lambang yang mengandung arti.

Pengertian Komunikasi Kantor

George Terry diterjemahkan oleh The Liang Gie (1981: 22) ”Pekerjaan kantor meliputi keterangan secara lisan dan pembuatan warkat-warkat tertulis dan laporan-laporan sebagai cara untuk meningkatkan banyak hal dengan cepat guna menyediakan suatu landasan fakta bagi tindakan kontrol dari pimpinan”.

Pengertian Semangat Kerja

Semangat kerja merupakan salah satu unsur penting bagi tercapainya tujuan organisasi. Berhasil tidaknya suatu organisasi akan tergantung pada kemampuan kerja dan kesungguhan kerja dari pegawai yang bersangkutan. Dengan semangat kerja yang tinggi berarti seseorang mau melaksanakan dan melakukan tugasnya dengan giat serta sungguh-sungguh, sehingga apa yang menjadi tujuan dapat tercapai dengan lancar. Seperti yang dikemukakan oleh Nitisemito (1992: 160) sebagai berikut : “Semangat Kerja adalah melakukan pekerjaan secara lebih giat sehingga dengan demikian pekerjaan akan dapat diharapkan lebih cepat dan lebih baik”.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ilmiah merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh kebenaran ilmiah. Suatu penelitian dapat dilakukan untuk memperoleh kebenaran ilmiah. Suatu penelitian dapat dikatakan bermutu atau mengandung kebenaran ilmiah apabila, penelitian tersebut dilakukan melalui prosedur yang sistematis, obyektif dan berdasarkan data yang benar.

Sebelum peneliti mengemukakan tentang metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, perlu dijelaskan terlebih dahulu pengertian metode dan penelitian.

Metode-metode penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode filosofis, metode deskriptif, metode historis dan metode eksperimen. Agar diperoleh kejelasan maka peneliti menjelaskan pengertian populasi dan sampel. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa angket dan dokumentasi.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi ganda.

 

E. Kesimpulan

  1. Ada pengaruh yang signifikan komunikasi kantor terhadap efektivitas kerja pegawai di kantor pelayanan Pajak Klaten.
  2. Ada pengaruh yang signifikan semangat kerja terhadap efektivitas kerja pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Klaten.
  3. Ada pengaruh yang signifikan komunikasi kantor dan semangat kerja terhadap efektivitas kerja pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Klaten.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Perancangan Komik Hyang dalam Menumbuhkan Apresiasi Generasi
  2. Citra Politisi Lokal dalam Iklan Politik {Analisis Wacana Citra Mardjoko – Husein
  3. Desain Komunikasi Visual dalam Kampanye Anti Rokok
  4. Desain Komunikasi Visual sebagai Pendukung Promosi
  5. Komik Sebagai Sarana Promosi Tempat Wisata Kota Solo untuk Remaja
  6. Proses Pembuatan dan Sistem Pemasangan Iklan di Harian Umum Radar Jogja
  7. Pengaruh Komunikasi Kantor dan Semangat Kerja terhadap Efektivitas
  8. Acara Talkshow ‘Kick Andy’ dan Wawasan Mahasiswa USU
  9. Customer Service dan Loyalitas Pelanggan
  10. Dinamika Komunikasi Antarbudaya Customer Service Representative Plasa Telkom dengan Pelanggan di Kantor Daerah Pelayanan Telekomunikasi Medan

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)