HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Administrasi Negara: Pengaruh Prinsip Good Governance trhdp Efektivitas Kerja

Judul Tesis : Pengaruh Pelaksanaan Prinsip-Prinsip Good Governance terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Kantor Dinas Jalan dan Jembatan Propinsi Sumatera Utara

 

A. Latar Belakang

Dalam waktu terakhir ini, telah terjadi perubahan pardigma organisasi dalam berbagai aspek, dari segi manjemen perubahan dari organisasi yang bersifat sentralisasi ke organisasi yang bersifat desentralisasi, gaya kerja organisasi yang kaku berubah menjadi lebih fleksibel, kekuatan organisasi yang sebelumnya dilihat dari tolak ukur stabilitas organisasi kini bergeser pada kemampuan organisasi untuk mengadaptasi perubahan. Faktor politik yang mempengaruhi perubahan peran organisasi dalam hal ini organisasi public menuntut penerapan Good Governance yakni penyelenggaraan pemerintahan negara yang bersih atau pemerintahan yang baik. Semangat reformasi telah mewarnai pendayagunaan aparatur negara dengan tuntutan untuk mewujudkan administrasi negara yang mampu mendukung kelancaran dan keterpaduan pelaksanaan tugas dan fungsi penyelenggaraan pemerintahan negara dan pembangunan, menuntut pelaksanaan good governance, dan Good Governance ini berlaku pada setiap pemerintahan daerah yang sangat diperlukan dalam penyelenggaraan otonomi daerah.

Dengan demikian organisasi publik setiap pemerintah daerah dalam pelaksanaan otonomi daerah diperlukan sumber daya manusia yakni aparatur pemerintah daerah yang mampu mewujudkan karakteristik good governance. Jelaslah bahwa perubahan paradigma organisasi yang memerlukan pendekatan baru di dalam pengelolaannya adalah pendayagunaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan organisasi yang diharapkan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa efektivitas organisasi tidak lepas dari efektivitas kerja pegawai sebagai salah satu unsur organisasi, memegang peranan penting dalam usaha mencapai tujuan organisasi. Oleh karena itu tanpa manusia dalam suatu organisasi maka tujuan organisasi yang telah ditentukan tidak akan tercapai sebagaimana yang diharapkan. Selanjutnya manusia merupakan salah satu unsur organisasi yang paling dinamis, artinya menginginkan perubahan, dengan demikian kedudukan manusia dalam organisasi tidak dapat disamakan dengan unsur-unsur lain. Sehingga dalam organisasi pengelolaan manusia sebagai sumber daya organisasi agar memiliki kemampuan untuk mewujudkan good governance.

 

B. Rumusan Masalah

“Bagaimana pengaruh pelaksanaan prinsip-prinsip Good Governance Terhadap efektivitas Kerja Pegawai di Kantor Dinas Jalan dan Jembatan Propinsi Sumatera Utara?”

 

C. Landasan Teori

Pengertian Good Governance

Istilah Good Governance berasal dari induk bahasa Eropa, Latin, yaitu Gubernare yang diserap oleh bahasa inggris menjadi govern, yang berarti steer (menyetir, mengendalikan), direct (mengarahkan), atau rule (memerintah). Penggunaan utama istilah ini dalam bahasa inggris adalah to rule with authority, atau memerintah dengan kewenangan.

Efektivitas

Efektivitas adalah suatu kosa kata dalam Bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa inggris yaitu: “Efective” yang berarti berhasil ditaati, mengesahkan, mujarab dan mujur. Dari sederetan arti di atas, maka yang paling tepat adalah berhasil dengan baik. Jika seseorang dapat bekerja dengan baik maka ia dapat dikatakan bekerja dengan efektif.

Pengukuran Efektivitas Kerja

Pada dasarnya efektivitas kerja dimaksudkan untuk mengukur hasil pekerjaan yang dicapai sesuai dengan rencana, sesuai dengan kebijaksanaan atau dengan kata lain mencapai tujuan, maka hal itu dikatakan efektif. Nilai efektivitas pada dasarnya ditentukan oleh tercapainya tujuan organisasi serta factor kesesuian dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Jadi efektivitas kerja pada tiap-tiap organisasi akan berbeda-beda antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lainnya, tergantung pada jenis dan sifat dari organisasi yang bersangkutan.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini dilakukan di Kantor Dinas Jalan dan Jembatan Kota Medan. Populasi penelitian adalah seluruh staff pegawai Kantor Dinas Jalan dan Jembatan Propinsi Sumatera Utara sebanyak 228 orang.

Sample ditetapkan sebanyak 70 orang berdasarkan rumus Toro Yamane. Teknik Analisa data yang dilakukan adalah dengan analisis deskriptif, dan untuk mengetahui hubungan antara variabel digunakan analisis Korelasi Product Moment Pearson.

 

E. Kesimpulan

  1. Pelaksanaan prinsip-prinsip Good Governance di Dinas Jalan dan Jembatan Propinsi Sumatera Utara dikatagorikan baik. Akan tetapi pimpinan organisasi harus mampu mengkoordinasi bawahan agar pelaksanaan kegiatan organisasi dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip administrasi dan peraturan serta kebijaksanaan organisasi.
  2. Efektivitas kerja pegawai di Dinas Jalan dan Jembatan Propinsi Sumatera Utara dikatagorikan baik / efektif.
  3. Ada pengaruh antara pelaksanaan prinsip-prinsip Good Governance terhadap efektivitas kerja pegawai di Dinas Jalan dan Jembatan Propinsi Sumatera Utara. Hal ini memberi gambaran bahwa apabila pelaksanaan prinsip-prinsip Good Governance ditingkatkan akan meningkatkan efetivitas kerja pegawai. Besar pengaruh pelaksanaan prinsip-prinsip Good Governance terhadap efektivitas kerja pegawai di Dinas Jalan dan Jembatan Propinsi Sumatera Utara sebesar 31,24 %.

 

Contoh Tesis Administrasi Negara

  1. Kopi Si Galar Utang (Kehidupan Sosial Ekonomi Keluarga Petani Kopi di Dusun Sibangun Meriah Desa Bangun Seribu Kec Silimakuta Kab Simalungun)
  2. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Tentang Pelayanan Stnk di Kantor Bersama Samsat Pematang Siantar)
  3. Pengaruh Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kab Dairi Sumut
  4. Pengaruh Pelaksanaan Good Governance terhadap Kinerja Organisasi
  5. Pengaruh Pelaksanaan Prinsip-Prinsip Good Governance terhadap Aktivitas Kerja Pegawai Kantor Dinas Jalan dan Jembatan Prop Sumut

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)