HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Media Desain Komunikasi Visual sbg Refleksi Nilai Sosial trhdp Masyarakat

Judul Tesis : Media Desain Komunikasi Visual sebagai Refleksi Nilai Sosial terhadap Masyarakat

 

A. Latar Belakang

Kami kira berita pertanyaan tersebut terlalu buruk untuk kita dengarkan! Benarkah kita harus lebih peduli dengan gencar gencarnya himbauan pemerintah untuk lebih menanamkan minat untuk pergi ke Mall terkemuka dan pembangunan masyarakat masyarakat hedonis untuk mendidik kita untuk menjadi manja? Padahal kita lebih tahu berapa ratus ribu jiwa tetangga kita bahkan saudara saudara kita harus berela rela mengais ngais sampah untuk mendapatkan makan dan berapa juta manusia setiap malam harus tidur dengan ketidaknyamanan dengan suara berisik kereta api produk perumka.

Sungguh sangat ironis bagi kita atas kondisi ini. Budaya Jawa bagi generasi muda sekarang bak sebuah sampah yang perlahan harus kita singkirkan perlahan lahan, bak sebuah aib yang membuat generasi kita dapat sebutan ketidakgaulan atas penghargaannya untuk budaya Jawa. Padahal kita harusnya lebih tahu dibanding orang Batak bahwa budaya Jawa dimanapun selalu menjadi panutan yang positif buat kita hidup.”Piye carane golek iwak neng ora buket banyune?”(Bagaimana cara mencari ikan supaya airnya tidak keruh?) Salah satu falsafah Jawa yang kalau kita telaah matang matang falsafah Jawa tersebut banyak nilai yang bisa kita ambil sebagai panutan kita hidup sebagai manusia sosial beragama dengan lingkungan plural dengan segala latar belakang yang serba berbedanya. Kesabaran untuk lebih menelaah masalah yang ada, penghargaan untuk saling menghargai, hormat menghormati, saling menjaga satu sama lain. Kita disini dituntut menggunakan logika kita bukan untuk berpikir dengan ego-ego kita dalam bertindak tanpa menimbulkan masalah yang lebih runyam terjadi. Hal yang paling menonjol untuk nilai yang bisa kita ambil dari falsafah Jawa tersebut dibalik semua ini masih banyak pelajaran yang bisa kita ambil untuk menjadikan kita hidup benar benar menjadi seorang manusia beradab. Dengan membawa segudang nilai nilai sosial untuk menjadikan hidup kita lebih baik.

 

B. Rumusan Masalah Tesis

  1. Bagaimana Film”Demi harapan Untuk Menjadi manusia” bisa menjadi refleksi nilai sosial positif bagi masyarakat?
  2. Bagaimana menjadikan media Audio Visual (Film) agar dpat dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat sehingga masyarakat bisa merubah pola pikir positif terhadap nilai sosial?

 

C. Tinjauan Pustaka

Data Produk

Pergeseran budaya yang semakin meraja lela, tingkat konsumtif meningkat, intelektualitas golongan (tayangan berita Metro TV). Hal ini memicu perkembangan pola pikir dan budaya apa yang teranut oleh masyarakat kita sekarang. Hal yang paling mudah kita lihat pengaruh televisi terhadap pola pikir masyarakat kita saat ini. Hampir semua stasiun televisi berlomba untuk menyuguhkan kehidupan glamour yang secara tidak sadar hal itu menimbulkan perubahan pola pikir yang cukup signifikan untuk sedikit demi sedikit menjauhi terhadap penghargaan nilai nilai sosial (Sunardian Wirodono). Bagaimana tidak mungkin jikalau setiap detik kita dihadapkan kepada suasana sekolah yang tersibukkan dengan kehidupan realita percintaan kaum remaja bukan suasana sibuknya penelitian tentang maraknya penghuni penghuni liar sepanjang jalan jalan kota besar yang dikarenakan mereka tidak tuhu lagi harus tinggal dimana? Anak anak jalanan yang berputus asa dengan meninggalkan kewajibannya sekolah.

Target Market

Sasaran market yang ingin dicari dalam soialisasi nilai sosial yang semakin pudar oleh gempuran budaya asing yang disini kami menggunakan media film pendek dan berbagai media cetak lain adalah seluruh lapisan masyarakat kita yang bisa memahami kondisi realita kehidupan sosial kita saat ini.

Kompetitor/Komparasi

Melihat dari segi pembuatan, divisi peralatan, Finansial dan SDM yang kami punya saat ini Film yang coba kami usung ini tergolong film indie kelas Entry. Dalam lingkup Film indie hal yang berhubungan dengan keterbatasan memang sangat akrab dengan komunitas pembuat film indie. Segala sesuatu yang kami pakai untuk proses pembuatan Film serba sangat terbatas. Berbeda dengan Film “Daun diatas Bantal “karangan Sutradara kondang Garin Nugroho dari segi finansial film ini tidak diragukan akan kehabisan modal, dari segi konsep alur cerita sungguh mencegangkan, memang semua Film tidak tergantung dari satu segi saja banyak segi yang mendukung kualitas Film. Film yang sekarang banyak disuguhkan kepada masyarakat kita saat ini cenderung tidak mendidik ke hal yang positif bagi penanaman nilai nilai sosial, dan yang lebih tersayangkan masyarakat kita justru tertarik dan memiliki antusias yang cukup aktif menanggapi kehadiran Film Film layar lebar yang sarat kehidupan hedonis !!. Dengan keadaan yang seperti itu Sutradara-sutradara Indonesia mungkin akan lebih memikirkan bagaimana membuat Film yang bisa diterima masyarakat kita sekarang ini, dengan kata lain kejayaan kualitas dunia Film Indonesia dimasa lampau untuk mensosialisasikan nilai moralitas hidup sulit terulang.

 

D. Kesimpulan

  1. Media komunikasi audio visual adalah media yang patut kita jadikan proses pembelajaran terhadap suatu hal yang baru, karena disitu perasaan kita dipermainkan untuk terhanyut dalam suasana film yang kita buat.
  2. Hal yang paling menuntut kita bersikap adalah apa yang kita lihat !!
  3. Pembuatan Film ternyata tida semudah yang kita bayangkan, kita tertantang dengan talent yang serba ngambek dan cuaca yang kadang tak bersahabat.

 

E. Saran

  1. Dalam pembuatan film hendaknya lebh banyak pertimbangan dan lebih sring hunting lokasi yang sesuai dengan karakter film yang akan anda buat.
  2. Sebaiknya cari pemain yang berkomitmen bahwa memang benar benar membuat film, bukan pemain yang senang karena berada di depan kamera.
  3. Siapka divisi finansial yang cukup.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Tugas dan Peran Bidang Humas di Badan Informasi dan Komunikasi Pemerintah Kota Surakarta
  2. Proses Produksi Berita di PT. Radio Karavan FM Surakarta
  3. Mekanisme Kerja Divisi Grafis Surat Kabar pada PT. Suara Merdeka Perss Kantor Cabang Surakarta
  4. Media Desain Komunikasi Visual sebagai Refleksi Nilai Sosial terhadap Masyarakat
  5. Analisis Pengaruh Pesan Iklan Rokok Sampoerna A Mild di Media Cetak Terhadap Efektifitas
  6. Proses Keputusan Inovasi Program Buku Sekolah
  7. News Sport Radio Asri Sragen Sebagai Berita Olahraga Aktual yang Disiarkan Selama 5 Menit
  8. Fotografi dalam Aplikasi Poster Sebagai Media Komunikasi tentang Masalah Pathologi Sosial di Surakarta
  9. Perancangan Komik Hyang dalam Menumbuhkan Apresiasi Generasi
  10. Citra Politisi Lokal dalam Iklan Politik {Analisis Wacana Citra Mardjoko}

 

Incoming search terms:

Leave a Reply