HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Fungsi Public Relations yg Dijalankan Departemen Personalia

Judul Tesis : Fungsi Public Relations yang Dijalankan Departemen Personalia dalam Membangun Citra Perusahaan di Hotel Agas Internasional Solo

 

A. Latar Belakang

Dengan tumbuhnya kesadaran akan pentingnya hubungan itu, maka muncullah berbagai kegiatan khusus mengenai usaha yang dikenal sebagai hubungan kerja, administrasi kepegawaian, hubungan atasan dan bawahan yang tercakup dalam kegiatan employee relations (F. Rachmadi, 1992; 2).

Tujuan komunikasi pegawai itu sendiri adalah menghilangkan kesalahpahaman antara pihak manajemen dan para pegawai yang seringkali menjadi pangkal tolak pemogokan. Lebih dari itu, dengan mengelola hubungan baik dengan para karyawan dan perusahaan dimana dia bekerja. Dengan terciptanya sense of belonging dikalangan karyawan semakin tinggi (M. linggar Anggoro, 2000; 225).

 

B. Tujuan

  1. Mengetahui secara langsung kegiatan Departemen Personalia di Hotel Agas Internasional.
  2. Menerapkan teori – teori yang didapat di bangku kuliah ke dalam praktek dunia kerja nyata.

 

C. Tinjauan Pustaka

Definisi Public Relations

Bidang Public Relations adalah suatu bidang yang sangat luas yang menyangkut hubungan dengan berbagai pihak. Public Relations tidak sama dengan sekedar relations, meskipun personal relations mempunyai peranan yang sangat besar dalam kampanye Public Relations. Public Relations merupakan suatu fungsi strategi dalam manajemen yang melakukan komunikasi untuk menimbulkan pemahaman dan penerimaan dari publik.

Fungsi Public Relations

Pada dasarnya fungsi Public Relations dalam suatu perusahaan adalah untuk membangun hubungan yang harmonis dengan publiknya agar tercapai pengertian bersama sehingga akan memperoleh image yang positif dari publiknya.

Publik dalam Public Relations

Secara geografis publik dapat diartikan sebagai sejumlah orang yang berkumpul bersama-sama disuatu tempat tertentu. Maka terjadilah pembagian publik menjadi publik nasional, regional dan lokal. Secara psikologis publik adalah orang-orang yang sama-sama menaruh perhatian terhadap suatu kepentingan yang sama tanpa ada sangkut-pautnya dengan tempat dimana mereka berada.

 

D. Kesimpulan

Hubungan antarkaryawan di Hotel Agas Internasional telah terjalin dengan baik dan tidak pernah mengalami konflik dalam perusahaan. Fungsi Humas Internal di Hotel Agas Internasional dilaksanakan oleh seorang HRM dan dibantu oleh seorang staffnya melalui berbagai program employee relations yang diantaranya:

  • Perencanaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui manpower planning dan training program maupun managerial development.
  • Pembinaan mental.
  • Team building
  • Kegiatan olah raga dan kegiatan kekeluargaan.
  • Pemilihan Best Employee

 

E. Saran Tesis

  1. Pelaksanaan Personalia di Hotel AGAS Internasional sudah berjalan cukup baik, tetapi akan lebih baik lagi jika ada komunikasi yang lebih banyak lagi sehingga Personalia tidak dianggap sebagai “Neraka” oleh para karyawan. Jadi, jika karyawan akan memasuki ruang personalia bias dengan hati yang lega dan tenang.
  2. Koordinasi antar departemen di Hotel AGAS Internasional perlu ditingkatkan lagi demi terwujudnya manajemen perusahaan yang baik.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Propaganda Barat Terhadap Islam dalam Film (Studi Tentang Makna Simbol dan Pesan Film Fitna
  2. Laporan Kuliah Kerja Media (KKM) 2009 Mekanisme Kerja Reporter “Jabar Dalam Berita” di TVRI JAWA
  3. Peranan Kreatif Desain dalam Divisi Event Organizer Solopro PT. AKSARA SOLOPOS
  4. Eksploitasi Tubuh Perempuan dalam Iklan (Studi Analisis Wacana Kritis Iklan Televisi Axe “Call Me”
  5. Tanggapan Khalayak Terhadap Program “ Pangkas Listrik 17.00 – 22.00 “

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply