HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Aktivitas Marketing Public Relation pd Harian Pagi Lombok Post

Judul Tesis : Aktivitas Marketing Public Relation pada Harian Pagi Lombok Post

 

A. Latar Belakang

Pendekatan relasi oleh Public Relations pada suatu perusahaan dapat berupa, menciptakan yang belum ada tetapi menjadi suatu kebutuhan dan tuntutan, mengembangkan yang sudah ada sesuai dengan tuntutan dan perubahan yang terjadi di masyarakat, serta membuat maju yang sudah berkembang sehingga mampu bersaing dengan perusahaan lain dan kemudian volume penjualan pun akan meningkat. Dan dalam kegiatan promosi, akan berjalan baik jika Public Relations ikut andil dalam aktivitas marketing. Karena dengan kemampuan membujuk yang dimiliki seorang Public Relations akan lebih memudahkan kinerja divisi Marketing dalam memasarkan produknya.

Tugas Public Relations dalam membantu aktivitas marketing antara lain adalah membantu divisi Marketing dalam mengevaluasi dan menyeleksi pangsa pasar yang akan dilayani, membantu menyeleksi sifat-sifat pelayanan yang disesuaikan dengan kebutuhan target pangsa pasar sehingga melebihi usaha-usaha yang dilakukan oleh pesaingnya, membantu menetapkan strategi pemasaran yang selalu berorientasi pada pelanggan, serta mengembangkan proses komunikasi untuk menginformasikan kepada calon konsumen tentang pelayanan dan meninggkatkan penggunaannya.

 

B. Tujuan

Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa di dalam penerapan, penguasaan, dan pengembangan sesuai dengan ilmu yang telah diperoleh selama berada di bangku kuliah pada dunia kerja yang sesungguhnya. Selain itu juga untuk membandingkan antara teori yang didapat selama di bangku kuliah dengan teori yang ada pada divisi Public Relations di dunia kerja nyata.

 

C. Tinjauan Pustaka

Definisi Public Relations

Public Relations adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi publik, memperkenalkan berbagai kebijakan dan prosedur dari suatu individu atau organisasi berdasarkan kepentingan publik, dan membuat perencanaan, dan melaksanakan suatu program kerja dalam upaya memperoleh pengertian dan pengakuan publik.” (Glenn & Griswold, 1948 : 4)

 

Tugas Public Relations

Sederhananya Public Relations mempunyai tugas-tugas sebagai berikut :

  1. Menjalankan program terencana dan berkesinambungan sebagai bagian dari manajemen organisasi.
  2. Berurusan dengan hubungan antara organisasi dengan publiknya.
  3. Memantau pengetahuan, pendapat, sikap, dan prilaku didalam dan diluar organisasi.

Marketing Public Relations (MPR)

Istilah Marketing Public Relations dikemukakan pertama kali oleh Thomas L. Harris yang memberikan pengertian sebagai berikut :

Marketing Public Relations is the process of planning and evaluating programs that encourage purchase and customers satisfying through credible and their products with need, concern of customers.” (Marketing Public Relations adalah proses perencanaan dan pengevaluasian program-program yang mendorong pembelian dan kepuasan pelanggan melalui komunikasi berisi informasi yang dapat dipercaya dan kesan yang menggambarkan perusahaan dan produk-produknya sesuai dengan kebutuhan pelanggan. (Rosady Ruslan, 2001 : 243)

 

D. Kesimpulan

Dalam kegiatan pemasaran, Harian Pagi Lombok Post menggunakan lima konsep dalam menjalankan kegiatannya, yakni, berupaya mengeluarkan biaya yang rendah dan pencapaian distribusi secara besar-besaran, karena konsumen lebih menyukai produk yang murah dan mudah didapatkan dimana-mana, menegaskan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang menawarkan ciri paling bermutu, berkinerja atau inovatif. Harian Pagi Lombok Post juga mengasumsikan bahwa konsumen umumnya menunjukan penolakan pembelian sehingga harus dibujuk untuk membeli, jadi perusahaan harus memiliki banyak alat penjualan promosi yang efektif untuk merangsang lebih banyak calon pelanggan. Sebuah filosofi bisnis untuk menciptakan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar sasaran yang terpilih, aktivitas yang digunakan perusahaan untuk menjual citra, produk atau jasa ke pasar guna membangun hubungan atau kemitraan yang berdasarkan satu kepedulian demi mendapatkan manfaat timbal balik sehingga konsep pemasaran peduli masyarakat merupakan peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan reputasi, menaikkan pengenalan merek, meningkatkan kesetiaan pelanggan, membangun penjualan.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Mekanisme Kerja Divisi Kreatif Dalam Memproduksi Iklan Cetak di PT. Octa Mitra Media Advertising
  2. Proses Kerja Divisi Kreatif dalam Suatu Promo Launching Honda Revo di Cv. Frontline Indonesia
  3. Tugas Script Writer dalam Penulisan Naskah Feature di Ph Media Visitama Communication
  4. Aktivitas Marketing Public Relation Pada Harian Pagi Lombok Post
  5. Proses Produksi dalam Program Acara Tukar Nasib di Dreamlight World Media

 

Leave a Reply