HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komuikasi: Peran Kegiatan Media Kliping Bagi Public Relation PT. TELKOM KANDATEL

Judul Tesis : Peran Kegiatan Media Kliping Bagi Public Relation PT. TELKOM KANDATEL Yogyakarta

 

A. Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, PT. Telkom mempunyai komitmen yang cukup realistis dalam menunjang dan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menyediakan berbagai fasilitas dari produk yang dikemasnya. Saat ini perusahaan yang sudah malang melintang di dunia pertelekomunikasian tersebut sahamnya sudah dapat dimiliki oleh publik. Pada persaingan bebas ini, PT. Telkom telah dapat memenuhi konsekuensinya sebagai perusahaan publik dengan menjadi pionir di dunia pertelekomunikasian.

Peta bisnis telekomunikasi mengalami perubahan sangat cepat dan semakin tidak menentu. Menghadapi perubahan lingkungan bisnis seperti ini, PT. Telkom harus dapat melakukan inovasi dan berbagai langkah strategis. Langkah strategis tersebut guna mengamankan sustainability sekaligus memperkokoh kemampuan daya saing. Untuk itu dibutuhkan peran Public Relation dalam merancang langkah – langkah strategis agar perusahaan tetap eksis.

 

B. Tujuan Penelitian Tesis

  1. Untuk menerapkan dan mempraktekkan pengetahuan dan teori yang didapat selama perkuliahan untuk diaplikasikan kedunia kerja.
  2. Untuk mengenal, mengetahui, adaptasi, dan mengembangkan interaksi pada dunia kerja dan lingkungan kerja yang nyata.
  3. Menyiapkan mahasiswa Diploma III menjadi tenaga ahli yang handal dan profesional di bidang Public Relation.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pubic Relation

Menurut Kamus Institut of Public Relation, “Praktik PR adalah keseluruhan upaya yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memeliharan niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan khalayaknya” (M.Linggar Anggoro, 2005:1-2).

Fungsi Public Relation

Secara struktural, Public Relation merupakan salah satu bagian intergral.. Artinya PR merupakan salah satu fungsi manajemen modern yang bersifat melekat pada manajemen perusahaan ( corporate managemen funtion ). Itu berarti PR harus dapat berperan dalam melakukan komunikasi timbal balik ( two ways communication ) dengan tujuan menciptakan saling pengertian ( mutual understanding ), saling menghargai ( mutual appreciation ), saling mempercayai ( mutual confidence ) menciptakan good will, memperoleh dukungan publik ( public support ) dan sebagainya demi tercapainya citra yang positif bagi suatu lembaga/perusahaan (coporate image) (Rosadi Ruslan, 2003:33).

 

Stakholder dan Publik

Sering kita mendengar penyamaan antara stakholder dengan publik. Meski tak sama betul antara publik dengan stakholder, namun pada konteks ini kita bisa menyamakan antara publik dengan stakholder. Keduanya sama – sama sebagai pihak yang dilayani dan dijembatani melali berbagai kegiatan PR (Rhenald Kasali, 2000,66).

 

D. Kesimpulan

  1. Penulis telah menerapkan dan mempraktekkan pengetahuan yang penulis dapatkan di bangku perkuliahan dan dapat mengaplikasikan seluruh pengetahuan mengenai ke-Public Relatioan-an yang didapat selama kuliah ke dalam dunia kerja secara nyata.
  2. Penulis dapat beradaptasi dengan lingkungan baru di dunia kerja selama melaksanakan Kuliah Kerja Media di PT. Telkom Kandatel Yogyakarta.
  3. Penulis dapat terjun secara langsung dalam dunia kerja di bidang Public Relation misalnya dalam menganalisa press kliping, sehingga diharapkan kelak penulis bisa menjadi seorang Public Relation yang handal.

 

E. Saran

  1. Saran untuk Instansi
  2. Dalam pengelolaan PKL sebaiknya ada salah satu pihak PT. Telkom ada yang menanganinya secara langsung, supaya tidak terjadi ke bingungan pada siswa magang yang magang dibulan berikutnya.
  3. Pengelolaan perpustakaan Kandatel kurang diperhatikan, sehingga perlu lebih perhatian lebih dalam hal penataan dan penempatannya.
  4. Saran untuk Program Diploma III
  5. Dalam pengelolaan Kuliah Kerja Media diharapkan lebih sigap dalam penanganannya.
  6. Tetap menjaga fasilitas dikampus, bahkan lebih ditingkatkan lagi.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Peran Public Relations dalam Meningkatkan Penjualan, Mutu dan Citra Produk di PT. Coca-Cola Botling Indonesia Central Java
  2. Kegiatan Marketing Communication PT. INDOSAT, Tbk Surabaya dalam Mensosialisasikan
  3. Peran Kegiatan Media Kliping Bagi Public Relation TELKOM KANDATEL Yogyakarta
  4. Image Building UNS-SOLO (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Peranan Humas Universitas Sebelas Maret dalam Membangun Citra Positif Universitas)
  5. Freelance dan Pola Komunikasi (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Freelance dalam Memasarkan Produk LKS di CV. GRAHADI Surakarta)

 

Incoming search terms:

Leave a Reply