HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Aktivitas Divisi Kreatif Lembaga Studi Desain (Lestude) Surakarta

Judul Tesis : Aktivitas Divisi Kreatif Lembaga Studi Desain (Lestude) Surakarta

 

A. Latar Belakang

Pemilihan Lembaga Studi Desain (Lestude) sebagai tempat magang, didasarkan pada keinginan untuk memperdalam pengetahuan serta praktik di bidang desain. Selain itu, Lestude sebagai lembaga yang bergerak di bidang jasa, merupakan institusi yang baru berdiri. Artinya, sebagai sebuah lembaga baru memerlukan promosi yang cukup maksimal supaya cepat dikenal oleh masyarakat luas. Dari sini, akan bisa dipelajari secara maksimal bagaimana mempromosikan sebuah perusahaan atau lembaga yang baru berdiri. Pemilihan di divisi kreatif, dirasa cukup tepat untuk mengetahui dan mempelajari seluk beluk dunia desain sebagai perwujudan dari ide-ide kreatif.

Peranan divisi kreatif di Lembaga Studi Desain menjadi penting dijadikan topik pembahasan. Karena dalam divisi ini mempunyai peran yang cukup signifikan dalam memajukan lembaga melalui ide-ide kreatif sebagai ujung tombak dalam membentuk image serta mengenalkan lembaga kepada masyarakat luas.

 

B. Tujuan

  1. Mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan di bangku perkuliahan ke dalam dunia kerja nyata.
  2. Mendapatkan pengalaman sebagai bekal bekerja di kemudian hari.

 

C. Tinjauan Pustaka

Sejarah Periklanan

Sejak ditemukannya mesin cetak Gutenberg, perkembangan iklan berjalan seiring dengan perkembangan teknologi dan pertumbuhan ekonomi hingga akhirnya menemukan bentuk baru sebagai advertising modern yang mulai berkembang pada tahun 1960 an. Jika zaman dahulu orang beriklan hanya sebatas mempromosikan dua hal, yaitu tempat dan jasa, sekarang sudah sangat beragam seperti, tempat, jasa, produk, perusahaan, institusi dan lain sebagainya. Media untuk berpromosi pun juga semakin beragam seiring perkembangan teknologi seperti koran, majalah, radio, televisi, internet bahkan telepon seluler.

Definisi Periklanan

Iklan atau dalam bahasa Inggris Advertising, adalah suatu bentuk komunikasi massa komersial yang dirancang untuk mempromosikan pemasaran suatu produk atau jasa, maupun pesan dari suatu lembaga, organisasi, bahkan bisa juga pesan dari seorang kandidat dalam suatu kampanye politik (Kusrianto, 2006:298). Sedangkan Periklanan adalah keseluruhan proses yang meliputi penyiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan penyampaian iklan.

Menyusun Layout Iklan

Layout adalah penyusunan dari elemen-elemen desain yang berhubungan kedalam sebuah bidang sehingga membentuk susunan artistik. Hal ini bisa juga disebut manajemen bentuk dan bidang. Tujuan utama layout adalah menampilkan elemen gambar dan teks agar menjadi komunikatif dalam sebuah cara yang dapat memudahkan pembaca menerima informasi yang disajikan.

 

D. Kesimpulan

  1. Kecakapan dalam mengoperasikan software desain, terutama Photoshop dan Corel Draw sangatlah penting supaya proses produksi tidak terhambat oleh kekurangan yang bersifat teknis.
  2. Proses kreatif dalam membuat media promosi bukan merupakan proses yang instan. Ia memerlukan perencanaan dan konsep yang matang serta jelas.
  3. Permintaan desain dari pihak klien supaya lebih diutamakan agar proses perancangan desain lebih terfokus.

 

E. Saran Tesis

  • Hendaknya melengkapi sarana yang berhubungan erat dengan studi periklanan, seperti pengadaan lab komputer multimedia yang sesuai dengan perkembangan teknologi, agar para mahasiswa dapat belajar dengan maksimal.
  • Perlu adanya pengenalan dan pendalaman lagi tentang software Corel Draw, Macromedia Dreamweaver dan Flash yang sangat erat hubungannya dengan dunia periklanan.
  • Pemberian tugas kuliah tentang desain media promosi diharapkan lebih banyak lagi untuk membantu mahasiswa saat terjun langsung di dunia periklanan.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Propaganda Barat Terhadap Islam dalam Film (Studi Tentang Makna Simbol dan Pesan Film Fitna
  2. Laporan Kuliah Kerja Media (KKM) 2009 Mekanisme Kerja Reporter “Jabar Dalam Berita” di TVRI JAWA
  3. Peranan Kreatif Desain dalam Divisi Event Organizer Solopro PT. AKSARA SOLOPOS
  4. Eksploitasi Tubuh Perempuan dalam Iklan (Studi Analisis Wacana Kritis Iklan Televisi Axe “Call Me”
  5. Tanggapan Khalayak Terhadap Program “ Pangkas Listrik 17.00 – 22.00 “

 

Leave a Reply