HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Proses Kerja Divisi Kreatif dlm Suatu Promo Launching Honda Revo

Judul Tesis : Proses Kerja Divisi Kreatif dalam Suatu Promo Launching Honda Revo di CV. FRONTLINE INDONESIA

 

A. Latar Belakang

Di dalam perkembangannya iklan pada awalnya mempunyai satu sarana yang sampai sekarangpun masih digunakan adalah media iklan luar ruang. Pada mulanya iklan hanya bersifat informatif yang berisi tentang suatu pengumuman segala sesuatu yang ditawarkan. Dijaman yang serba modern seperti sekarang ini iklan tidak hanya berisikan tentang suatu pengumuman, melainkan juga dituntut untuk mampu memberikan rangsangan positif kepada konsumen sehingga terjadi respon terhadap apa yang telah diiklankan secara efektif dan positif.

Untuk mencapai hal tersebut departemen kreatif dalam suatu jasa periklanan hampir berperan mutlak untuk menvisualisasikannya dalam suatu karya yang indah, dinamis, kreatif, inofatif dan mampu menimbulkan respon positif secara efektif. Didalam bagian departemen kreatif ini diterjemahkan berbagai ide-ide kreatif agar mampu diterima dengan mudah oleh khalayak umum. Pengembangan suatu ide sendiri departemen kreatif benar-benar harus bersifat peka dan dinamis terhadap apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini, karena apabila penciptaan suatu ide kreatif dalam iklan mampu menjadi trend dikalangan masyarakat, maka ini berarti sudah satu bentuk keberhasilan dari ide kreatif yang ditampilkan.

 

B. Tujuan penelitian

  1. Memperluas wawasan cakrawala berkarya.
  2. Menambah pengetahuan mengenai proses pelaksanaan kerja dalam bidang keahliannya pada perusahaan yang sesuai.
  3. Mengetahui secara persis cara kerja sebuah perusahaan periklanan.

 

C. Landasan Teori

Definisi Periklanan

Untuk itu periklanan harus dibuat sedemikian rupa agar dapat menarik minat khalayak, orisinal serta memiliki karakteristik tertentu dan persuasif, sehingga para konsumen atau khalayak secara sukarela terdorong untuk melakukan sesuatu tindakan sesuai dengan yang diiklankan pengiklan. (Jefkins 1996 : 18)

 

Strategi Divisi Kreatif

Pengertian kreatif menurut bahasa adalah menciptakan sesuatu yang baru tanpa ada contoh sebelumnya. Karena menghasilkan sesuatu yang bersifat kreatif itu bentuk akhirnya akan mempunyai ciri-ciri kebaruan dan keunikan, meskipun unsur-unsur dasarnya sudah ada sebelumnya. Seperti halnya promosi dan pemasaran lainnya, aspek kreatif periklanan dipandu oleh tujuan dan susunan yang spesifik. Strategi kreatif memfokuskan pada apa yang harus dikomunikasikan yang akan memandu pengembangan seluruh pesan yang digunakan dalam kampanye periklanan. Iklan yang baik adalah iklan yang mampu menarik perhatian konsumen agar suatu pesan yang terkandung didalamnya bisa diterima konsumen.

 

D. Kesimpulan

  1. Promosi merupakan cara termudah untuk memasarkan suatu produk siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Seorang akan sanggup untuk melakukannya, tetapi yang tersulit adalah menemukan ide dan gagasan yang fresh, lain dari yang lain.
  2. Sebuah acara atau promo tidak begitu saja tercipta, itu semua melalui suatu proses, yang pada akhirnya proses-proses tersebut dapat diselesaikan sedemikian rupa guna kelangsungan dan kesuksesan acara tersebut.

 

E. Saran

  1. Bagi CV. Frontline Indonesia :
  2. CV Front Line Indonesia seharusnya memberikan sedikit pengetahuan tentang bagaimana seharusnya seorang kreatif dalam sebuah promo event.
  3. Mengajak mahasiswa magang dalam penggarapan suatu proses order promo dari awal sampai dengan selesai.
  4. Bagi jurusan DIII Komunikasi Terapan :
  5. Kepada pihak Universitas dan adik-adik tingkat, agar Program Magang selanjutnya lebih terprogram untuk penempatannya, dan disesuaikan dengan minat dan bakat Mahasiswa, karena pada saat magang penulis kurang memperoleh informasi yang jelas tentang hal-hal yang berhubungan dengan depatemen atau divsi kreatif. Sehingga banyak Mahasiswa yang asal memilih ataupun cuma ikut-ikutan memilih.
  6. Perbanyak jam praktek dari pada teorinya, seperti program komputer Adobe Photoshop, Corel Draw, editing video, dan sebagainya. Karena pada saat kuliah, kebanyakan yang diajarkan adalah teori, sehingga prakteknya hanya sedikit. Sebab dalam pelaksanaan KKM, hal tersebut sangat dibutuhkan untuk proses kreatif.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Mekanisme Kerja Divisi Kreatif Dalam Memproduksi Iklan Cetak di PT. Octa Mitra Media Advertising
  2. Proses Kerja Divisi Kreatif dalam Suatu Promo Launching Honda Revo di Cv. Frontline Indonesia
  3. Tugas Script Writer dalam Penulisan Naskah Feature di Ph Media Visitama Communication
  4. Aktivitas Marketing Public Relation Pada Harian Pagi Lombok Post
  5. Proses Produksi dalam Program Acara Tukar Nasib di Dreamlight World Media

 

Leave a Reply