HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Mekanisme Kerja Divisi Kreatif dlm Memproduksi Iklan Cetak

Judul Tesis : Mekanisme Kerja Divisi Kreatif dalam Memproduksi Iklan Cetak di PT. Octa Mitra Media Advertising

 

A. Latar Belakang

Pada perkembangan jaman sekarang ini manusia semakin mudah untuk mendapatkan informasi, hal tersebut karena peran serta media dalam perkembangan jaman sekarang ini. Media terdiri dari dua jenis yaitu media cetak dan media elektronik, media cetak terdiri dari surat kabar (Koran), majalah, tabloid sedangkan media elektronik terdiri dari televisi, radio, maupun internet.

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis media cetak, salah satunya adalah koran. Koran mempunyai segmen yang berbeda-beda, ditinjau dari segi ekonomi pembaca, koran dapat dibedakan menjadi dua segmen, antara lain koran yang segmennya kalangan menengah ke bawah dan menengah ke atas. Selain itu jika ditijau dari segi jangkauan penjualan, koran dapat dibedakan menjadi dua, antara lain adalah koran lokal dan koran nasional. Koran lokal pada umumnya adalah koran yang hanya mengulas tentang berita daerah saja namun tidak sedikit juga berita nasional juga dibahas dalam koran lokal. Iklan pada koran-koran lokal lebih banyak didominasi oleh produk dan jasa dari perusahaan, dealer, lembaga, toko, atau usaha lainnya yang berada di dalam satu daerah. Dari hal tersebut, PT. Octa Mitra Media Advertising menjadi salah satu penyalur iklan koran kepada harian lokal maupun nasional dan memiliki rekanan media terpercaya di negeri ini.

 

B. Tujuan Penulisan

  1. Penulis diberikan kesempatan untuk mempraktekkan dan mengembengkan materi-materi yang diberikan pengajar selama mengikuti perkuliahan.
  2. Penulis mencoba mempraktekkan dan mengamati cara kerja sebagai divisi kreatif, dalam membuat iklan media cetak.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar, dan page layout. Desainer grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif. Desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin. (Yuliastanti, 2006: 9)

Komposisi dalam Desain

Hendy Yuliansyah (2009 : 23) dalam bukunya yang berjudul ”Belajar Membuat Iklan Sukses” mengemukakan, dalam dunia seni dan desain, jelas bahwa komposisi merupakan salah satu syarat dalam seni dan desain. Seni dan desain adalah ladang komposisi, keduanya adalah tantangan komposisi, serta menciptakan komposisi. Walaupun komposisi tidak selalu diartikan hanya semata-mata untuk media kertas dan kesenian atau segala yang berkarakter aneh, atau mungkin baru dilihat. Namun halhal yang bersifat fisik, alami alami dapat dikatakan sebagai komposisi.

 

Pengertian Media cetak

Seperti terbaca dari namanya, media cetak adalah kumpulan berbagai media informasi yang dibuat (diproduksi) dan disampaikan kepada khalayak sasaran (pembaca), melalui tulisan dan seringkali disertai gambar sehingga dapat dilihat dan dibaca. Informasinya dapat bersifat umum, bisa juga khusus. Ada pula media yang hanya memuat informasi komersial ataupun campuran dari keduanya, seperti halnya koran dan majalah. Informasi itu semua hanya akan sampai pada khalayak sasaran atau target audience bila sasaran melihat atau membacanya.

 

D. Kesimpulan Tesis

  1. Dalam pembuatan iklan media cetak, perusahaan periklanan sangat memerlukan divisi kreatif yang menguasai ilmu desain grafis untuk membuat desain iklan yang menarik dan mudah dipahami oleh semua khalayak, sehingga iklan dapat tersampaikan dengan tepat sasaran.
  2. Seorang divisi kreatif harus benar-benar memahami unsur-unsur dan prinsip-prinsip desain. Walaupun untuk menjadi kreatif seorang divisi kreatif harus bisa keluar dari pola dan tidak terlalu terpacu dengan teori yang ada, namun divisi kreatif harus dapat membaca apa keinginan dari berbagai kalangan.

 

E. Saran

  1. Bagi Instansi tempat Kuliah Kerja Media:

Peran divisi kreatif sangat berperan penting bagi sebuah perusahaan periklanan, maka sebuah perusahaan periklanan hendaknya harus menyeleksi secara detail para pekerja di divisi kreatif.

  1. Bagi jurusan DIII Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Sebelas Maret Surakarta

  1. Meningkatkan praktek materi di bidang kreatif, karena sangat dibutuhkan oleh mahasiswa di dunia kerja, khususnya di perusahaan periklanan.
  2. Meningkatkan fisilitas laboraturium menjadi lebih memadai, layak dan memenuhi standart praktek kerja kreatif, dengan menambahkan berbagai alat bantu yang sama seperti yang digunakan oleh seorang kreatif perusahaan-perusahaan periklanan.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Mekanisme Kerja Divisi Kreatif Dalam Memproduksi Iklan Cetak di PT. Octa Mitra Media Advertising
  2. Proses Kerja Divisi Kreatif dalam Suatu Promo Launching Honda Revo di Cv. Frontline Indonesia
  3. Tugas Script Writer dalam Penulisan Naskah Feature di Ph Media Visitama Communication
  4. Aktivitas Marketing Public Relation Pada Harian Pagi Lombok Post
  5. Proses Produksi dalam Program Acara Tukar Nasib di Dreamlight World Media

Leave a Reply