HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Ekonomi: Pengaruh Partisipasi Anggota Koperasi trhdp SHU di KPRI

Judul Tesis : Pengaruh Partisipasi Anggota Koperasi terhadap Sisa Hasil Usaha di Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “TUMBAL” Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis

 

A. Latar Belakang

Partisipasi yang aktif dari semua anggota koperasi terhadap semua kegiatan koperasi diharapkan dapat memperoleh sisa hasil usaha (SHU) yang dari tahun ke tahun terus meningkat. Sisa hasil usaha (SHU) yang diperoleh koperasi merupakan salah satu daya tarik bagi seseorang untuk menjadi anggota koperasi tersebut dan akan mendorong anggota yang berpartisipasi pasif menjadi anggota yang aktif.

Hal itu disebabkan anggota yang berpartisipasi aktif akan mendapatkan jasa yang lebih dari pembagian sisa hasil usaha (SHU) koperai tersebut, Koperasi sebagai salah satu badan usaha, koperasi harus mampu memperoleh laba dan tidak menderita kerugian karena dengan perolehan SHU yang tinggi maka modal koperasi akan semakin besar dan koperasi akan semakin kuat. Partisipasi anggota yang aktif sangat diperlukan oleh koperasi dalam setiap kegiatan usaha koperasi, sehingga sisa hasil usaha yang diperoleh dapat mencapai target yang diinginkan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah pengaruh partisipasi anggota terhadap sisa hasil usaha (SHU) di Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “TUMBAL” Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis ?
  2. Seberapa besarkah pengaruh partisipasi anggota terhadap sisa hasil usaha (SHU) di Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “TUMBAL” Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis ?

 

C. Landasan Teori

Koperasi

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang satau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan ( UU No 25 tahun 1992 pasal 1 ayat 1).

Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI)

Koperasi pegawai Republik Indonesia (KPRI) adalah koperasi golongan konsumen yang didirikan untuk memelihara kepentingan dan memenuhi para anggota ( keluarga pegawai sebagai konsumen ). Adapun usaha yang dijalankan antara lain kegiatan usaha di bidang niaga atau bidang produksi (Sri Edi Swasono, 1985 : 243).

 

Pengertian Partisipasi Anggota

Partisipasi adalah turut sertanya seseorang baik secara mental maupun emosional untuk memberikan sumbangsih kepada proses pembuatan keputusan, terutama mengenai persoalan-persoalan di mana keterlibatan pribadi yang bersangkutan melaksanakan tanggung jawabnya melakukan hal tersebut (Winardi, 1983 : 63).

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruah anggota KPRI “TUMBAL” Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis yang berjumlah 703 anggota. .

Pengambilan sample menggunakan simple random sampling yang berjumlah 70 anggota.

Variabel dalam penelitian ini adalah variabel partisipasi anggota sebagai variabel sebagai variabel bebas (X) dan variabel sisa hasil usaha (SHU) sebagai variabel terikat (Y).

Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket.

Data yang dikumpulkan dianalisis dengan diskriptif persentase dan analisia regresi sederharna.

 

E. Kesimpulan Tesis

  1. Adanya pengaruh antara partisipasi anggota dengan sisa hasil usaha yang diperoleh anggota pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “TUMBAL” Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis.
  2. Dari analisis statistik regresi linear sederharna diperoleh persamaan garis regresi yaitu Y = – 9678,706 + 8754,933 X. Hal ini berariti bahwa, sisa hasil usaha (SHU) efektif jika ada hubungan linear dengan partisipasi anggota lebih besar dari 1,1055. Jadi apabila partisipasi anggota melewati angka 1,1055 maka sisa hasil usaha akan mengalami kanaikan pula. Dari perhitungan efektifitas garis regresi dapat diketahui bahwa sumbangan efektif yang diberikan oleh partisipasi anggota terhadap sisa hasil usaha yang diperoleh anggota pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “TUMBAL” Kecamatan Ciamis kabupaten Ciamis adalah sebesar 34,7 % dan yang 65,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terungkap dalam penelitian ini. Dari hasil tersebut terlihat bahwa pengaruh partisipasi anggota terhadap sisa hasil usaha yang didapat anggotanya relatif rendah.

 

Contoh Tesis Ekonomi

  1. Pengaruh Kredit Bagi Hasil BTM Surya Mentari terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Kecil
  2. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Semangat Kerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat yang dilayani
  3. Pengaruh Modal Kerja dan Perputaran Modal Kerja terhadap Return On Equity pada Perusahaan
  4. Pengaruh Modal Kerja dan Satuan Jam Kerja terhadap Pendapatan pada Industri Kecil Pengrajin Genting
  5. Pengaruh Modal Terhadap Peningkatan Perolehan SHU Anggota pada KPRI ‘Al Ikhlas’ Man 1 Semarang
  6. Pengaruh Motivasi Mengajar terhadap Persepsi Guru Mengenai Implementasi Muatan Lokal Ekonomi
  7. Pengaruh Motivasi, Dukungan Orang Tua dan Asal Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran
  8. Pengaruh Partisipasi Anggota Koperasi terhadap Sisa Hasil Usaha di Koperasi
  9. Pengaruh Pemberian Kredit Produksi terhadap Pendapatan Anggota Koperasi
  10. Pengaruh Persepsi Nasabah tentang Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah pada BMT

 

 

 

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)