HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Ekonomi: Pengaruh Pemberian Kredit Produksi trhdp Pendapatan Anggota Koperasi

Judul Tesis : Pengaruh Pemberian Kredit Produksi terhadap Pendapatan Anggota Koperasi Banjar Artha Sarana (BATHARA) di Kabupaten Banjarnegara Tahun 2004

 

A. Latar Belakang

Kredit produktif yang diberikan Koperasi Banjar Artha Sarana (BATHARA) akan sangat bermanfaat bagi anggota yang berekonomi lemah untuk berproduksi dan mengembangkan usahanya sehingga ada peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan bagi anggotanya, keadaan ekonomi yang seperti inilah yang harus membuat masyarakat lebih mengerti dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya.Para anggota Koperasi Banjar Artha Sarana (BATHARA) berusaha meningkatkan kesejahteraan dengan memanfaatkan kredit produksi dari Koperasi Banjar Artha Sarana (BATHARA) sebagai modal usaha.

Suatu kenyataan bahwa dewasa ini penduduk Indonesia banyak tinggal di pedesaan. Oleh karena itu sudah tiba saatnya agar pembangunan ekonomi diarahkan ke pedesaan, dalam rangka membangun dan mengembangkan kegiatan produksi dan pertumbuhan ekonomi pedesaan, maka Yayasan Pembangunan dan Pengembangan Ekonomi (YPPE) bersama masyarakat telah mendirikan Koperasi Serba Usaha Banjar Artha Sarana (BATHARA). Pembangunan BATHARA diarahkan agar dapat menjadi pusat pelayanan perekonomian di pedesaan yang merupakan bagian tak terpisahkan dari pembangunan nasional yang dibina dan dikembangkan secara terpadu dan berkesinambungan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah pengaruh pemberian kredit produksi terhadap peningkatan pendapatan anggota yang berusaha produksi di koperasi BATHARA Kabupaten Banjarnegara?
  2. Seberapa besar pengaruh kredit produksi yang di berikan Koperasi BATHARA terhadap peningkatan pendapatan anggota yang berusaha produksi.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Kredit

Pengertian menurut Muhcdarsyah Sinungan (1995: 3) kredit adalah suatu pemberian prestasi oleh suatu pihak dengan pihak lain dan prestasi itu dikembalikan lagi pada suatu masa tertentu yang akan datang di sertai dengan kontra prestasi berupa bunga.

Pengertian Pendapatan

Pendapatan adalah peningkatan jumlah aktifa atau penurunan kewajiban suatu badan usaha yang timbul dari penyerahan barang atau jasa atau aktivitas usaha lainnya dalam suatu periode (Ikatan Akutansi Indonesia).

Penggunaan Pendapatan

Seseorang bekerja dan berusaha untuk memperoleh pendapatan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Pendapatan dapat digunakan untuk kegiatan konsumsi, tabungan dan investasi. Konsumsi dalam masyarakat berupa pemenuhan kebutuhan sehari – hari seperti makan, pakaian dan perumahan, memenuhi kebutuhan pendidikan, memenuhi kebutuhan kesehatan serta pemenuhan kebutuhan kemewahan (Sumardi, 1985 : 31)

 

D. Metode Penelitian Tesis

Populasi dalam penelitian ini adalah anggota koperasi BATHARA yang berusaha produksi.

Populasi tersebut berjumlah 112 orang, sebagai sampel dalam penelitian ini sebanyak 28 orang pegawai anggota koperasi BATHARA di Kabupaten Banjarnegara Tahun 2004, Variabel penelitian ada dua yaitu : Kredit dan Pendapatan anggota.

Data diambil melalui teknik kuesioner, dokumentasi dan wawancara.

Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik dengan regresi linear sederhana.

 

E. Kesimpulan

  1. Ada pengaruh antara pemberian kredit produksi terhadap pendapatan anggota Koperasi Banjar Artha (Bathara) di Kabupaten Banjarnegara Tahun 2004 yang ditunjukkan dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung = 6,706 dengan signifikansi 0,016 < 0,05.
  2. Besarnya sumbangan kredit produksi terhadap pendapatan anggota Koperasi Banjar Artha (Bathara) Kabupaten Kebumen pada tahun 2004 adalah sebesar 20,5% sedangkan sisanya 79,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

 

Contoh Tesis Ekonomi

  1. Pengaruh Kredit Bagi Hasil BTM Surya Mentari terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Kecil
  2. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Semangat Kerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat yang dilayani
  3. Pengaruh Modal Kerja dan Perputaran Modal Kerja terhadap Return On Equity pada Perusahaan
  4. Pengaruh Modal Kerja dan Satuan Jam Kerja terhadap Pendapatan pada Industri Kecil Pengrajin Genting
  5. Pengaruh Modal Terhadap Peningkatan Perolehan SHU Anggota pada KPRI ‘Al Ikhlas’ Man 1 Semarang
  6. Pengaruh Motivasi Mengajar terhadap Persepsi Guru Mengenai Implementasi Muatan Lokal Ekonomi
  7. Pengaruh Motivasi, Dukungan Orang Tua dan Asal Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran
  8. Pengaruh Partisipasi Anggota Koperasi terhadap Sisa Hasil Usaha di Koperasi
  9. Pengaruh Pemberian Kredit Produksi terhadap Pendapatan Anggota Koperasi
  10. Pengaruh Persepsi Nasabah tentang Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah pada BMT

 


Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370

Email
Print