HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Komunikasi Intern trhdp Semangat Kerja Pegawai

Judul Skripsi : Pengaruh Komunikasi Intern terhadap Semangat Kerja Pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi  Jawa Tengah

 

A. Latar Belakang

Dalam suatu organisasi diperlukan suatu sistem yang dapat menunjang kinerja organisasi tersebut. Pencapaian tujuan organisasi memerlukan kerjasama yang baik antar komponen di dalamnya. Kerjasama terbentuk karena adanya kesatuan persepsi tentang apa yang akan dicapai. Untuk itu diperlukan sekali adanya komunikasi yang baik antar anggota didalamnya, peran komunikasi dalam suatu organisasi dapat menciptakan hubungan kerja yang kondusif dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.

Melalui komunikasi maka dapat memberikan keterangan tentang pekerjaan yang membuat pegawai dapat bertindak dengan rasa tanggung jawab pada diri sendiri dan pada waktu bersamaan dapat mengembangkan semangat kerja organisasi (Wursanto 1992:60). Adanya kerjasama yang harmonis ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kerja para pegawai karena komunikasi berhubungan dengan keseluruhan proses pembinaan perilaku manusia dalam organisasi.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah pengaruh komunikasi intern terhadap semangat kerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah?
  2. Seberapa besar pengaruh komunikasi intern terhadap semangat kerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Pengertian Komunikasi Intern

Komunikasi intern adalah proses penyampaian pesan-pesan yang berlangsung   antara anggota organisasi, dapat berlangsung antara pimpinan dengan bawahan, pimpinan dengan pimpinan maupun bawahan dengan bawahan (Muhyadi 1989:164). Sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa komunikasi intern atau internal adalah komunikasi yang dikirimkan kepada anggota dalam suatu organisasi. Dengan kata lain komunikasi intern atau internal penerima pesan adalah orang dalam organisasi (Muhammad,Arni 2001:97).

Pengertian Semangat Kerja

Menurut Alex S Nitisemito yang dimaksud semangat kerja adalah melakukan pekerjaan secara lebih giat, sehingga dengan demikian pekerjaan akan dapat diharapkan lebih cepat dan lebih baik (Nitisemito 1992:136). Sedangkan menurut moekijat, semangat kerja adalah sikap dari individu untuk bekerja sama dengan disiplin dan tanggung jawab terhadap pekerjaannya (Moekijat 1999:66).

Disiplin kerja

Disiplin adalah sikap ketaatan seseorang terhadap suatu peraturan yang berlaku dalam organisasi yang menggabungkan diri dalam organisasi itu atas dasar adanya kesadaran dan keinsafan, bukan karena paksaan. (Wursanto 1992:67). Sedangkan menurut Alex S Nitisemito, (1992:144) disiplin kerja adalah suatu sikap, tingkah laku  dan perbuatan yang sesuai dengan peraturan dari perusahaan baik yang tertulis maupun tidak.

 

D. Metodelogi Penelitian

Populasinya yaitu seluruh Pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah yang berjumlah 602 orang.

Dalam penelitian ini ada dua macam variabel penelitian yaitu variabel bebas (X) dan Variabel terikat (Y).

Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah Metode Angket dan Metode Dokumentasi.

Teknik pengolahan data menggunakan perhitungan komputasi program SPSS.

Adapun metode analisis data yang digunakan adalah sebagai berikut Teknik Analisis Deskriptif Persentase,

 

E. Kesimpulan

  1. Ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi intern terhadap semangat kerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa   Hal ini dapat dilihat pada pengujian hipotesis dengan analisis varian  diperoleh Fhitung = 65,704 dan Ftabel = 3,955 pada taraf signifikansi 5%  dengan dk = 86, karena Fhitung > Ftabel maka dapat disimpulkan bahwa  persamaan regresi yang diperoleh tersebut signifikan dan hipotesis (Ha) yang berbunyi “Ada pengaruh positif antara komunikasi intern terhadap semangat kerja pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah” Diterima
  2. Besarnya sumbangan yang diberikan variabel komunikasi intern terhadap semangat kerja pegawai adalah sebesar 43,9%, sedangkan sisanya sebesar 56,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diungkap di dalam penelitian ini.

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Rasio Pembayaran Deviden
  2. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan
  3. Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Ekonomi
  4. Fungsi Internal Hubungan Masyarakat pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional
  5. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor terhadap Kualitas Audit

 

Leave a Reply