HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akutansi: Struktur Pengendalian Intern Sistem Pemrosesan Data Elektronik

Judul Tesis: Struktur Pengendalian Intern Sistem Pemrosesan Data Elektronik pada PT Air Mancur Palur

 

A. Latar Belakang

Sistem pengendalian intern sangatlah penting bagi suatu perusahaan baik bagi perusahaan yang menggunakan sistem manual maupun bagi perusahaan yang sudah menggunakan sistem komputerisasi. Sebab, pengendalian intern tersebut sangat berguna untuk mencegah terjadinya kesalahan-kesalahan atau kecurangan-kecurangan yang dapat merugikan perusahaan, dan juga dapat digunakan untuk melacak kesalahan-kesalahan yang sudah terjadi sehingga kesalahan-kesalahan yang sudah terjadi dapat segera dikoreksi agar tidak berlarutlarut dan mengakibatkan suatu masalah yang dapat mengancam kelangsungan hidup perusahaan.

Struktur pengendalian intern tidak dapat dianggap sepenuhnya efektif, meskipun telah dirancang dan disusun dengan sebaik-baiknya. Keberhasilannya tetap tergantung pada kompetensi dan keandalan dari pelakunya.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah struktur pengendalian intern sistem pemrosesan data elektronik pada PT Air Mancur sudah berjalan dengan baik ?
  2. Bagaimana sebaiknya struktur pengendalian intern sistem pemrosesan data elektronik pada PT Air Mancur tersebut dilaksanakan ?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Struktur Pengendalian Intern

Pengendalian menurut SAK (IAI, 1994 : 12.1) adalah wewenang untuk mengatur dan menentukan kebijakan keuangan dan operasi dari suatu kegiatan usaha dengan tujuan untuk mendapat manfaat dari kegiatan tersebut. Definisi tersebut menunjukkan bahwa suatu struktur pengendalian intern yang baik akan berguna untuk melindungi aktiva, meneliti ketepatan dan seberapa jauh data akuntansi dapat dipercaya, mendorong efisiensi operasi dan menjamin dipatuhinya kebijakan perusahaan (Bambang Hartadi, 1997 : 175).

Pemrosesan Data Elektronik

“Pemrosesan data elektronik merupakan serangkaian kegiatan dengan menggunakan komputer yang mencakup aktivitas pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, dan pengendalian” (Siagian, 1997 : 253). Hasilnya adalah sejumlah informasi yang memenuhi persyaratan akurat, tepat waktu, dan relevan sehingga dapat digunakan sebagai pendukung kegiatan pengambilan keputusan yang efektif.

Pengendalian Masukan

Pengendalian masukan mempunyai tujuan untuk meyakinkan bahwa data transaksi yang valid telah lengkap, terkumpul semuanya serta bebas dari kesalahan sebelum dilakukan proses pengolahannya. Merupakan pengendalian yang penting, karena input yang salah, outputnya juga akan salah. Dan input yang salah bila telah melewati tahap pengolahan, akan sulit untuk dideteksi.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian yang dilaksanakan adalah merupakan suatu bentuk studi kasus.

Jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data kualitatif.

Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, observasi dan kuesioner.

Tehnik analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif.

 

E. Kesimpulan

  1. Pengendalian organisasi dan operasi yang diterapkan oleh perusahaan pada umumnya telah berjalan dengan baik. PT Air Mancur telah membentuk struktur organisasi formal dalam departemen PDEnya, departemen PDE tersebut sudah independen terhadap bagian lain, pemisahan fungsi sudah dilaksanakan dengan baik, dan perusahaan juga telah membuat suatu job description yang jelas dan tertulis. Program pelatihan khusus, evaluasi periodik, penjadwalan operasi komputer, serta prosedur perlindungan data juga telah dilaksanakan dengan baik oleh perusahaan. Kekurangan yang terlihat dalam pengendalian organisasi dan operasi ini adalah : perusahaan belum membuat suatu ketetapan tertulis tentang persyaratan ketrampilan bagi personel PDE, sehingga latar belakang pendidikan personel belum semuanya mendukung pekerjaan yang menjadi tanggung jawab mereka.
  2. Pengendalian sistem dalam departemen PDE sudah berjalan dengan baik. Perusahaan telah membuat prosedur tertulis yang baku untuk pengembangan dan pemeliharaan sistem dan program, pemakai data sudah dilibatkan dalam pengembangan sistem, dan untuk setiap pengembangan sistem dan program telah dibuat otorisasi secara tertulis. Akan tetapi, mengenai masalah pendokumentasian sistem dan program, perusahaan masih kurang memperhatikannya. Hal ini terlihat dari belum dibuatnya dokumentasi yang memadai untuk setiap aplikasi yang ada. Perusahaan hanya membuat dokumentasi data saja.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Struktur Pengendalian Intern Sistem Pemrosesan Data Elektronik Pada Pt Air Mancur Palur
  2. Penilaian Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Industri Consumer Goods Perdasar
  3. Hubungan Tingkat Perputaran Kas Dan Piutang Dengan Rentabilitas Ekonomi
  4. Kemampuan Informasi Keuangan Dalam Memprediksi Laba Dan Arus Kas Di Pasar Modal
  5. Analisis Optimalitas Biaya Kualitas Aplikasi Model Hansen Dan Mowen

Leave a Reply