HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akutansi: Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Kas pd PDAM Kota Surakarta

Judul Tesis : Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Kas pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta Kas Pembantu Sumber

 

A. Latar Belakang

Pengelolaan informasi akuntansi yang baik diharapkan perusahaan mampu mengalokasikan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien. Oleh karena itu dibutuhkan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) yang dapat dijadikan dasar bagi manajemen dalam membuat keputusan yang strategis bagi perusahaan.

Dalam sebuah SIA yang baik harus memasukkan Sistem Pengendalian Intern (SPI) untuk menjaga dan menilai efektifitas dari SIA itu sendiri. Dengan SIA yang bagus dari perusahaan dan ditunjang SPI yang handal akan memudahkan manajemen perusahaan dalam melihat laporan keuangan yang disajikan dan menilai keberhasilan perusahaan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana sistem pengendalian intern penerimaan kas pada PDAM Kota Surakarta Kas Pembantu Sumber?
  2. Apa kelebihan dan kelemahan yang ada pada sistem pengendalian intern penerimaan kas pada PDAM Kota Surakarta kas Pembantu Sumber?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Sistem

Romney dan Steinbart (2003:2) mendefinisikan sistem adalah rangkaian dua atau lebih komponen-komponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Definisi prosedur menurut Mulyadi (2001:5) adalah suatu urutan kegiatan klerikal, biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu departemen atau lebih, yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang.

Pengertian Sistem Akuntansi

Definisi sistem informasi akuntansi dikemukakan oleh Kieso dkk (2003:82) adalah sistem pengumpulan dan pemrosesan data transaksi serta penyebaran informasi keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Pengertian Sistem Pengendalian Intern

Mulyadi (2001:163) mengartikan sistem pengendalian intern meliputi struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi, mendorong efisiensi, serta mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen.

 

D. Metode Penelitian

Obyek penelitian dalam penyusunan tugas akhir ini yaitu PDAM Kota Surakarta Kas Pembantu Sumber terletak di Jalan Letjen Suprapto No. 1 Surakarta.

Data Primer merupakan sumber data yang diperoleh secara langsung dari penelitian yang dilaksanakan melalui wawancara langsung dengan karyawan dan kepala bagian perusahaan.

Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik observasi dan teknik wawancara.

 

E. Kesimpulan

PDAM Kota Surakarta merupakan salah satu perusahaan BUMD yang bergerak dibidang penyedia pelayanan air minum dan pengelolaan air limbah. PDAM Kota Surakarta Kas Pembantu sumber merupakan salah satu bagian dari Kas Umum PDAM Kota Surakarta yang bertugas menerima pembayaran rekening air minum dari pelanggan. Dalam pelaksanaan penerimaan pembayaran rekening air minum, PDAM Kota Surakarta kas Pembantu Sumber telah menerapkan Sistem Pengendalian Intern yang secara umum telah baik. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya sebagian besar unsur SPI yang terdiri otorisasi oleh pejabat yang berwenang, pemeriksaan mendadak dan pelatihan bagi karyawan. Akan tetapi dalam Sistem Pengendalian Intern pada sistem penerimaan kas ada beberapa hal yang belum terpenuhi seperti: penggunaan formulir yang tidak bernomor urut tercetak dan bagian kasir yang dalam satu hari bisa dipegang oleh beberapa bagian lain.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Pengaruh Corporate Governance Mechanisms terhadap Cost Of Equity Capital
  2. Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas dari Pembayaran Rekening Air Minum pada PDAM Kota Surakarta
  3. Penilaian Tingkat Kesehatan Pada Lima Badan Kredit Kecamatan (BKK) di Surakarta Tahun 2008 dengan Menggunakan Analisis Rasio Perbankan Dan Tingkat Non Performing Loan (NPL)
  4. Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Kas pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)
  5. Analisis Pengaruh Net Income, Roa, Roe dan Status Kepemilikan Bank terhadap Probabilitas

 

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)